20/03/11

Mengatasi Protek Pada Tv Sanyo

pagi ini sy meneria orderan benerin Tv Sanyo 14 Inc diAsrama tentara Mattoanging. Kebetulan yg punya TV iru tetanggaan ama temen aku. Makanya dia coba minta aku memper baiki.
Setelah di periksa ternyata itu TV Nyala Standby, aku coba Start ee standby lagi.
Langsung aku buka ke enam Bautnya. Setalah itu cek tegangan B+ juka staby by ada 110volt, jika di star naik menjadi 130Volt, anek kyak tv 29inc saja pikir ku.
Cek Tegangan Screeen ada sekitar 4,5volt AC jika di Start, Setelah itu cek Screen ..eh GAG ada tegangan yg naik, kirain korslet CRT gag juga, capasitur teg tingginya juga gapapa.
Berdasarkan penalaran dan pengalaman sama tv sistem digital aku simpulkan TV ini Protek yg salah satu disebabkan oleh Flayback.

Nomer Flaybackny adalah L40B10602 susunan kakinya : Col-B+-nc-AFC(24v)-GND-Heater-ABL-180v-x-nc.
Type tvnya adalah : CG14SP1Z, chassis AC3A.
IC Com : M37221M8-113SP, Croma : QXXAVB488.


Setelah aku berhasil membali FBT pengganti, aku coba melepas proteknya seperti yg dibahas diBlog2 lain yakni ada pin 24 MICOM, melepas solderannya, ternyata tidak berhasil, juga untuk seri lainnya dengan mengCUt R830 : 1k tidak tersedia.
Setelah itu AkuTancep Gas Lepas FBT lama N pasang FBT baru, Pas di Starting, keluarlah suara CESSSSSSS dari tudung FBT baru itu n gag Stand by kembali, masih penasaran aku coba Lepas kaki Protek dari Solderannya ternyata jd Stand by kembali. khirnya aku solder kambali. berarti ada di kaki pin brapa yah Control Proteknya???
Semoga Postinagn ini bermanfaat bagi kita semuah.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

tadi saya baru masuk sanyo dynamic protek juga uda hidup tapi satu jam kemudian mati lagi mohon bantuan solusi nya,,,terima kasih

YanZ mengatakan...

maaf,, mas bro baru sempet bales, mudahan problen tvnya saat ini sdh terselesaikan. Belakangan ini aku sangat sibuk dikantor jd jarang cek postingan..
Saran untuk problem diatas sih coba cek seluruh tegangan kerja tv, kalo ok2 saja, kemungkinan ada perubahan di flyback, cob ates ganti flyback saja. slamat mencoba , thx

Abdul Bais Nasution mengatakan...

ganti mesinn aja mas

BANYUWANGI BLOGGER mengatakan...

adakalanya sama problem protect. sepertinya nilai r protec membesar, atau fbt mulai akan rusak. seperti lain merk tv yang proteknya lewat capasitor dekat ic vertical. ternyata ada capasitor yang kering. sekian semoga membantu

YanZ mengatakan...

trims tambahannya mas BANYUwANGI