06/10/11

TV Polytron Minimax Tidak Mau StartUp

TV Polytron Minimax 20Inc Model Pertama Tidak Mau StartUp, Lupa Modelnya yg Jelas Ciri-Cirinya warna silver, Body Besar kebelakang juga samping, MEnggunakan IC OsCilator/croma STV2286H, Vertical TDA8174A,  IC UCOM Tidak Pakai Memory Ekternal.

TV ini keluaran tahun 1998an,
Saya menerima tv ini dalam keadaan Matitotal, kata yg punya sih SEBELUMNYA lampu Power IDup kok, setalas di buka chasingnya sama tetangganya yg coba2 mow cek sekring (seperti pengalamannya) malah jd mati total DARI sebelumnya yg cuman standby. n gag mau starUP.

Setelah sy amati ternyata mmg FUSE (5A250V) putus, pantesan lampu power dah gg nyalalah lagi. PIkir punya pikir knp bs putus ya fusenya.. Jgn2 TR power Jebol..... dengan memakai LAmpu seri sy tes powwer ON,... ternyata gg koerslet. Kesimpulan kemungkinn kebetulan saja sewaktu di onkan mereka Tegangan JALA2 PLN lagi Drov makanya AMpernya NAik.

Setalah bisaStanby, Coba StarUP Menggunakan Tombol ChanelUP/Down.. eh ternyata gag ada respon....
waduh knp yah?? pin power dari IC UCom tdk Respon!!!! apa rusak yah?? kena Petir??. CApek ngetes n mikir gg ketemu.. sy simpan dulu. sambil mikir2mikir...

Masih Penasaran, malamnya sy tes lagi, n saya perhatikan knp lampu power agak redupnya??? padahal tegangan B+ dalamkeadaan standby sekitar 25 volt (ok)
Cek Punya  b+ untuk IC Ucom gag sampe 5Volt (pantesan agak redup..) Lantaran power 5+ untuk IC Ucom drov makanya dia gag Bekerja. Setelah sy telusuri rangkaian penghasil 5Volt (ada D zener dan Tr) disana tidak cukup, hanya sampe 5volt, seharusnya diatas 6Volt baru bs menghasilnya kira2 5Volt-an. TElusuri lagi..>>>>> ternyata tegangan Standby dihasilkan oleh Pin Trafo Chooper yg menhasilnya 50Volt untuk keperluan Power Trafo Driver Horizontal anjlok.  seharunya ada sekitar 9Volt jika standby. nah disitu ada ELCO dengan nomor part C507 bernilai 63Volt10Uf agak mencurigakan. setelah sy ganti dengan nilai lebih besar 100v22uf ternyata menghasilnya tegangan cukup 9volt, Tes Power StarUp>> nyalah>>> lega rasanya.
NAh demikian sedikit pengalaman saya dari kerjaan sampingan jd tukang servis TV Diluar pekerjaan ASeli di kantor sebagai Penagggung Jawab IT di sebuah kantor TV LOkal di makassar.
Semoga membantu. Yg membutuhkan solusi apa saja dari kerusakan elektronik maupun komputer dLL yg blom terupload di blog ini bisa email ke iwayansuparno@gmail.com
semoga dapat mmbantu.

Steve Jobs Meninggal Dunia

Pendiri Apple, Steve Jobs, meninggal dunia.


 Apple pada Rabu kemarin (05 Oktober 2011) menginformasikan bahwa mantan CEO dan pendiri Apple yaitu  Steve Jobs telah meninggal pada usia 56. Tidak ada informasi penyebab kematiannya, meskipun penyakit yang mengikuti transplantasi hatinya diyakini menjadi penyebabnya. Pernyataan singkat dari dewan direksi, termasuk halaman memorial resmi, menyatakan belasungkawa dari perusahaan Apple dan berkomentar singkat pada dampaknya.
Mantan bos raksasa teknologi komputer dan telepon pintar Apple, Steve Jobs, meninggal dunia setelah lama diberitakan menderita kanker.


Meninggalnya Jobs disambut duka cita mendalam dari dunia bisnis dan teknologi.

Kisahnya:

Jobs mengumumkan dirinya menderita kanker pankreas pada tahun 2004.

Steve Jobs dikenal sebagai salah satu pemimpin dunia bisnis paling terkemuka di dunia dan memperkenalkan generasi iPod serta iPhone pada dunia.

Kematiannya hanya berselang sehari setelah Apple merilis model iPhone terbarunya, 4S.

Lebih dari pemimpin bisnis manapun, citra Jobs tak terpisahkan dari perusahaan yang turut dibangunnya sejak 1970an itu.

Sebagai wajah Apple, dia menunjukkan dedikasi kuat terhadap teknologi canggih serta desain yang trendi.

Sementara di dalam perusahaan sendiri, Jobs juga berhasil menyebar pengaruh yang jarang terjadi di berbagai model bisnis lain.
sumber :detiknews.com