20/09/12

Cara Memperbaiki TV Mati TotaL

Kali ini saya membahas cara membaiki tv mati total, rasanya belom komplit postingan saya di blog jika belom mempostingnya, di mana masalah ini menurut saya mudah, ingat  postingan ini hanya untuk mereka yg belom berpengalaman memperbaiki tv mati total, ataupun mereka yg coba-coba memperbaikin tv sendiri sebelum memanggil tukang servis.




Mati total di identikkan dengan dengan tidak menyalahnya led power (lampu Power) yang biasa berwarna merah, dan jaman sekarang berwarna biru. juga tidak adanya suara-suara mendenging atau kletok-kletok dari dalam pesawat televisi.
Jika ada suara mendenging kemungkinan ada komponen aktiv yang korslet sehingga menyumbat output trafo regulator.
Mati total bisa juga di tandai dengan tidak adanya bunga api saat kita mencolok kabel AC tv ke stop contak. ini dalam artian Switch Power TV dalam keadaan ON.

Secara Blok Rangkaian, mati total di sebabkan rangkaian Regulator/Catu Daya/AC Matic tv tidak Bekerja.

Berikut alur komponen pada regulator Tv berwarna :
Kabel_AC - SwitchPower - FUSE4A - lilitanFilter - Resistorpembatas(biasa5watt,3R3ohm) -
DiodePenyearah - ElkoTapis(biasa400volt100uF) - IC/TRRegulator - TrafoRegulator = menghasilkan tegangan B+ (90v, 115v, 125v, 145v), tegangan Penguat Video (180v), tengan Sound Amplifier (18V), tegangan untuk ic program+croma(12v) dan tegangan Vertikal dan horizontal driver(24v).

Berikut Alurnya dengan GAmbar, mudahan lebih mudah di mengerti:

sering saya dapatkan, pemilik tv yang rusak mati total mengira kabel AC lisriknya yag putus, sehingga mereka inisiatif sendiri memotong dan mengganti kepala colokan kabel tv itu, namun hasilnya sama. Padahal, kabel itu gag bakalanputus kecuali di makan tikus, atau kejepit meja dan di tarik secara berlebihan.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuka penutup/ chasing tv, jika sudah coba lihat Fuse/skring (bagi yang awam, bisa ikuti jalur kabel ac masuk ke papanmesin tv, biasa dekat-dekat situ) jika tidak putus, keungkinan Switch Power yang bermasalah, jika anda agak berani bisa menjumpernya memakai kawat atau kabel kecil. setelah itu tes nyalahkan tv,
NAh jika fuse putus ( biasa Fuse 4Amper model pendek) kemungkinan pada jalur selanjutnya ada yang short ( bisa diode penyearah, elco tegangan tinggi, atau Transistor/IC regulatornya)
Jika anda awam dan tidak punya alat ukur Multimeter/AVOmeter, coba saja ganti FUSEnya dengan amper yag sama yakni 4A atau di bawahnya yakni 3A, siapa tahu lagi mujur fuse putus karena kaget ada arus terlalu besar masuk, maka nyalah kembali tv anda, jika blom silahkan hubungi servis tv langganan anda.
Jika anda memiliki Alat ukur, setelah penggantian FUSE, ukur di titik elco tegangan tinggi (400v100uf) dengan skala 1Ohm, terukur 15ohm dan di tukar colokan menghasilkan lebih dari 1kiloohm, nah jika nilainya sama-sama 15ohm apa lagi sampai 1 Ohm berarti Fuse putus karena Korslet, coba bukan dari solderan TR/IC regulator, kemudian ukur kenbali di kaki elco tadi, jika hasil pengukuran sudah tidak sama lagi, berarti TR/IC rusak. gantilah dengan jenis yg sama dan yg asli.
 jika menggunakan TR biasanya di sertai Transistor kecil 2 buah, coba juga ukur, siapa tahu dia yg membuat TR output reg jadi Short.  Jgan lupa  ukur Resistor pembatas, yang nilainya 5watt 3-4 ohm itu biasa putus juga.

Jika Blom juga jadi...... Coba Solusi ini dech. Pasangkan saja Regulator Gacun.
Pembahasannya lihat di SINI.

Selamat Mencoba,
 jika kurang jelas, bisa kirim sms kesaya.
thx








 

99 komentar:

wahyu taqim mengatakan...

mkasih mas

Lukman Akim mengatakan...

Bos klo tv mati total lampu jg mati trs udah aku ganti elco,dioda,sama ic regulator tpi tetep ngga mau hidup apanya yah? Klo di tes pda ic regulator pga kaki tengahnya menyimpan tegangan klo di konsletin ma kaki 1 lampu mau nyala trs tegangan habis trims...

YanZ mengatakan...

mas lukman makash sdh berkunjung.
boleh tahu tv merek apa trus pakai TR/IC apa regulatornya.
Jikalau tegangan gag habis di elco regulatornya meski listrik sdhputus, brrti regulator tdk jalan.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum,s mas mau tanya kalau TV ku cuma ada garis tengah melintang dari samping kiri ke kanan aja, kira2 nya aoa ya?? makasi atas saran dan bantuannya...

YanZ mengatakan...

tv hanya garis melintang..
Sirkit Defleksi Vertical tidak jalan.
kemungkinn IC vertical Rusak..

agoenk wae mengatakan...

Gan tv saya kena pasword kta tmen si memoriny.udh gnta gnti memori tp gx ad yg cocok.agan ada solusi buat saya.tv konka 14".thx

YanZ mengatakan...

memory yang di jual itu masih kosong. mesti di isi/flash dulu. ada beberapa tv mmng bisa meset ulang memory kosong seperti LG dan Sharp tp tipe tertentu saja.
kalao memng memory yg masalah, brrti barus di copykan dari memory tv yang sama.
paling gampang GANTI MESIN MAS..

agoenk wae mengatakan...

Ok.thanks gan infony.

Anonim mengatakan...

thanks.,.,.,.ilmu ny,.,.,.,


lihat link inni mau tau organisasi di motogp
http://motogp.unsri.ac.id/index.php/menu/14

Anonim mengatakan...

Gan mau tanya,,, tv ane gambarnya ga muncul sama sekali tp keluar suara aja... kira2 apanya ya? mohon solusinya! Thanks...

YanZ mengatakan...

Gan itu TV merek apa? biasanya merek cina yg gitu. kalo merek bagus/japan+korea rata2 ada proteknya, ketika mesin tv tdk jalan normal dia akan standby kembali. nah kalo merek cina biasa ic vertical (coba naikkan teg.screen akan nampak garis saja) , kemungkinan ke-2 Blok Horizontal tdk bekerja (ada tv yg begitu), terus cek layar/crt putus tidak Heaternya (pakai OHM meter posisi 1X)

hadi donk mengatakan...

mhon pencerahan@ Gan,

tv SONY 29',wktu dhidupin nyala@ lama,hrus nunggu dlu smpe bbrpa jm. jd apa krna soldern yg longgar? elco powr@ yg hrus dgnti? tr power@? atau emang ad yg laen? mhon bmbingan

YanZ mengatakan...

tp lama >> hidup kah? atau gmn?

hadi donk mengatakan...

ea hidup tp harus nunggu dlu,mcam gitu lah mslh@,emng kalau prkiraan saya elco d power@ udh pd lemh tp cp tau ad penyaket laen...mkan@ saya minta sdkit arahan dr bg YanZ...:)

hadi donk mengatakan...

tanyak lg ea Gan....!!???
apakah utk tiap2 tv yg brlainan merk taupun ukuran besar@ suatu tv bisa berbedakah hasil pd output trafo regulator ?ataupun sama saja

prtnyaan@ agk ngawur dkit,hehe

YanZ mengatakan...

iya. biasa tegangan output regulator tdk full seperti kebutuhan, akibat elco2 suak... bisa di ketahui dri masing2 titik output regulator.

YanZ mengatakan...

hampir sama tegangan output. makin besar tv, makin besar trafo reg. karena butuh ampere lebih. B+ juga beda, nah untuk tv cina ada output 180v dr regulator. kalo tv eropa ato japan dari FBT.

Ayu Wandira mengatakan...

maaf mas mao tanya klo tv 14" mesinya cocok engga sm tv 21"

YanZ mengatakan...

perbedaan biasa di horizontal dan regulator.
horiz: Flyback sama Capasitor Resonan, juga Trafo Driver H.
Reg: Chopper dan IC/TR

Kecuali Mesin Cina, bisa 14-21 inc

Arya Aditya mengatakan...

halo bang yanz, mo tanya neh tv sy akira 21" inch kmren" tv nyala normal ari ini ga nyala sm skali ato MATOT tp sy cek pke tespen di rmh skering ada strumnya, kira-kira apanya yah mohon pencerahannya makash bang Yanz.

YanZ mengatakan...

wadoh...
Ngetes Tivi gag pake tespen mas... hasil akan nyalah semua tuh..
harus pakai AVO meter

ATANG sutatang mengatakan...

mas mau nanya waktu itu saya lagi nonton eh ternyata dibelakang tv itu ada suara kaya suara listrik dan sekali-kali itu ada suara pletekan (jadi suaranya itu pletek,gitu).
dengan suara itu secara bersamaan layar itu berkedip,dan lama-lama ada suara pletekan lagi dan tv nya mati total,

ATANG sutatang mengatakan...

dimohon petunjuknya

izoer andien mengatakan...

yes.. saya coba praktekan kebetulan ada tv rusak d rumah...

izoer andien mengatakan...

cek kabel kuil nya

YanZ mengatakan...

kemungkinan Flyback Bocor, dan biasanga mengakibatkan Shortnya Transistor Horizontal, lebih dari itu bisa mengakibatkan regulator Juga Rusak..

Ary Purnama mengatakan...

mas kalau mau coba2 ngpoprek TV agar aman gimana ya?, kata temen, Flyback itu menyimpan tegangan yg tinggi. trus tips agar bongkar TV dengan aman bagaimana? maklum bru mau belajar

YanZ mengatakan...

Siap.. hati2 kesetrum heheh (:

YanZ mengatakan...

ok.
yg nyimpan bukat FBT nya tapi Tabung CRT... itu pun tergantung umur CRT. kalo sdh lama, dia gag lama juga menyimpan listriknya.
kita perlu membuang arus listrik di CRT jika ingin menganti Fbt atau melepas mesin tv dari CRT saja.
cara membuang arus bisa dengan menggunakan kabel, ujung 1 ke kabel Ground yg ada disisi CRT, ujung lainnya di ketemukan pada lobang tempat FBT masuk ke crt, sebaiknya menggunakan obeng minus agar gampang masuknya.
akan ada suara letupan kecil jika mash ada arusnya..
** berhati-hati juga pada elco besar di bagian regulator yg nilainya 100uf450v, jika rangkaian regulator todak normal, biasa akan tersimpan sekitar 270v, Lumayan jika kontak ckckkc, avometer bisa jebol juga jika salah skala. misal ohm 1x...

reebok mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Wahidin Idin mengatakan...

Mas saya punya tv polytron minimax tegangannya drop semua, B+ 25v (stby) naik 67v saat start, vertikal 0v, yg 50v ada 10v (stby) naik 38v saat start, 12v hanya 5v, Dan Di elko regulator (400v) hanya terukur 287v.
Kira2 yang ada masalah Di bagian mana yaa? ?
Sudah banyak komponen yang saya ganti tapi tetep nihil. Mohon pencerahannya.
Makasih.
Lam kenal, wahidin beramah.

Wahidin Idin mengatakan...

Mas saya punya tv polytron minimax tegangannya drop semua, B+ 25v (stby) naik 67v saat start, vertikal 0v, yg 50v ada 10v (stby) naik 38v saat start, 12v hanya 5v, Dan Di elko regulator (400v) hanya terukur 287v.
Kira2 yang ada masalah Di bagian mana yaa? ?
Sudah banyak komponen yang saya ganti tapi tetep nihil. Mohon pencerahannya.
Makasih.
Lam kenal, wahidin beramah.

YanZ mengatakan...

ok mas bro.
di elco 100uf400v memang sekitar 270v adanya.
Jika Regulator Normal, dia stanby, maka b+ ada sekitar 45v, dan jika starup jd 115v.
Coba cek Elco di sekitar output tarfo reg.
untuk vcc ic prog dan memory +5v diambil dari jalur 50v travo yg jika stb ada skitar 10v. jika starup di ambil dari out trafo reg out 11v.

yogi putra mengatakan...

asllamu alaikum mhon maaf sbelum nya aku tanya klo horisontal 2CD2499 klo di ganti D2499 tu cocok apa enggak.. trimakasih.

YanZ mengatakan...

penamaan transistor dahulu kala itu denan kode lengkap seperti 2SD, 2SC dll.
Kini sudah semakin kompleks, seiring banyaknya muncul pabrikan komponen elektonik.

original D2499 itu buatan Korea, dengan logo F warna silver. kini banyak sudah pabrikan lain membuat juga seperti D2499 Toshiba, mungkin juga termasuk 2CD2499,
coba saja pakai D2499 asal tv bukan diatas 21in dan bukan Slim CRT.
bisa juga pakai D1555, atao D1877.

Rudi thea mengatakan...

boleh nimrung gan? klo blh tau merek tv nya apa klo merek sharp klo gk salah paswod reset nya 0000 *(reset pabrik) mksh.... mampir ya Rudi thea,

YanZ mengatakan...

Bisa jDi Flyback Bocor. Kalo sdh mati brrti merusak komponen lain, seperti tegulator atau TR H.

YanZ mengatakan...

kalo masin tv cina yg banyak dijual memang untuk 14-21. Tapi kalo mesin original gag cocok, banyakkomponen harus di ganti, misal trafo regulator, Flyback, dan sekitar Sirkit Horizontal

dani taufik mengatakan...

asslm bang saya mengalami kesulitan mengennai tv pertama saya cek teganngan di b+gx ada sama sekali tapi lmpu indikator nnyala warna hijau saya udh ganti tr c3587 tetap aza regulator mennggunakan gacun,,,tv merk samsung lma menggunakann tda 8842 mohon pencerahannya trims....

YanZ mengatakan...

masig nyalah lampu indikator power.. berrti Gacun Mash berfungsi....
Coba lepas semua beban dari trafo regulator. tapi setelah melewati elco penyearah masing2 output...
kemudian cek hasilnya..
jika rata2 normal, brrti aoutput adayg short.. silahkan cek...

dani taufik mengatakan...

trims atas penncerahannya,,tpi sya kurg menngerti dimna letak elco penyerah jga trapo regulator jga outputtnya....mklum banng baru blajarbongkar tv snndri hee,,,oea trapo regulator tuh yg gede y yg wrna kuninng bkn,,,,kira kira sama gx dnngan trapo merk tv china.....

YanZ mengatakan...

iya model trafo regulator semacam itu, ada yg kuning ada juga BIru atau HITAm..
Mending mas bertanya saja sala yg bisa2 walau dikin yg ada disekitar situ...

zaskia wmc mengatakan...

maaf mas gw mau nanya klw blok horisantal itu ltky di mna dn bntuk y kaya ap,,,tv gw sanken 14"klw di on bnyi suara ngiiing,udh gnti elco dn mcam2 msh blm hdp jg,,,,

YanZ mengatakan...

Blog Horisontal lihat di :
http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/12/sirkit-horizontal-tv-with-fbt-154-177b.html
intinya : ada Flayback, tr Horisontal dll.

ruslansyah mengatakan...

Mas saya punya tv merk niko 14" sudah sebulan gak dihidupin selang +-5 jam itu ada bau hangus dan listrik dirumah langsung mati .sekarang kalau tvnya dicolok listrik dirumah langsung mati,kira2 apa yg rusak ya mas,ditunggu jawabanya ,trimakasih

YanZ mengatakan...

biasanya Komponen Aktif pada bagian Regulator yg Short/korslet. Kalao merek cina biasa menggunakan Transistor. atau juga menggunakan IC..

ferdi mengatakan...

mas mau tanya kalau tv dinyalakan trus balik lagi standby itu kenapa ya?
tv nya LG pearlblack 21sa1rl-t4, mohon bantuanya mau coba benerin sendiri

YanZ mengatakan...

kemungkinan Proteck, apakah hidup cuman 3 detik tanpa nampak layar? biasanya proteck tv lg di sensoer dari vertical... anda bisa obok2 bagian vertical-nya..

ASEP MULYANA mengatakan...

Maaf Gan Mau tanya,monitor lcd kalaw di nyalain hidup mati hidup mati terus gak bisa ngangkat, kira2 apanya ya.mohon bingbingannya sy awam .makasih.

YanZ mengatakan...

biasa adaptornya/powersuply-nya

Anonim mengatakan...

Halo..
mohon bantuannya ya gan :D

TV saya rusak.
kalo disebut mati total kyaknya enggak juga.
soalnya kalo di hidupkan, lampu indikator powernya BERKEDIP-KEDIP dibarengi suara TIK-TOK samar2.

Kira2 kerusakannya apa dan bagaimana cara memperbaikinya ya gan ?
TV saya Merk LG (tabung)

Mohon bantuannya gan, pake bahasa awam aja ya, soalnya sya gak ngerti elektro...
makasih banyak :D

YanZ mengatakan...

biasanya transistor horizontal yg rusak/Short.. sehingga keluaran Poswer supplu tersumbat.. jd kedip2..
kalo model slim biasanya c6090; kalo tabung plat dan yg bisa biasanya D2499.
tr horizontal itu yg dekat flyback dan nmepel di pendingin

Anonim mengatakan...

ouh gt gan...
jadi yang harus saya lakuin apa ni gan ? hhhee,
gak ngerti elektro soalnya, coba2 aja daripada servis ama tukang sayang biaya :)

YanZ mengatakan...

coba saja lepas dulu transistir horizontal. trus cook.. kalo sudah tidak tiktok.. brrti transistor itu yg bikin dia gitu, dan lihat lampu power apa sdh nyalah normal...
nah kalo kejadiannya seperti itu, coba ganti TR dgn yg baru,..

Budi Anto mengatakan...

Mas mau nanya ni..boleh ya gimana cara mengukur teganggan tv pakai multi soalnya tv saya matot tv 14" mitsukoshi tlg ya mas..

fari safira mengatakan...

mnt solusinya gan,,,rgb normal,arus ada,tr dn r jg msh bgus,tp gmbr dr snyl tv dn video ngblok kuning,sdgkn menu tv msh bs brwrna,,kr2 apny lg tu gan,,,gmn solusiny?

tfn mengatakan...

kpn slesai nya,tv nya cuma suara tuuuuuuuuuuuutt ,kl tv biasanya elconya,


Merknya LG Tabung 21 21fu99rl-14

zahra rahma mengatakan...

met sore gan mau nanya,,tv ane mati total,,lampu led juga mati,ane udah cek avometer,elco 400v 100uf,elco 100uf 160v,elco 1000uf 35v mati semua,tp udah ane ganti ukuran sama kok msih gk nyala,ane udah cek transistornya bagus smua,kira2 apanya gan mksh

YanZ mengatakan...

jikalau memakai ic tambahan surround LV.... nah ituyg harus diganti.

YanZ mengatakan...

tv merek apa ya? model apa? dari situ bisa diketahui bagian Regulator pakai IC atau Transistor..

YanZ mengatakan...

bisa salah seting system itu, misal PAL, NTSc..SECAM

zahra rahma mengatakan...

tv mrek star gan,bagian regulator pakai transistor gan,mksh

YanZ mengatakan...

oo merek CINA-an, gampang susah sih kali pakai transistor, banyak bisa penyebab regulator gg jalan. jln terakhir bisa pakai Regulator Cangkok, yg lebih akrab di sebut Gacun...

joe ardhy mengatakan...

mas bsa minta email atw no tlp ? Mau konsul lgsung soalnya. Hehe

YanZ mengatakan...

cek di sublaman "Kontack"

joe ardhy mengatakan...

mas tv sya akari 14' matot, lampu led power tdk nyala,tapi pas mau di colokin posisi saklar on ada kaya kembang api di stop kontak & di dlm tv ada bunyi krek krek krek gitu.. Itu yg perlu di ganti apa ya. Trims

Rama Rahmawan mengatakan...

Wah lengkap dan detail banget om.
Makasih banyak udah mau berbagi tutor seperti ini.
Bener2 recomended deh... :)

Salam kenal dari Bandung IT

YanZ mengatakan...

Nah kalo begini "tersubat" namanya.
Biasanya Output regulator ACMATIC tersumbat akibat output ada yg Short.
dan biasanya rusak TR Horizontal. atao malahan Flyback/..

YanZ mengatakan...

Trims..

tfn mengatakan...

Kalo Tv Mati Total Jawabnya engga.Balik Lagi Standby tapi,biasanya ic vertikal yang 220 volt nya lemah.Elconya putus,suara cuma tuuut, Merk LG
Model:TX-199T66A
Merk:LG
Gejala:Elco Putus
Solusi:Ganti Elco
Deskripsi:.Balik Lagi Standby tapi,biasanya ic vertikal yang 220 volt nya lemah.Elconya putus,suara cuma tuuut.

ahli servise tv mengatakan...

Memori Memang di bagian pinggir power suplai,tapi nomor tv sharp pasword:1121,8897,4536.ganti memori caranya:Buka Tutup Belakang,Cabut power supply,Kemudian Ganti memori Asli

ahli servise tv mengatakan...

Punya TV rusak.
Kondisi hidup Dan beberapa hari yg lalu keluar asap (Kebakar),Disertai gambar stengah tapi keliatan 1\3 Liatnya gambanya
Kemudian gambar pelangi mechanic Dan mati total.

Merk:Mechanic
Model:MT-229RTF44
Gejala:Mati Protek
Solusi:Ganti Power suplai Dan Ganti IC bertegangan 220
Deskripsi:Kondisi hidup Dan beberapa hari yg lalu keluar asap (Kebakar),Disertai gambar stengah tapi keliatan 1\3 Liatnya gambanya
Kemudian gambar pelangi mechanic Dan mati total Dan muncul logo mechanic

ahli servise tv mengatakan...

Ada TV Rusak.
Kalo Disebut Mati Total ga juga

Juga Ada Suara TuuuuT,tapi Speaker Pinggir Normal
Gambar blank

Merk:LG
Tipe:21-TX995R6
Gejala:Mati Total
Solusi:Ganti Power Suplai

Sani Maulana mengatakan...

mau tanya mas tv cina 29in, gejalanya : pas d nyalakan gk nyala, lampu indikator juga mti, hanya ada suara mendenging kira" apanya y mas ? hon bantuanya mas..

YanZ mengatakan...

bisa jadi, outpur regulator Short, trutama B+ akibat TR Hor Rusak.

ahli servise tv mengatakan...

TV saya ada suara dering gitu,Pas saya cek. sekring Fuse putus 1.,bisa jadi bagian elconya, gimana? ;D

ahli servise tv mengatakan...

Silahkan www.servisetvlg.blogspot.com

YanZ mengatakan...

dengin itu artinya ada frekuensi naik. maaf tv apa? . fuse bagian mana yg putus?

Maria Ulfah mengatakan...

misi mas saya mau tanya .. TV saya merk Konka kalo kondisi setelah mati lampu tv nya gak mau nyalah langsung nunggu sehari baru nyalah .. kemarin udah diganti mesin sama tukang service nah sekarang begitu lagi mas malah lebih dari 2 hari gak nyalah" .. itu kenapa ya mas ?

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum.. misi mas, minta tolong nih Tv china 21 inc klo dihidupin ko langsung ada suara pletak-pletak gitu ya (kaya mau meledak aja gt hehe), pas waktu aku cek ternyata kopnya emang kendor. trus aku coba pake cara dilem besi ky yg diatas trus aku coba hidupin msh sama pletak2 gitu. kira2 apanya ya mas?? apa ada hubunganya ama kapasitor yg ada di CRT ato yg ada di sirkit FBT? mohon pencerahanya mas makasih.

YanZ mengatakan...

jika karet kop kendor harus di ganti baru, atau paling tidak memakai dari FBT bekas/rusak tapi karet masih bagus.
permukaan juga harus rata/bagus. jika sdh tidak rata, bisa di cat ulang. biasanya pakai cat mani besi. kerringkan sampai 3 hari.
jika sdh demikian, mash bunyi2. coba, hidupkan tivi di tempat gelap. lihat di bagian mada ada lompatan ;listrik.

Asha mengatakan...

o gitu ya, okedeh nanti saya coba. makasih tipsnya. :)
oya mas ni aku msh punya tv lagi china 21inch. seblumnya mainboard prnh kena (keciprat) air trus pas aku cek trnyata diblok regulator output trmasuk elco 35v/470mf, 160v/47mf, juga TR HOT pada jebol. pas aku ganti smuanya & dhidupin cuma elco yg 35v/470mf doang yg kagak kuat nahan alias langsung ngebuLLL mas! kira2 tu bagian apalagi ya mas yg bermasalah?? makasih..

cecep mengatakan...

mas mo nanya nih, kalau mesin tv china 21" di pasang ke tv china 14" bisa gak? dan kira2 ada yang perlu di rubah gak dari ukuran komponennya?

YanZ mengatakan...

kalo mesin cina yg dijual, mmg di rancang untuk 14-21.
tapi kalau memang sdh dipakai/paketan tv jadi tapi mau di pasang ke tabung 14, biasanya flyback agak kebesaran,
perubahan dari 21- 14, bisa setting size vertical dan Horizontal bisa dengan memindahkan kabel Yoke h+ ke pin2 yg tersedia dari pin out Flyback

eliyas widiyanto mengatakan...

misi gan saya punya tv sharp mati awal y mati y stanby trlbih dahulu tpi tiba2 mati total itu kira2 apa y yh mohon bantuan y bisa sms ke sini 089677252141 kalo berhasil pulsa 50rb deh buat agan dri pda harus ke tukang servis yg pastihabis ratusan

eliyas widiyanto mengatakan...

mohon bantuan y yhh mz ke no itu

Anonim mengatakan...

Mas Yanz tolong nih, tv china 21 inch pke Tr fet dd5011 klo dhidupin tegangan input kok langsung drop kira2 apanya ya? aku mau coba ganti Tr nya tapi gak ada ditoko, kira2 ada persamaan lain gak? makasih mohon pencerahannya mas. wassalamu'alaikum :)

Falahy mengatakan...

menarik sekali tips dan informasinya semoga bermanfaat.

Salam dari kami TOKO TOA.

YanZ mengatakan...

Trims TOA Jogja sdhmampir..

ian zega mengatakan...

Misi Bung, saya numpang nanya..
Penyebab cepat rusak IC Vertikal(STV9302B) pada merek TV NIKO dikarenakan hal apa Bung..??

Saya orang awam soalnya, malas bawa ditempat service karena kegedean TV nya dan kejauhan juga tempat service nya..

YanZ mengatakan...

beberapa kemungkinan:
* Tudung FBT di CRT rada Bocor, sehingga ada lompatan listrik ke Yoke, lalu menuju IC Vert.
* Kwalitas IC Vert, bukan Asli
* Tegangan VCC over, lebih dari normal. misak harus 24v namun tersupply 28V, coba ganti FR di setelah Diode penyearah 24v dinaikkan nilainya. misal dari 0,5R1w menjadi 2R2, 1w...

tain fandi mengatakan...

boz saya punya probem lcd monitor advance stanby led birunya gak bisa nyala tolong dikasih solusinya trima kasih sebelumnya

YanZ mengatakan...

maksdnya gmn?
Led Power nyalah? tp tdk star atau gmn?

Viani Wulan mengatakan...

mas mau tanya,kenapa tegangan setelah trafo ga ada?otomatis tegangan B+ kan ga keluar?padahal komponen masih berfungsi,thx sblumnya mas

YanZ mengatakan...

bijaknya putuskan dulujalur B+ ke beban=FLYback...
abis itu baru dikerjain regulatornya,
ukur komponen dan tegangan kerja masing komponen..

rizky ananda mengatakan...

juragan saya mau tanya...kalau TV tabung merk polytron mati total karena PLAYBACK'ny kira2 bisa di benerin gag...trimakasih sebelumnya

SAGTI VIDEO mengatakan...

Mas, tv crt saya panasonic type lupa. Saat distart tanpa input nyala normal, tapi setelah dihubungkan dengan video player ( av input ) tv menjadi mati. Lampu indikator juga mati. Setelah tombol OnOff ditekan beberapa kali baru normal. Apanya yang rusak?

YanZ mengatakan...

bisa jadi ada longgar.
Coba pasang dulu Kabel AV, baru dinyalahin TVnya.. kira2 masih mati gak?
Panasonic tipe apa?

YanZ mengatakan...

Mas rizky ananda :
darimana tahu FlyBack Rusak?
Kalo cuman FBT ya bisa lah..