22/08/12

Cara Masuk SAVE MODE / MODE SERVIS


Perkembangan Dunia Teknologi kian canggih, Hampir Semua Peralatan yag kita pakai mengunakan  Software/program kecil yang di tanamkan pada 1 chip. dan sebagian dari itu  parameter dari program yang terpasang itu bisa di reset oleh pengguna/User.
Nah untuk dapat merubah para meter itu, kita harus masuk dahulu ke MODE SERVIS/ SAVE MODE. Sama seperti Operating  System Windows jika mengalami Error maka kita bisa memperbaikinya dengan cara Startup dengan SAVE MODE. Mungkin sebagian kita sudah tahu bahwa utnuk masuk ke save Mode OS Windows kita dapat menggunakan tombol F8 saat komputer/laptop kita StartUp. Nah Bagaimana dengan peralatan lain seperti Printer, Pesawat Televisi, VCD Player, DVD PLAYER, DLL???
Nah berikut ini saya akan membahas Cara masuk Servis MODe/SAVE mode beberapa peralatan yg ada di sekitar kita.

PRiNTER Canon.
* UntukPrinter Canon MP145, 150, 160:   LAngkah Masuk Servis modenya:
  • Matikan printer dengan  tombol power, tanpa mencabut kabel Listrik/powernya;
  • Kemudian Tekan Tombol STOP/RESET (Tahan);
  • Sementara Tombol Reset tertekan, Tekan Pulan Tombol Power sampai led power menyala;
  • LALU Lepas Tombol STOP/RESET;
  • Kemudian Tekan  Tombol STOP/RESET 2 kali dan Lepas Tombol POWER;
  • Tunggu sampai LED seven segment menjadi angka 0; (saat ini sdh dalam keadaan servis mode)

* Untuk Canon IP2770: Printer dalam keadaan OFF namun power listrik masih tersambung, Tekan Tombol RESUME, tahan, kemudian tekan TOmbol ON/OFF (saat ini ke-2 tombol dalamkeadaan tertekan), kemudian lepas tombol RESUME, selanjutnya dalam keadaan tombol power masih tertekan, kita pencet tombol RESUME sebanyak 5x, setelah itu Printer akan merespon dengan cara me roll catrrignya sampai akhirnya lampu hijau tombol power berhenti berkedip. Sekarang sudah masuk MODE SERVIS.

* Untuk Canon MP287: Printer dalam keadaan OFF namun power listrik masih tersambung, Tekan Tombol RESET/STOP, tahan, kemudian tekan TOmbol ON/OFF (saat ini ke-2 tombol dalam keadaan tertekan), kemudian lepas tombol RESET/STOP, selanjutnya dalam keadaan tombol power masih tertekan, kita pencet tombol RESUME sebanyak 6x, setelah itu Printer akan merespon dengan cara me roll catrrignya sampai akhirnya lampu hijau tombol power berhenti berkedip.Namun DISPLAY tetap BLANK. Sekarang sudah masuk MODE SERVIS.    

DVD PLAYER.
Pada VCD/DVD Player untuk meresetnya   kita harus mencari titik Resetnya. biasanya ada di balik MPEG-nya, Untuk MPEG Pengganti yang dijual di toko Elektronik biasanya di sediakan 2 pin reset ada pada bagian atas MPEG, cara mereset cukup dengan men SHORT 2 titik Reset itu. PERINGATAN: Jka tidah tahu , jgn lakukan ini. langkah ini dapat membuat setingan Player anda ter reset dan Blank dan akibatkan pleyer tidak bekerja.  

Pesawat TELEVISI.
Untuk pesawat TV, Setiap merek televisi mempunyai cara Masuk SERVICE MODE/FACTORY MODE yang berbeda beda. untuk lebih detail bisa lihat pada postingan saya sebelumnya di http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/08/cara-memperbaiki-tv-dengan-remote.html

43 komentar:

Harimau Chip mengatakan...

bos coba masuk servis mode mp 287 tp tidak bisa yang hidu[p cuma lampu alrm saja, ada cara lain boz

YanZ mengatakan...

Terima kash udah berkunjung di blog ini.
Maaf sebelumnya. sy mau tanya apa kode error di display nya? jika kita masuk save mode, display printer akan blank. bisa kita buktikan dengan jlnkan software reseternya, jika tidak dalam savemode akan mengeluarkanperingatan eror 06.

Abbdul malik thawil mengatakan...

pak mohon bantuan. masalahku sama seperti penaya di atas. biar lebih jelas ini videonya http://www.youtube.com/watch?v=71JABSADRCc dan tolong kalau ada solusi kirim ke s4longo@gmail.com sampai saat ini udah 1 bulan saya googling tak ada yang tau solusinya. semoba blog ini bisa membantu masalah mp 287 yang tak bisa masuk service mode

YanZ mengatakan...

Maaf. gag tau itu video nunjukin masalhnya atau cara nyelesaiinnya. videonya singkat banget. Seingat ku kalo udah masuk mode servis displaynya memng Blank. cuman lampu led warning saja yg hidup. coma saja buktikan dengan menjalankan software resetnya. jika bisa mengakses berti sisa printahkan reset saja. lakukan langkah persis seperti yg ada di link berikut :
http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/08/cara-mengatasi-error-p07-printer-canon.html
. thx

Anonim mengatakan...

kasus sama kek yg di atas. dimasukkan ke service mode KAGAK BISA. klo dah masuk ga masalah OM..... ini masalahnya KAGAK BISA masuk SERVICE MODE. jadi si printer ga kedetek ama kompie. klo normal mode bisa detek, tapi keluar E08 yg intinya minta direset.

Anonim mengatakan...

sampai dengan coment ini diposting memang belum ada solusi untuk canon MP287, jadi untuk printer tersebut yang diproduksi tahun 2012 TIDAK BISA MASUK KE SERVICE MODE. kalau yang produksi lama memang bisa, jadi TIDAK SEMUA printer MP287 menggunakan cara di atas.
Saya sudah mencoba 10 unit MP287, dan hanya 2 yang berhasil.

salam hormat
- bengkel service printer di jogja

YanZ mengatakan...

trims atas infonya, postingan reset MP287 di blog ini adalah dari pengalaman sendiri, kebetulan printer punya kantor, dah pernah alami error kalo gag salah bulan agustus lalu, dan sampai sekarang blom daper error lagi. saya lupa kapan print itu di beli. apa sebelum 2012 atau sesudah..

kent juned mengatakan...

error p07,,dah msk save mode tp mlh alarm yg nyala,,petujuk yg d atas udah d ikuti tp ttp ga bisa,,
tlg bantuan'y bos,,

Sujatmiko mengatakan...

OM..... sy pnyA printer canon MP287, Printer sy mengalami Error P07, sya sudh mncoba mereset, pd saat sya coba masuk pd servie mode, knpa printer sy malah lampu indikator alarm sj yg mnyla, trus sy cba reset pke software resetnya....tapi softwarenya gk bsa djlnkn.... mohon solusinya ya..... sy tunggu..... by Mhickhosuse
E-mail : Micho_mic@yahoo.co.id
Hp : +62852 99 3 442 52

YanZ mengatakan...

Ulasan lengkap mengenai MP287 lihat di :
http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/08/cara-mengatasi-error-p07-printer-canon.html

ahmad haidaroh mengatakan...

Mas tolong bantu saya. Error P07 --> Langkah Save Mode telah saya lakukan, tpi yg setelah kedua tombol dilepas, yang nyala lampu alarm tidk berkedik. Trus ke resetter blom bisa masuk (error 06).
Bagaimana caranya bisa masuk ke Save Mode (Service Mode) mas.

YanZ mengatakan...

error 06 brrti printer blom masuk servis mode.
lihat di
http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/08/cara-mengatasi-error-p07-printer-canon.html

ahmad haidaroh mengatakan...

Persoalannya Mas Yanz, pada saat tekan2 tombol sampai di lepas keduanya (langkah Pertama), menghasilkan lampu Alarm menyala (tidak bekedip) dan tidak ada reaksi apapun dari printer. --> Error! (error code : 006) itu pesan yg muncul di resetter.
Kalau begitu saya tidak bisa masuk ke servis mode mas, lalu bagaimana cara yg lain agar bisa masuk ke servis mode. Karena sudah saya ulang2 berkali kali, masih hasilnya sama (lampu Alarm menyala tak berkedip dan printer tdk ada reaksi)
Makasih

honesty mengatakan...

dijual aja printernya, ganti yang baru ..beres dah

Anonim mengatakan...

piye iki...

Anonim mengatakan...

sya bantu dikit,biasanya kalo sudah di coba masuk service mode tapi masih error itu ada yang rusak lainnya, biasanya catridge/caridge yg g mau jalan pak!coba pak lepas selang infus dan coba masuk srvc mmode/pakek catridge yg masih detect(masih dikenali wlpun head rusak)!smoga membantu pak ahmad
ier_punk@yahoo.com---->irfan stikom uyelindo
nb:jika sering salah masuk service mode akan berakibat board tidak mau di reset!

Warto Rawiesaka mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

gan ane punya printer canon ip 2770 minta direset, pas mao masuk save mode printernya malah blink orange nyalah trus direset jg gak masuk

mohon bantuannya gan trimakasih

poetch mengatakan...

mas bro saya punya print mp287 canon pagi masih bisa buat ngeprint tiba-tiba saya tinggal kuliah sampe rumah tombol alarmdalam keaaan nyala tanpa berkedip-kedip dan setelah saya cek mau saya hidupkan itu print gag bisa kira-kira kenapa ya,,?

Anonim mengatakan...

idem mau masuk safe mode aja gak bisa malah alarm yang nyala, pusiiing...

YanZ mengatakan...

alaram nyala terus: coba yg ini:
* Tekan kedua tombol Power + Stop/Reset agak lama kira-kira menghitung 1-10
* Lepas tombol STOP/RESET dan tekan tombol STOP/RESET 5x
* Lepas kedua tombol >… LCD printer akan blank hitam dan komputer akan menditeksi prangkat baru;

Tasrif Muhammad mengatakan...

persis sama printer ane gan, kalo dah dapat solusinya mohon infonya gan. makasih sebelumnya

Tasrif Muhammad mengatakan...

sok tw lu mas, emang udah pernah buktiin,

prtinter gw masih error alarmnya nga ngaruh apa2 mass

Anonim mengatakan...

solusi yg paling pas di ganti mainboardxa... insya Allah beres... soalxe ane sring jga xervis kyak error gtuan...

Endang Hermawan mengatakan...

Beubeutkeun printerna, meuli deui nu alus !

hendy laws mengatakan...

klo sudah save mode,, bagaimana selamjutnya???
mhon balasannya. trmksh

hendy laws mengatakan...

Jangan dibanting pa, kalo saya pernah nyoba. cabut kabel powernya, kemudian matikan printer, buang ke selokan....

hendy laws mengatakan...

coba download softwarenya di sini (diajmin OK..ciusss!) http://www.mediafire.com/download/q3t3ip8s9c6wvo0/resetter+canon+mp287-cybermales.rar

Anonim mengatakan...

punya saya juga begitu mas ga bisa save mode, tapi setelah saya coba set as default printernya di ilangin (ga ada simbol centang) bisa ko..tapi masalahnya pas klik eeprom lama banget ga bisa diapa-apain tuh ...gimana ya mas,,ada solusi ga??

YanZ mengatakan...

wahh.. Bagus tuh. daripada tambah PUsink

YanZ mengatakan...

mas biasa beli MB harg brapaan?

YanZ mengatakan...

kemungkin mesti ganti MAinbord

jhon tarno mengatakan...

opo digepuk wae iki, printer marai budrex

Anonim mengatakan...

ternyata mang belom ada solusi.
3 hari ngutak ngatik, sia sia......
:-(

YanZ mengatakan...

mas knp? printernya ya?

Anonim mengatakan...

g5nabos kalok masuk sefmode hanya let resetnya menyala,,,

Anonim mengatakan...

ya ini solusi kami tungggu ampek menbod kami tes satu-2 tetp mangrak,,,,,,

Anonim mengatakan...

Gan mslh saya sama....sblmnya error E13...bisa di atasi........tp skrg error p07.....di reset mlh blank total...gmn Gan solusinya

YASIR KUO mengatakan...

gmna gan msh keluar error 116 gmng

YASIR KUO mengatakan...

keluar nya error 006 gmna gan

YanZ mengatakan...

kalo muncul error kode 006, berarti Printer belum masuk mode Servis..

hendra gunawan mengatakan...

bagi yang gagal masuk service mode pada printer canon
di sebabkan karena bios yang corupt, dengan cara di flash program ulang biosnya dengan mencopy dari file bios printer yang normal maka akan terselesai kan. alat copy bios dapet di beli di www.master-laptop.com atau di www.hicomtec.com banyak pilihan nya.

Halra mengatakan...

Nah, ini sangat bermanfaat bagi saya yang sedang ada trouble dan ingin mengatasi masalah itu sndiri.
makasih saya ucapkan, sangant bermanfaat bagi saya.
Salam

Halra