02/11/12

Cara memperbaiki TV yang Gambarnya bergaris Pada Sharp Alexander Slim II


Berikut ini saya Posting Cara memperbaiki TV yang Gambarnya bergaris Khususnya kali ini Pada TV Sharp Alexander Slim II.

Seperti Gambar di samping, anda melihat Gambar nya yang nampak Bergaris2 pada bagian bawah layar sehingga gambar tidak FuLL sampai di bawah, Untuk tv model lama biasanya bergaris bagian atas itupun sekitar 10 garis.

Kebetulan TV ini punya teman di kantor, sudah kekerapa minggu  dia mengatakan ada perubahan pada tvnya, kalo pertama hidup ada garis-garis, yah aku bilang, pake ajah dulu,sampe parah, akhirnya 3 hari lalu rusak juga. dia bawa itu tv kerumah.
Pas aku coba nyalahin, wah gambar nampak di tengah kecilll kayaknya sekitar 3 CM, selang kemudian Stanby dengan Led Kedip-kedip. Seperti biasa pasa TV sharp ini berarati Protek. karena ada yg tidak Normal.
Akhirnya Buka Chasingnya, waw IC Verticalnya Meledak..Pecah... waduh kode brapaan itu yah??
sy Periksa lebih seksama, ternyata masih terlihat LA7, ternyata masih ada sedikit banyangan, kira2 IC Vertical Jaman sekarang, Akhirnya Buka Buku Catat harian, Dapet deh. Dia pake LA78041 utnuk Sharp Slim.
 TV ini menggunakan Chassis QPWBFE594WJN1, blok Verticalnya menggunakan 2 Supply VCC. Setelah penggantian IC, tv bisa nyalah kembali, namun Gambarnya Bergaris seperti gambar diatas.
Seperti Pengalaman sebelum2nya ini pengarus ELCO yg haus, akhirnya saya ganti elco untuk Tapis Tegangan + dan - yang mensuply IC vertical, Kemudian TEs tv, Ternyata Hasilnya Normal Kembali.
Saya Coba Ukur Elco tersebut menggunakan ESR meter, Ternyata jarumnya tidak bergerak sama-sekali, Kering too.
Berikut Gambar Blog Verticalnya, yang di tanda lingkaranmerah itulah elco yg saya ganti tadi.

    Sekian, semoga Bermanfaat.

131 komentar:

zuna edi mengatakan...

oh berarti bpk slalu punya buku catatan
tanks pa atas inspirasinya

YanZ mengatakan...

iyah. sama-sama..

Edi Priyanto mengatakan...

salam kenal pak,sy juga ada probleem yg sm pak tv sharp alexander II gambar garis-garis vertical,tetapi setelah beberapa menit mati stanby...trus cabut stecker dan dinyalakan lagi biasa hidup dan mati lagi,itu yg probel apanya pak?thanks ditunggu jawabannya.....

YanZ mengatakan...

mas edi, garisnya kayak gimana? sama seperti diatas gag?
penyebab mati mungkin Protek lantaran Vertical gag fungsi normal. oprek bagian Vertical dulu yah....

Ariez Shikamaru mengatakan...

manteb mass,..!!!


Thankz

PANAS AJA mengatakan...

maaf pak salam kenal, TV saya akari gambarnya bergaris-garis horisontal, bagian bawah layar sekitar 10 cm lebarnya sudah hitam, tp suara normal. tlg bos, saya diberi solusinya!

YanZ mengatakan...

garisnya kayak gmn? Full layar garisnya? atao gambar siaran tv kelihatan gag?
hitam bawah, kemunkinan ELCO d sekitar Vertical ada yg sdh haus...

Anonim mengatakan...

met siang om.. sy mau nanya ne,,

saya punya tv akari 21 inc rusaknya mirip sama yang diatas

dan elco yang volt nya besar2 sudah saya ganti semua tp masih bergaris2 bawangnya

kira2 di apanya om..

untuk infonya trimaksaih seblumnya..

YanZ mengatakan...

sudah ganti gag elco yg seperti di gambar sirkit menuju kaki 3 ic vertical...
mungkin juga IC vertical yg rusak..

Jhon Arnots mengatakan...

Malem mas YanZ, mau nanya ne mas. aku memperbaiki tv alexander slim 29"seri 29AXS200 mati total. biasa pertama X tak cek bagian power supply ternyata transistor yg bertipe C6089 mati. tak beliin kmdn tak ganti dan tak cb ONkan. bisa nyala dg suara normal tp ndk ada gambar cuma mucul warna hijau dg 5 garis putih rata pd layar tabungnya. kira2 ada masalah bagian apa ya mas? Semantara udah tak cek R dna elco normal. Demikian mas YanZ, mohon petunjuknya. Sebelumnya saya ucapin terimakasih. Salam & sukses sll.

YanZ mengatakan...

jika garisnya miring-miring dan seolah berpinda-pindah.. kemungkinan signal video tidak ada sampai di CRT. coba cek biasanya Sharp pakai IC pada penguat video RGB yg di belakang Layar. jika iya. coba ganti ic TDA... itu..

Anonim mengatakan...

assalamuailaikum mazz,,,,
saya punyak tv sharp piccolo slim 21 inc gambar bergaris buku n buram agak keputihan awalnya saya stel gambarnya yang ada di belakang tv gambarnya normal tp sekarang kumat lagi dan tmpat penyetel gambar sudah mentok ttp tidak bs. solusinya apa yg perlu digantidan klo elconya tolong kasi tau sekalian ukuran volnya biar klo mau beli tidak bingung,,,, dan dirumah jg ada TV LCD LG 40_an inc gitu MATOT gara2 knak air hujan atap rumah bocor, sdh sy bw ke servis resmi coz masih garansi ternyata tdk bisa,,, ktnya bru bs klo di ganti ini itu lah yg perlu biaya 3jt an. tak coba jual cm d tawar 500 rb. mungkin maz pxk solusi. Thanks maz tak tunggu solusinya

YanZ mengatakan...

yg sharp kemungkinan tegangan untuk IC/TR penguat video di blok bekang crt drop lantaran Elco yg biasa 10uf/250v rusak... disana ada 180v.
LCD... mungkin mau diambil Panel layar saja makanya di beli segitu
Garansi kalo karen ahujan mana mau dia.. itu kesalahan pengguna..

Anonim mengatakan...

yang sharp uda tak coba buka tutup belakang trus tak bersikan kotorannya eh,,, mala sekarang pas tak coba di hidupin langsung mati lg/ stand by tidak sempet kluar gambar mati lagi,,, uda tak coba berulang x.
jd klo TV yg LCD spec 42 gag bs di servis lagi ta maz,,,,

Anonim mengatakan...

Malam pak, tv saya sharp slim, bbrp waktu lalu kabel antena rusak, lalu saya coba solder sendiri. Tp kenapa gambar jd muncul blank putih bergaris horizontal ya?.. Akhirnya kami bawa ke tkg servis ktnya kena ICnya. Apa mungkin? Dan klw ganti ktnya harganya mahal. Kira2 brp ya? Thx for sharing..

YanZ mengatakan...

kemungkinn waktu ngeSOLDER ada tetesannya jatuh pada PCB. tp yg rusak ic apa ya?

YanZ mengatakan...

hidup trus mati lagi.. biasanya pada tv sharp :>> Proteck namanya. kegagalan Starting akibat ada kerja komponen tidak normal.
untuk mempernaiki harus di matikan dulu jalur proteknya.
LCD kalo di perbaikin kemahalan. mending beli baru n dapaat garansi barus..

Anonim mengatakan...

Katanya IC utamanya. Tvnya itu selain tampilannya putih, bergaris horizontal, juga nyala mati sendiri. Kemungkinan rusak di IC sj atw lbh parah? Bisa mahal bgt kali ya Pak.. Makasih infonya..

irsandi putra mengatakan...

mantep mas, salam kenal yha, kunjungi juga blog ane di http://dagaduelektronika.blogspot.com/

YanZ mengatakan...

iya mas.

anang.tok mengatakan...

mas gan mau tanya ,aq pnya tv sharp universe 20u250 klo di hidupin hanya muncul garis kecil melintang lalu stanby?kira2 apa penyebabnya ya mas gan????mohon pencerahanya

YanZ mengatakan...

nah itu tv proteck namanya. karna vertical tidk berjalannormal, maka dia stb kembali. kemungkinn ic verticalnya rusak karna gambar cuman garis..

Roni mengatakan...

mas sya mau tanya, saya punya tv merk tcl 17497S mengalami problem kerusakan yang sama seperti yang di atas yaitu gambar TV terdapat garis horizontal namun ini merata seluruh layar, ini letak problemnya dimana ya mas

YanZ mengatakan...

merata seluruh layar... Apa gambar masih nampak normal??? jika iya coba setel screen FBT, kalo tidak mau, mesti ganti FBT.
jika tidakk ada gambar, cumanputih dan garis seperti berlari2 itu signal video tidak sampai di PCB Crt..

romi mengatakan...

Mas Yanz, kalau tv gambarnya ada warna yang hilang itu kenapa ya? tv saya LG Blackpearl 29" sudah 2 bulan ini jadi agak aneh dilihat karena beberapa warnanya tdk muncul. Lebih dominan warna kuning dan merah. Untuk audionya bagus.

tri cahyono mengatakan...

salam kenal mas, ni aku punya masalah tv sharp alexander slim2 heater ga keluar tegangan ac, aku pakai adaptor 6ac, ternyata gambarnya gelap suara bagus, screen besarnya 250v, kira2 apanya yg rusak ya, crtnya bagus

YanZ mengatakan...

paling gampang tes pake mesin lain yg normal. untuk mengetahui masih bagus apa tidak CRT nya.
KEmungkinan lain, coba solder ulang TR di PCB penguat Video yg ada di belakang CRT itu,
Jika anda berani , coba ukur signal RGB yg keluar dri IC gambar, biasanya hampir sama sekitar 2,5v.. jika tidak brrti harus ganti IC.

YanZ mengatakan...

jika Flyback masih mau bkerja, coba periksa sirkit ABL yg ada, kalo gg salah menuju kaki 10 FBT-nya.
di sana akan ada tegangan 5v-40 volt sesuai terang gelap gambar... "otomatis"

periksa juga tegngan untuk penguat video +180v.
scren normal hanya semitar 150v, jika lebih dari itu brrti ada ygtidak Normal..

BLOG MALAWADING mengatakan...

mas alexander slim ku kerusakannya mirip ketinggian adjust screen ( ada garis2 kaya Buku) sya sudah kecilin screenya memang hilang tapi waktu TV normal kembali tv jadi gelap,,garis muncul ilang mas...yg hrus di ganti kira2 apanya mas?

Anonim mengatakan...

mas yanZ,,, TV SAYA SHARP MODEL 29DXS888BR, Tvnya hidup tapi waktu di On gambarnya nggk normal, muncul perlahan lalu bergaris garis, namun suaranya normal. saya ukur tegangan normal tapi muncul gambarnya bergaris garis dan tak full... apa ya penyebabnya...?

YanZ mengatakan...

bisa jadi rusak Flyback-nya...
tp cek dulu tegangan video out yg 200v cykyp gag?

YanZ mengatakan...

kalo garis hanya dibagian atas cuman beberapa biji, biasa elco booster teg 24v di vertical yg rusak. itu loh yg biasa 35v100uf.
jikalai garis ada dseluruh layar.. bisa tegangan screen terlalu tinggi, atau malah FBT rusak..

Anonim mengatakan...

Mas,numpang tanya..saya ada tv lcd sharp aquos 32 inch..pas dinyalakan keluar gambar n suara nrmal..tp lama2 gambar bergaris2 hitam horizontal dari atas mpe bwah,dan ga sampe 5 detik gambar ilang,jd hitam,. Tapi suara masi normal..kira2 knapa ya mas?

Monica Stephanie mengatakan...

makasih udah berbagi...

mudah2an aq bisa ngelakuinnya..

kalo ada yg mau bantu aku, Klik Disini aJa , , ,

Anonim mengatakan...

mas tolong pencerahannya dong..tv saya sharp alexander slim 29 ic tda 1211oh1/n200,sudah sudah satu minggu g` mau nyala,gara2 ic horisontal tda 6107ajf/n1 nya konslet,kira2 dimana letak kesalahanya?ic nya sudah saya ganti tapi g` mau nyala jg,di mana letak pusat proteksinya mas,oya..kalau dinyalakan lampu led berwarna merah trs hijau dan terus2an begitu,kalau aku pencet tombol program lampu berwarna hijau tp g` keluar gambar,tolong ya mas,terima kasih atas bantuanya.

YanZ mengatakan...

tda 6107 itu ic penguan RGB ke CRT. bukan ic Horizontal.

Anonim mengatakan...

siang mas, tv saya LG 21 inch, waktu pertama dinyalaain dari posisi stanby ada hitam di bagian bawah kira2 1/4 dari tinggi layar, tp lama kelamaan garis hitam itu turun hingga hampir penuh gambarnya g kelihatan ada garis hitamnya,tp klo diperhatikan dengan seksama masih ada garis hitam itu. Apa kira2 permasalahan ini sama dengan yang mas bahas ini (IC vertikal dan Elconya yg rusak, Terima kasih.

YanZ mengatakan...

iyah, biasa kerusakan seperti itu disebabkan oleh ELCO yg menurun kinerja-nya...
andai punya ESR Meter, anda bisa langsung mengeceknya tanpa melepasnya dari board...

Anonim mengatakan...

met siang mas,masa sy ada problem dengan tv samsung sy,gambar nya normal cm keluar garis putih horisontal di bagian atas ,kira" itu kenapa ya mas,semua uda sy cek baek" aja tapi ampek sekarang masi blm ketemu penyebabnya kira" apa ya mas yg rusak,terima kasih

YanZ mengatakan...

apa sudah coba ganti elco yg nilainya 100uf di sekitar vertical?

Anonim mengatakan...

sudah mas,cm gag ada hasil,semua gambar ama suara normal cm ada garis 4 di layar atas itu yg blm hilang,mohon bantuannya
terima kasih

YanZ mengatakan...

maksud saya elco yg berfungsi sebagai PumUp. pada gambar skema diatas ada pada pin 3 ic..

ardiyansah yan mengatakan...

MAS MAU NANYA,TV THOSIBA SAYA BERGARISNYA DARI KIRI KE KANAN LOK DH LAMA LAYARNYA HANYA 10 CM YANG KELIHATAN SUARA NORMAL GMNA SOLUSINYA THANKS. . .

YanZ mengatakan...

biasanya elco yg bikin rusak perlahan gitu. coba ganti semua elco yg adas seputar vertical. terutama yg feedback dari spul yoke. biasa pada toshiba 2200uf.. atau malahan 3300uf..

Anonim mengatakan...

sdh sy ganti semua mas,cm hasilnya masi tetep keluar garis,apa tabungnya yg bermasalah ,thank's

YanZ mengatakan...

kalo garisnya sluruh layar bisa jadi tabung/crt atai screen fbt terlalu tinggi, tapi kalo cuman 4 biji biasa sih elco..

Arsip Indoscript mengatakan...

sama mas kasusnya dengan punya saya, solusinya saya beli lcd yang baru tentunya bukan merk sharp lagi, sharp dimata saya udah di black list produk gagal....coz banyak kasus yang sama menimpa lcd aquos sharp 32 inch....beli merk lain yang lebih mancaaaaap!!!!

YanZ mengatakan...

bisa jadi bagian bagian inverter yg gagal kerja..

Prama Jietho mengatakan...

Hai mas Yanz, senang sy baca artikel punya mas.Walau pun saya tidak faham elektronika tapi setidaknya memberi motivasi saya untuk bertanya.hehehe....Saya punya LCD TV LG 22LK311/22".Kasusnya adalah muncul bercak disudut kanan bawah LCD (dekat lampu led) dan awalnya tidak seberapa mengganggu sampai akhirnya tambah melebar hingga diameter 5cm dan sekarang muncul lagi dibagaian atas dengan motif yang sama seperti layar yang terbentur benda tumpul. Saya lihat tidak ada retak di LCDnya. Mohon pencerahannya mas, kira-kira kenapa yaa..apa masih bisa diperbaiki? Maklum, saya tinggal di kota Palu.Jika mmg hrs ada part yang diganti dan itu tidak tersedia di Palu dimana saya bisa mendapatkannya.Terimakasih mas, semoga saran dan masukannya di balas dengan kesehatan dan rizki dari Tuhan.

YanZ mengatakan...

ok Bung Prama..
Menelitik dari penjelasan bung, itu kerusakan pada PANEL/Layar. tidak ada cara lain kecuali ganti Panel.
jika ganti Panel harganya biasanya 70% dari harga baru itu TV..

Abdi Allah mengatakan...

Salam pak,
Saya mau tanya LCD TV saya dipukul anak lalu bergaris vertikal dan horizontal. Lalu tak lama kemudian muncul spot hitam ditengah-tengah layarnya. Merk TV nya Grundig 37 VLC 6020. Apakah bisa diperbaiki ya?
Terimakasih.
Salam.

YanZ mengatakan...

salam..
sepertinya mesti ganti layar/panel LCD-NYA..

platinum911 mengatakan...

Salam pak
saya mau nanya misal tv garis horzontal halus apa ya mslah nya
mksh sblum nya :D

Ibnu Munzir mengatakan...

salam pak sy punya TV Toshiba knpa d saat di nylakan layarnya brwrna putih,,dn tidak bsa kmbli normal,,mhon pndptx pak dan apkah bsa dperbaiki???
... Trmh kasih

ahmad mengatakan...

Selamat pagi pak...
Saya punya tv lcd lg 22"..awalnya ada garis vertikal 2 baris dan setelah 3 hari ini jadi sekitar 10 garis,setelah saya tanya ke tukang servis elektronik,ktanya harus ganti lcd...?
Jadi apakah benar harus ganti lcd?

Anonim mengatakan...

ass. mf kang mau nanya kasus tv tcl ko dingin dinyalain tuh kaya mrotek knp ya kang tlng

YanZ mengatakan...

jikalai garisnya horisontal kecil dan tidak berubah2, biasanya tidak ada signal defleksi vertical yg di sebbkan rusaknya komponen vertical semisal ic vertical dan lainnya.

YanZ mengatakan...

putih bagaimana>? seperti salju? apa tulisan menu mash bisa nampak?

YanZ mengatakan...

iya biasanya tv model gini gampang rusak layar/lcd panelnya.. dan itu haru sganti 1 set.
jika ganti lcd biayanya biasanya mencapai 80% harga baru tv itu..

YanZ mengatakan...

maaf apa maksdhnya kalo keadaan dingin pertama kali di nyalahkan susah?
jika iya biasanya di sebabkan oleh komponen Elco yang sdh "haus" untuk mengetahui harus di periksa dahulu masing-masing titik output regulatornya..

sunardi hatta mengatakan...

Bos numpang tanya tv saya politron lcd ada bintik hitam sebesar apel dilayar bawah karena habis saya lap kena air mohon solusinya, tq

mulyadi aditya mengatakan...

Bung Yanz,
saya mau tanya, saya punya TV 21" merk Briston, problemnya setelah TV on layar hijau bergaris-garis horisontal miring, kemudian berubah kemerahan akhirnya abu abu dengan garis horison miring tadi. menu keluar tapi kabur atau buram. elko 250 volt, 160 volt, transistor di RGB semua sudah diganti tapi masih tetap ga berubah. kira kira apa ya yang perlu saya ganti? terima kasih

YanZ mengatakan...

paling parah harus ganti layar/PAnel

YanZ mengatakan...

coba cek tegangan utk penguat video ke crt cukup 190V tidak?
atau coba pakai layar lain..
kerusakan jenis ini bisa jadi karena layar atau pun IC Video..

andreas eka mengatakan...

salam pak...saya punya tv sony bx311 lcd 32"...kerusakan timbul garis garis vertikal dominan warna merah hijau kuning hitam ... kira kira apa yang harus saya perbaiki dan diganti ...mohon pencerahannya pak trima kasih salam

ZAM ORGE KELATE DI MEDAN mengatakan...

Salam Pak, Saya punya TV Led merk toshiba. Masalahnya.... garis vertical... bila diidupkan... tapi bila di matikan ok sebentar tiba tiba jadi lagi. Terpaksa mati idup beberapa kali.... baru bagus. tapi bila lama sedikit jadi lagi terpaksa matikan lagi.... tolong di bantu mas.....

pangeran sebastian mengatakan...

salam pak, saya punya TV LCD Toshiba 19 inch. Masalahnya TV sewaktu dinyalakan hanya memunculkan layar yang hitam. Tolong bantuan ilmunya pak

pangeran sebastian mengatakan...

law tidak tampak. bagaimana pak

Rusdi Cahyono mengatakan...

salam kenal...sy punya TV Sharp Alexander Slim model 21ASX250E, problem gambar getar naik turun. Mohon pencerahannya. Trims

YanZ mengatakan...

kemungkinan bagian regulator yg bermasalah. tidak stabil akibat komponen yg tusun daya kerjanya. terutama pada ELCO-nya

YanZ mengatakan...

suaranya ada?

Anonim mengatakan...

salam kamal bapak.
saya mau tny kl layar lcd polytron ada nampak garus berwarna merah itu kenapa ya???
untuk hambar masih terlihat,cuma kl smakin lama dihidupkan semakin bnyk garis merahnya dr atas ke bawah.
mhn penjelasan.
trimakasih sblmnya.

YanZ mengatakan...

kemugnkinan ada tegangan tidak stabil. biasa ada kesrusakan pada Elco. terutama elco untuk tegangan video. misal 9V, atau 5v atau malah 3,3v

YanZ mengatakan...

coba cek output regulator,!, kalo Normal, bisa jadi rusak TCon pada panel LCD

Ayen Marentha mengatakan...

salam kenal pak, sya juga punya kasus yang sama dengan saudara pangeeran sebastian saya punya TV LED Toshiba 19 inch dinyalakan gambar garis2 hitam dan putih sampai ketutup semua gambar tapi suaranya msih ok. gimana solusinya pak???

ahli servise tv mengatakan...

TV saya gambar melengkung,terus dibagian magnetnya rusak,gimana?

jukir kowalski mengatakan...

maaf pak saya numpang tanya, TV LCD saya kok ada warna putihnya seperti flek gitu, TV saya merk sony bravia. ada penjelasannya pak????

YanZ mengatakan...

wah kayak muka ku saja, ada flek2nya.. haha
Pernah Lihat HP ada gangguan pada layar? biasa akubat jatuh. trus pa yag dilakukan? pasti ganti Layar/lcdnya khan?..
Nah Begitu juga TV LED/LCD, harus ganti Layar heheh
Notes: ganti LCD/Panel/layar = 80% harga baru TV tersebut.. pilih mana?

YanZ mengatakan...

melengkung ataas bawah atau sisi kiri kanan?
jika kiri kanan, ada kerusakan pasa sirkit Horizontal, terutama Hwidth,
ini biasa terjadi pada tv Flat/ Slim saja

fedr mengatakan...

Selamat malam Pak, salam kenal,,,,,
Mohon maaf Pak, numpang bertanya neehh....
Saya mempunyai LCD TV Toshiba 40", di bawah ada garis horizontal hitam dan putih,namun diantara garis tersebut, gambar tampilan siaran TV atau Video masih bisa terlihat. dengan kerusakan seperti itu, di modul yang mana kerusakan nya ya Pak? apakah kerusakan pada panel nya sendiri?
Atas bantuan dan penjelasan Bapak, saya ucapkan terima Kasih.

YanZ mengatakan...

kemungkinan jug arusak Panel.
MPEg/Mainbor cuman memproses ganbar dan sinkronisasi lalu di serahkan ke T-Con pada Modul Panle/Layar LCD..

Anonim mengatakan...

Mlm mas, tv LED Samsung saya terkena garis dari atas ke bawah, trus tnya sama SSC samsung kena biaya 2jt untuk ganti panel kl sudah lewat dari masa garansi.
Kira2 saya beli panel diluar brpakah, dan apakah ribet kalo ganti panel sendiri??

YanZ mengatakan...

iya mas..
ganti Layar/PAnel = 80% harga baru tv. pilih mana?
beli diluar agaknya susah, mesti kalo SAMSUNG ya Beli Di SAMSUNG. belum ada penjual elektronik sediakan PANEL.
masalah ganti sendri, gag ribet kok, sisa copot soket dan pasang kembali soket kabel yg lengket dari panel ke mainbord..

Anonim mengatakan...

Bang ane ada tv led toshiba regza 32" ini masalahnya keluar gatis garis putih horizontal tdk brgerak hampir Selayar tp msh nampak gmbar acara tv ama suara.kira kira apanya ya mas trs kira kira jg brp biayax ?

Anonim mengatakan...

Oh ya bang trnyata timbul garis hitam horizontal dan garis putih vertikal smkn lama d hidupkan.smkn. bnyk tp gambar dan suara acara tv nampak

Erwin mengatakan...

infonya sangat bermanfaat sekali salam kenal ya mas..
saya punya tft lcd monitor tv 19'' tidak tau mereknya tapi wktu di buka chasingnya panel layar merek samsung buatan cina n ada 3 mainbord yang menempel di belakang panel layar..lcdnya khusus di pake di mobil.kasusnya,layar blank putih n tidak ada tampilan menu.kira'' apanya yang rusak yach.regulator ato mpegya.?di bagian power suplainya terdapat LM2576 itu IC ato TR soalnya ada 5 kaki n bentuknya sama dengan TR.trus khusus untuk lcd mobil apa membutuhkan tegangan 5volt juga?terima kasih mas mohon bantuannya...

Andrew Jhosua mengatakan...

selamat malam mas yanz. TV Toshiba regza 32 inch saya kalo di buat nonton dvd, kok setelah sekitar 5-10 menit skarang di layar terbadapat garis putih kotak dan setelah di pindah ke saluran tv biasa layar nya menjadi garis" tapi sementara saja tapi tetep berbentuk garis putih kotak, dan setelah di matiin beberapa jam layar putih itu hilang. mohon bantuan nya mass. saya kurang ahli dalam hal ini Terima Kasih....

JRR-CELL mengatakan...

siang mas yanz, saya ada tv toshiba LED Regza 32", kalo saya nyalahkan gambar pertama kali keluar normal, setelah beberapa detik, gambar berubah (warna gambar jadi berubah beberapa warna(merah,ungu,abu") dan kalo diganti av / hdmi layar berwarna merah ada garis horizontal di atas layar..,itu yang rusak apanya ya mas..,dan jika beli alatnya harga berapa ya?,tolong infonya,terimakasih

amrullah ibrahim mengatakan...

mas sya mau tanya tv sony gambar nya ada garis diatas pas ku ganti elco bagian vertical ? malah ada garis hitam kaya bergelombang apanya yach...... tolong bantuan nya

amrullah ibrahim mengatakan...

mas 1 lagi maaf nie sya mau tanya lagi tv sony pertama di stel bagus lama lama gambar mengecil kiri kanan ada garis horisontal nya gitu terus mati /standby kira kira apanya yach pas di nyalain lagi kadang mau kadang gk..... dikira sya kendor udah di solder tetep ja di ganti playback sama smpai konde nya juga di ganti sama ja......? atas bantuan nya saya ucapkan terima kasih.... wassalam .

Anonim mengatakan...

Bang,mau nanya..!!! saya ada LED Samsung 32".rusaknya garis2 vertikal dr atas ke bawah tp gak penuh di layar.kira2 yg perlu diperbaiki bagian mana ya???
Trims...!!!

julyasvico siang mengatakan...

gan mo tanya tv sya merek avante 14" bergaris spti pada gambar d atas tpi hampir pda seluruh layarnya,,tpi tidak mati ato stnby,,apakh mslhnya pda elco nya saja ato bgmna,,??mohon pencerahan,,

YanZ mengatakan...

sementara di onkan coba pantau B+, berubah apa nggak?

YanZ mengatakan...

wah mesti ganti layar/panel. notabene ganti layar seharga 80% harga tvnya

YanZ mengatakan...

kalo bergaris seluruh layar, bisa jd tegangan screen FBT over, atau malah ada salag satu catoda RGB yg bermasalah.
tp gambar siaran/orang ada gagk?

Anonim mengatakan...

Mohon petunjuk..double din mobil layar touchscreen kelihatan samar tertutup blank warna putih..kira2 apanya ya pak? terimakasih

YanZ mengatakan...

bisa jadi, kabel flexibel rada putus...

Asep Jaya mengatakan...

Malem mas knapa di tv led sharp aquos '32' pertamanya mati sendiri trus besok nya pas dinyalain malah ada garis horizontal cuma satu garis ...kira2 knapa itu mas?

EDY SYAHPUTRA mengatakan...

selamat sore mas, mau tanya, saya punya TV LCD Samsung type LA32C450E1 ada garis-garis putih horizontal di layar atas. pada waktu pertama hidup garisnya halus transparan setelah lama jadi putih penuh semi transparan (tulisan stasiun TVnya msh kebaca), lebarnya sekitar 5 cm. kira2 komponen apa ya yg harus diganti? tks ada infonya....

YanZ mengatakan...

wah, kalo mash garansi, bawa cepat ke SC LG, takut layar/PAnel yg rusak..

YanZ mengatakan...

suaranya Normal/mash ada gagk?

lian frare mengatakan...

mat pagi pa, saya punya tv sharp alexander slim 2 rusak nya hampir sama dengan gambar bag paling atas, tapi punya saya gambar nya mengecil dari bag atas ke bawah, awalnya bergaris juga, ic vertikal LA 78041 elco 47/25v dioda in 1004, suda saya ganti semua dengan yg baru waktu dihidupkan gambar nya tetap saja tidak ada perubahan,,,, mohon bimbingannya pa,, makasi,

YanZ mengatakan...

maaf gan, sy tidak mengerti penjelasannya, lebih mudah dgn kirim/share gambarnya, coba ganti elco2 di vertical..

Asep Jaya mengatakan...

Suara ma gambar masih normal pak...cuma itu da garis horizontal di tengah layarr

lian frare mengatakan...

ia makasi pa nanati saya share gambarnya,, elco2 bagian vertikal nya suda saya ganti semu juga tapi hasilnya tetap,, makasi

sonny febriyanto mengatakan...

thanks mas, sy brusan bnerin tv drmah, udah slse ane ganti smw elco vertical, cm modal 6000, siip lagi hilang garis2nya.....

YanZ mengatakan...

ok deh mas..

javanese culture mengatakan...

Saya punya tv LED 32"...baru 1 thn koq muncul garis hitam horisontal pada 1/3 bagian bawah. Kira2 apa ya mas? Apa ini gejala kerusakan parah? Terima kasih
Edy-Depok

YanZ mengatakan...

wahwah...
Panel/layar mas,, kayak hp gitu...

edi bagus s mengatakan...

klu yg merk polytron pak gimana caranya?

Asep Jaya mengatakan...

Kira kira apanya mass??

Duo Ahmad mengatakan...

Bisa bantu buat Mastah@ yang paham masalah Per-televisian...
bgini Gan...ana Pnya 32" LCD TV POLYTRON Type PLM 32M11W...keluhannye, ga tau knape tiba2 ntu layarnye jadi setengah, bagian atas normal, bagian bawah garis2...kondisi garansi masih ada, cumaaaa...ntu kartu garansi ga tau kmane, dah d'cari2 ga ketemu jg...klaim ke SC, tetap mereka minta kartu garansi dan faktur pembelian...pucing...pucing ne kelapa ( upss...kepala )...mane kalo ga ada kartu garansi dikenain beaya guede bangeeeeet...2.6jt gan....itu ktnye buat penggantian layar LCD + Power suplai, versi tuh teknisi...jajaran ntu teknisi...logikanye klo ganti PS kondisi unit ntukan matot...ini nyala knape mesti ganti PS sgala...madekipe ntu teknisi....pleaseeee gan yang paham mohon dibantu, kira2 komponen apa yang harus d'ganti misal : elco-kah, transistor-kah, ic-kah...pleaseee help me...manyun ane ga ada hiburan gan.....hiks...hiks...hiks....
screen shoot keluhannye kaya dibawah neh gan :
http://3.bp.blogspot.com/-JCNTrfCvUNc/UJN7JPPbeQI/AAAAAAAABZI/WOymLSmiNNI/s1600/sharp+alexander+slim+ii+bergaris.jpg

YanZ mengatakan...

kalo seperti contoh diatas, beda tv crt/tabung, beda LCD/LED..
**Kalo crt gag bakalan ganti Panel/Layar... kecuali di pecagi pake palu-palu ;p. yg rusak cuman kompone2 kecil...
**kalo tv LCD/LED ringan kalo diangkat , buerat kalo rusaknya hehehe.
yg pasti layar/panel rusak ckckck, nota bene ganti layar=80% harga tv-nya.
kalo modul power kayaknya dih enggk, soalnya tv khan nyalah...

Duo Ahmad mengatakan...

Waduuuh...apa seberat itu Gan vonis untuk jenis TV LCD/LED ?...solusi u/mengurangi beaya service/penggantian part yang baik-nya bagaimana y Gan ?....barangkali ada jalan tikus...cuiit..ciit..cit...hehehee..." sungguh berat nasib-mu TV, apakah aku harus menduakan dirimu dengan cara beli yang lain...hiks...hiks...hiks ( meratapi nasib )...oke lah mas bro...makasih atas info-nya...mudah2an bisa menjadi manfaat yang baik...sukses Mas Bro !

fathur arif mengatakan...

maaf mas mau tanya saya puna tv Thosiba regza type 32CV700E, masalahnya begini tv nyala semua tapi gambar menjadi dobel / ada bayayangan semacan antena tidak tepat, tp saya rubah ke saluaran HDMI dan juga AV gambar masih tetap dobel, kl warna serta gambarnya sih bagus suara juga normal, tapi ya itu tadi msalahnya gambar dobel kira kira itu rusaknya dimana di panel apa di modul/mesin, atau ada pada power saplinya. mohon saran dan solusinya kira kira rusaknya dimana? trimakasih sebelumnya?

YanZ mengatakan...

gambar doble akibat rusaknya t-Con PCB, (TimingControl)
kebanyakan LCD/PAnel itu paten/terpasang utuh dengan Panel, jadi mestiganti PAnelFull hehe

rachmadwidodo mengatakan...

Maaf,tv ane led sharp aquos 32" ada problem sedikit.Masih nyala dan suara normal. Gambar masih bagus cuma ada garis2 hitam vertikal di sebelah kanan dan sedikit di sebelah kiri. Apa IC horizontalnya atau elconya juga aus/kering ya? tolong solusinya Gan. makasih

rxlius mengatakan...

mas klo monitor led mirip seperti masalah diats muncul garis2 putih vertikal berkedip awalnya 1 lama2 jd bnyak dan jd garis hitam, kira2 bisa di perbaiki?

Segaff Habsyi mengatakan...

Ada layar LCD nya tv sharp aquos 32 inch ?
Klu ada brp ya ?
Soalnya tv saya layar nya pecah

YanZ mengatakan...

biasanya 80% dari hrga tv itu saat baru dibeli..

wahyu ciptaningsih mengatakan...

Pak klo TV saya sony led 32" gambar garis pelangi vertical, kmrn hbs di lap pake air am anak saya. Msh bs dibenerin APA hrs ganti APA gitu pak. Mks

Anonim mengatakan...

artikel yg sangat bagus mas

Ferry Riandi Agustian mengatakan...

Saya mau tanya mas.. saya punya tv samsung led 32" ..pada saat tv baru di hidup kan gambar normal seperti biasa,tetapi beberpa menit kemudian warna gambar berubah menjadi ke Ungu an..klau tv kita matikan lagi warna gambar kembali normal tetpi beberpa menit kemudian warna berubah menjdi ke ungu an lagi..mohon solusi nya mas... sebelum nya saya ucpkan trima kasih..

Anonim mengatakan...

salam kenal Mas..saya punya tv LED AQUOS SHARP, yg problemnya jika di hidupkan tv masih normal, tak lama kemudian layar bergari mendatar dari bawa ke atas sampai layar menjadi gelap(gambar tertutup).Mohon tolong solusinya. sebelumnya trimakasih.

ardian-fredy mengatakan...

Pak mo tanya jga nih, bwt info dan referensi.. TV LCD Sony klv32bx35a, kondisi sekarang TV bisa nyala dengan normal dan layar tidak bergaris namun cuman Warna dominan ungu terkadang hijau.

Kerusakannya apa dan kalau mengganti komponen kira2 habis berapa ?

Saya tunggu infonya pak, terimakasih.

Anonim mengatakan...

Mohon bantuannya pak TV SHARP 32 Inchi layar datar tiba2 gambarnya hilang atau tidak bisa menangkap siaran, raster ada dan suara normal, kira2 masalahnya dimana apakah di tuner atau dimana.. thanks atas bantuannya

Dwi Aja mengatakan...

Bos mohon batuanya aq puya tv toshiba 29 layar bawah engak penuh terus yg atas bergaris2 vertikal bos apaya itu bos ic vrtikal la7833

Mariyatun Muchson mengatakan...

Salam kenal Pak, Saya juga mengalami kendala seperti yang lain, TV LCD TCL layarnya garis2 horisontal hampir rata, ada bulatan hitam awalnya kecil lalu semakin lebar dan bertambah, sekarang selain layarnya bergaris2 horisontal juga ada bulatan hitam yang semakin melebar, waktu itu tv dipukul2 anak saya.Yang ingin saya tanyakan apakah masih bisa diperbaiki? kalau bisa kerusakannya dibagian apa ya pak? Terima kasih

Anthoni Marton SS mengatakan...

Gan kasus kerusakan yang sama dengan yang dibahas pada artikel ini pada LCD TV 32 Sony Bravia BX311 punyaku solusinya gemana?

Dwi Nurjanah Dwi mengatakan...

Bang boleh nanya tak..?? Ini saya ada tv aleksander slim 29 inc gejala agak gelap n kemerahan.. mungkin kah elco yang 160v 3300uf yang kering.. maklum baru pemula.. tlng pencerahan nya.. sblum nya trimakasih :)

putra anwar setiawan mengatakan...

Pak saya ada tv lcd sony bravia 32BX35A kerusakan gambar dobel
kira kira blok mna ya pak yg harus sya oprek...
mhon penjelasanya pak trimakasih