10/10/11

tv Golstar 14 inc lama baru bisa hidup


TV Goldstar 14 Inc

Pernah Menjumpai kerusakan tv yg lama baru bisa hidup normal setelah beberapa waktu di matikan???. artinya  tv itu baru bs berjalan normal setelah di hidupkan beberapa menit bahkan berjam-jam baru bisa on/hidup. Sebelumnya lampu power akan nyalah Terang->Gelap begitu seterusnya sampai dia bisa nyalah normal.
Kebetulan saya alami setelah di suruh tetangga di tempat tinggal yg lama. yg kebetulan sy lg silahturahmi karna lama tidak kesana jalan-jalan.
Secara Teori dan pengalaman sih kerusakan tv jikalao panas baru bagus di sebabkan oleh komponan ELCO yg sdh turun pasitas kerjanya. atao malah solderan yang sdh tidak nyambung dengan baik.

Kebetulan tv ini jenis Goldstar lama kalo gag salah itu tv keluaran tahun 1992an. maaf kalo salah ya.
type/model tv lupa nyatet hehe. pokoknya ciri cirinya di power supply pake IC STR F6654
setlah saya ukur pake AVO meter.   di B+ hanya ada tegangan antara 70-90Volt itu pun naik turun. curiga elco di B+ yg nilainya 160V220uf, diganti eee sama...  curiga juga elco di bagian powersupply primier dgn kode part C802 nilai 50V47uf >> diganti hasil sama. curiga lagi elco sebelahnya dgn kode part C801 dgn nilai 35v220uf eh langsung makcling/ nyalah terang lampu standbynya!!!!! aneh. padahal secara fisik itu elco 801 lebih bagus dari yg 802.... 
nah Kesimpulannya jgn pernah ter kecoh sama fisik elconya, Fungsi elco 35v220uf itu ada perata tegangan control umpan balik untuk str f6554 yg dihasilkan dari trafo choopernya.
Sekian smoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: