26/03/12

Flyback Multi untuk TV 29 Inc

(hasil browsing yg beranfaat dari : http://marommuhammad.blogspot.com/search/label/Flyback%20Multy)


Susah mencari flyback asli?? sekarang tidak usah bingung, kita bisa menggunakan flyback lain yang typenya berbeda tapi pin outnya sama, contohnya lihat disini...


Kini Sudah Canggih, Apapun sudah ada yg buatin. untuk rangkaian TV sudah banyak yg dibuat permodul. Jadi kita kalao butuh sisa mencangkoknya. Misal Regulator yg bermasalah dan tidak bisa diperbaikin, kita bisa mencangkok AC MAtic-nya, malah yg terbarunya lebih simpel yakni menggunakan kit gacun yg cuan menyabung 3 atau 2 kabel saja (hebat kan...), dulu sy pernah juga  mendapat kit modul croma tv, tapi sepertinya kurang laku dan malah menghilang, untuk Yoke Defleksi jika sangat tdak mendukung Nilai ohm  Horizontalnya bisa dengan menabahkan Trafo, yang lain ada remote multi, nah yg baru saya dapat    adalah FLAYBACK MULTI.
 
Untuk Tv 14 sampai 21 inch kita bisa menganti dengan flyback type lain bilamana kita tidak mendapat flyback aslinya atau persamaannya.
Sebut saja Flyback 154 - 177B. Flyback ini sangat bisa sekali digunakan walau dengan memotong dan merubah jalur pada board, saya sering mengunakan apabila kesulitan mencari flyback asli dan persamaannya tentunya atas persetujuan yang punya tv.

Contohnya pernah menerapkannya pada TV KONKA, LG pearlblack 21", TCL flat, Aiwa, Sharp dll dan hasilnyapun sangat memuaskan dan tidak pernah ada komplain.
Itu semua untuk tv 14 sampai 21 inch.

Bagaimana dengan TV 29 inch yang nota bene dibutuhkan flyback yang mampu menghidupkan layar sebesar itu.
Disni saya bukan menyarankan tapi hanya berbagi setelah mencoba menggunakan flyback multy / universal seperti pada gambar dibawah ini.


Kalo diperhatikan dari pin outnya flyback ini sangat lengkap, tinggal kita yang mengaturnya sesuai dgn pin out flyback yang mau kita ganti.
Untuk mengatasi kelebaran gambar kita bisa memindahkan Pin Colector dengan tiga pilihan tap:
  1. 110V
  2. 130V
  3. 140V
Apabila kita memasang pada 110v dan tampilan pada layar kurang melebar kiri kanan maka kita bisa memindah ke tap 130v atau 140v.
Dan bila ada kekurangan atau kelebaran cuma 1 cm kita bisa merubahnya melalui service Mode atau merubah secara manual / atur trimpot hor width.

NB:Untuk tv yang menggunakan INNER bisa menyambungkan ke pin 15v atau buat lilitan baru sebanyak 12 putaran pada ferrite flyback.
Semoga  bermanfaat.

27 komentar:

deddy irawan-surabaya mengatakan...

hallo Pak YanZ,
saya punya masalah flyback dan transistor utk tv sony 27 in trinitron buil up type KX-27PS1.
Apakah Flyback universal tersebut bisa diaplikasikan ke tv saya tersebut? dan dimana saya bisa mendapatkannya apabila memang bisa diaplikasikan?
Mohon sarannya pak,Terimakasih

YanZ mengatakan...

slamat siang mas deddy. mksh dah mampir di blog saya.
untuk FBT bisa coba beli di Toko Elektronik yg besar2 n lengkap. saya tidak tahu pasti dengan nomer FBT yg bapak pakai, apa keluarannya 3 kabel ( anoda, Screen , focus) seperti kebanyakan FBT punya SOny dia cuman memakai 2 kabel, jd tegangan screen diambil dari tegangan Focus. kalao memang begitu, kabel screen FBT universal itu gag usah dipakai. karna tegangan hanya sekitar 400v maksimal. sedangkan CRT sony minta 500an volt keatas.
Sebagai catatn, PIN FBT sony biasanya sama, cuman nomernya saja yg beda. lantaran beda tahun keluaran. selamat mencoba. thx

agus gowes mengatakan...

Slm kenal pak yan, sy punya mesin tv china 29 in playbacknya yg rusak dan playbacknya susah di cari di tempat sy, sulusinya type ap pakai pengganya thanks

YanZ mengatakan...

mas.. bs kasi susunan pinnya....
kemarin aku dapet servisan AKIRA 29 inc. susunan kakinya persis BSC25-T1010A.
ini nomernya:JF0101-85996...

Anonim mengatakan...

Salam kenal..........
Bos saya br belajar service TV, kemarin TV sony punya sodara rusak mati total tidak ada gambar dan suara, Seri TVnya Sony KV5176P.
Kalo ditekan tombol power TV lampu indikator akan nyala merah sebentar terus mati lagi.
Saya cek TR hors short, sudah tak ganti yang baru tetapi masih tetap seperti itu....saya bingung.
Kira-kira apanya lagi yang rusak ya Bos....?

Thank ya...

LAvia

YanZ mengatakan...

maksdnya TR baru Jebollagi???
jika tdk jebol, kemungkinn Resistor/Fuse B+ ke Flyback Putus. coma cek, resistornya biasa 2watt 1ohm

sigit riyanto mengatakan...

lam kenal juragan,aku ada tv merk philips 21PT3822/68R,Fbnya retak,da dicoba tambal ga brasil.sayng skli tpynya dah kehapuss, ada penggantinya ga ya???? trims

Anonim mengatakan...

lam kenal bos,sy punya tv cina 21,yg mesin nya z yg rusak,kebetulan saya punya mesin tv sharp 14 yg masih bagus.bisa ga di tuker mesin nya..dan bagaimana cara nya..?

YanZ mengatakan...

susah nyarinya bang.
Solusi ganti Mesin ckckck

YanZ mengatakan...

kalo mesin Cina bisa 14-21". dia universal,
Kalo Mesin sharp 14 in mau di pasang di 21gag bisa, soalnya mesti banyak ganti di bagian Horizontal seperti FlyBack, Tr Hor, Trafi Driver, juga Trafo Powersulpy(Chopper)..

Anonim mengatakan...

Gan kalau untuk tv 29" LG suroun sound cocok 'nggak?

andikmujiono bonek mengatakan...

Bagaimana jika inner pada pin flyback tv lg 29" tak dipasang? Dan berapa volt tegangannya? Trimakasih senior

YanZ mengatakan...

apanya yg cuocok mas?

YanZ mengatakan...

inner biasanya dipakai pada model Slim, digunakan pada umpan balik Yoke H- ke ground

arif mengatakan...

Gan, says cari pin flyback jf0501-38536. Ada yg bisa bantu? Ttims

YanZ mengatakan...

saya dapat referensi bahwa JF0501-38636 sama dengan FA147WJZZ biasa di pakai tv Sharp,

janker boejank mengatakan...

mas, arti dari pin inner apa ya? Saya pemula. thank,s

Chairul Latief mengatakan...

Mas kalo mesin tv 21 dipasang ke tabung 29 bsa ga ya? Dan kalo bsa apa epek nya? Mohon bantuan nya.
Terimakasih

arif isnaini mengatakan...

Gan playback tv sharp alexander slim 21" FA142WJZZ ad jual ngga atw persamaannya..mksh

arif isnaini mengatakan...

Gan playback tv sharp alexander slim 21" FA142WJZZ ad jual ngga atw persamaannya..mksh

anak TAV 3 --2008 mengatakan...

maaf gan mohon pencerahannya...tv sony trinitron kv xr29m50 lampu led kedip 2 x di cek tr horisontal jebol..di ganti tetep gak nyala..setelah di cek r 1ohm 2 watt B+ putus...apakah flyback yang short soalnya belum di coba di ganti Rnya takur tr nya jebol lagi (mahal 50 ribu yang ori sony)...soalnya ngubek " nyari flybacknya gak ada...oh ya cara ngecek fly back short gimana ya? maap kepanjangan nue bi soalnya makasih gan untuk jawabnnya...mohon di email ke anasenkei@gmail.com

Mohammad Dimas mengatakan...

mas Yanz salam kenal,mohon solosinya mas yanz tv sharp 29 in fbt rusak saya cari penggantinya di toko gak ada yang cocok. fbt apa yng cocok untuk tv sharp 29 in ya?

Mohammad Dimas mengatakan...

mas Yanz salam kenal,mohon solosinya mas yanz tv sharp 29 in fbt rusak saya cari penggantinya di toko gak ada yang cocok. fbt apa yng cocok untuk tv sharp 29 in ya?

Unknown mengatakan...

Ada g flyback sharp 29 inch nomor seri jf0501_38501

Syam Suddin mengatakan...

Ada g flyback sharp 29 inch nomor seri jf0501_38501

Anonim mengatakan...

Nomor seri flyback tv philips 29 inchi model 29pt5005/69 brp ya?

aldyan yan mengatakan...

Gan sy mau tanya kalau tv tabung merk philips 29inc regulator apa gan soalnya sudah di ambil sama tukan service tidak dipasang lg str apa gan lobang kakinya ada lima... makasih sebelunya