03/08/12

Modulator Demodulator Fiber Optic

Perkembangan Dunia Teknologi Informasi saat ini sangat pesat, di bidang transmisi data juga di butuhkan transfer bandwidht data yang sangat besar juga.
Dahulu kita mengenal pengiriman data jarak jauh menggunakan Microwave, atau via Satelit atau juga menggunakan kabel kawat tembaga. Namun kecepatan tranfer data melewati perangkat2 diatas itu belum maksimal, sehingga para ahli terus mencari media lain. hingga saatnya di temukan media Fiber optic atau serat kaca. Kecepatan tranfer datanya seperti kecepatan cahaya mata hari.
Untuk Proses pengiriman data, data digital yang berupa 0 dan 1 di rubah dalam model cahaya. itu untuk sumber data yang akan di kirim, sehingga disini diperlukan alat Encoder, nah pada bagian penerimaan data di perlukan kembali alat Decoder  yang merubah data model cahaya menjadi data digital 0 dan 1.
Berikut saya tampilkan sebuah perangkat yang kebetulan saya gunakan sebagai Encoder / Decoder (RX/TX) atau yang lebih dikenal dengan nama RAISECOM untuk pengiriman data audio video dengat Format MPEG2 dengan jarak 30KM.


Pada perangkat Raisecom ini kita sisa menyambungkan 2 buah serat optik yang di pasang pada soket RX dan TX.
Pada perangkat ini menggunakan input RJ45, jadi data audio video sebelum dikirim melalui alat ini harus di ENCODER dahulu menggunakan perangkat lain sehingga menghasilkan data IP, begitu juga pada tujuan menggunakan Perangkat Decoder yang merubah data IP menjadi digital video atau Analog.
Untuk perangkat decoder dan encoder tersedia  berbagai merek, tetapi biasanya makin mahal alat itu maka hasil kwalitasnya makin baik. yang jelas rata2 di buat di eropa.
Sekian  sedikit Ulasan tentang Fiber Optic.

Tidak ada komentar: