06/10/12

Cara Memperbaiki TV AKARI Slim Mati Total

Gambar disamping adalah chassis dari TV Akari Slim DenganModel IC-2088ALR.
Chassis tv ini di Nahkodai oleh IC Tunggal dengan Seri OM3877-B-70AG.
 Saya sudah beberapa kali mendapatkanTV jenis / seri ini mengalami kasus yg sama, yakni mati total tapi Regulator Masih bekerja dengan bagus.
Tetapi untuk tv ini khusus sekali, LED powernya Pun tidak Nyalah walo Power Normal. Gejalanya mirip dengan TV lain yang mana IC Programnya Rusak. tapi untuk tv ini meski anda sudah ganti IC Program dan Memorynya gag bakalan ada perubahan ckckckkckc. Saya Pun Mendapat solusinya dengan Tidak Sengaja, kala itu dapat servisan tv yg model sama, tapi dengan kerusakan lain. Pas lagi Uji coba setelah melepas elco 2,2UF/160v di bagian Defleksi -H ntah mengapa membuat IC verticalnya Jebol/pecah. Ceah Aneh, pikirku apa hubungannya.... Karna Sudah Tengah mlm persediaan IC vertical tipe itu sdh tidakpunya. yakni jenis LA78045 menggunakan supplay + - 16volt, kebetulan sy ingat, sy punya chasis seperti itu, bekas ganti mesin tv seperti itu lantaran gag ketmu2 penyebab matotnya. Tidak dijual juga IC Prgramnya.
Akhirnya sy copot IC verticalnya, dah setelah sy pasang, nah tau gag apa yg terjadi??? Malah TVnya Ikutan Matot/Adem dia, tanpa ada suraga gemerisik sama sekali, jd heran dech. saya ingat kembali barusan abis pasang ic vertical bekas Chasis lama, akhirnya saya buka kembali itu IC, sy tes tanpa IC vertical, mesin star kembali, Anehkan, ??
Padahal Chasis tv lain walopun menggunakan Protek dari vertical, pasti sempat star walo cuman sesaat.
Mungkinkan Rusaknya itu IC vertical lansgsung memprotek itu ic OM3877, karena Pada ic vertical itu dipasangkan mika, sehingga tidak langsung nempel pada Heatsink vertical.
Ada pengalamanlain juga, dimana jika ic verticalnya menggunakan 2 supply yakni + dan -,
Jika rusak tidah menghasilkan raster 1 garis kecil, namun menghasilkan raster warna warni dan pudar hampir full layar.
Sekian . smoga dapat bermanfaat.







1 komentar:

bambang teja kusuma mengatakan...

Om, Sy cuma mau nanya dengan tipe IC program tv akira slim dengan model IC-21SL98WO, soalnya pada saat mau memperbaiki IC tersebut tidak ada,
Mohon di bantu ya om...