31/10/12

Skema Remote Control

  
Remote adalah Sebuah Perangkat elektronik yang berfungsi mengendalikan perangkat lain pasangannya sesuai Frekuensi dan kode yang saling di mengerti antar perangkat tersebut dari Jarah jauh.
 
Sebuah remote control saat ini  paling sering di gunakan untuk Control Pesawat Televisi, Pemutar DVD, AC, Receiver Parabola, dan Sistem Home Theater.

Pada awalnya Remote digunakan untuk mengoperasikan Perangkat Televisi secara nirkabel dari jarak lurus dan line-of-sight. Remote control telah terus-menerus berkembang dan maju dalam beberapa tahun terakhir untuk menyertakan konektivitas Bluetooth, kemampuan sensor gerak diaktifkan dan kontrol suara.

Teknologi utama yang digunakan dalam kontrol rumah remote inframerah (IR). Sinyal antara handset remote control dan perangkat itu mengendalikan adalah pulsa inframerah, yang tak terlihat oleh mata manusia. Pemancar dalam handset remote control mengirimkan sebuah pulsa cahaya inframerah ketika tombol ditekan pada handset. Sebuah pemancar sering light emitting diode (LED) yang dibangun ke ujung menunjuk dari handset remote control. Pulsa cahaya inframerah merupakan kode biner yang sesuai dengan perintah tertentu, seperti (power on). Penerima melewati kode untuk mikroprosesor, yang decode itu dan melaksanakan perintah. [3]


Umumnya, kontrol remote Consumer IR perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan perintah dari jarak ke televisi atau elektronik konsumen lainnya seperti sistem stereo, pemutar DVD dan dimmer. Remote kontrol untuk perangkat ini biasanya kecil benda genggam nirkabel dengan berbagai tombol untuk menyesuaikan berbagai pengaturan seperti saluran televisi, nomor trek, dan volume. Bahkan, untuk sebagian besar perangkat modern dengan jenis control, remote berisi semua fungsi kontrol sedangkan perangkat terkontrol itu sendiri hanya memiliki beberapa kontrol primer penting. Sebagian besar remote berkomunikasi dengan perangkat masing-masing melalui sinyal inframerah dan beberapa melalui sinyal radio. Sebelumnya kontrol terpencil di tahun 1970-an digunakan nada ultrasonik. Televisi IR sinyal dapat menirukan oleh remote universal, yang mampu meniru fungsi yang paling kontrol televisi merek besar jarak jauh.


Berikut saya suguhkan Skema remote, kebetulan ini punyanya TV Cina.  Bisa dijadikan Acuan untuk remote lain.

 
 NAh Selain Jenis Remote diatas, Ada juga Istilah Remote untuk Dunia Teknologi Informasi, misalnya Komputer Server yang ada diLuar kota Bisa Diremote dari Kantor Pusat Pengendali, Misalnya ada suatu Trouble, maka komputer itu bisa di ReStar dari jarak Jauh istilah ini Biasa di sebut Remote Desktop. Kira-kira Menurut anda Perangkat semacam apa yang dipakai jika di remore Televisi menggunakan Sinar InfraMerah??
Perangkat yang di butuhkan hanya LAN/ Jaringan yang terkoneksi dengan komputer yang akan di remote, mereka saling mengenal dengan cara mengetahui masing-masing IP Address.
Lebih Jauh dari itu, kini perangkat Broadcast juga  bisa Diremote, anda bisa lihat dengan adanya Soket RJ45 pada perangakt tersebut, Sebagai Contoh UPS yg memiliki daya 20KV keatas, Exitter pada Tranmitter, Juga Perangkat Encoder dan Decoder.

Nah pada dunia Komputer, Modem juga bisa diremote, perangkat Akses Point / Wifi juga bisa di remote dari jarak Jauh.

Lalu Bagaimana di dunia Kelistrikan?? Anda Biasa Mengalami padam Listrik atau Pemadaman Bergilir?? Nah bagaimana proses pemadamannya? apakah petugas PLN langsung Turun ke Lapangan untuk memutuskan aliran untuk wilayah tertentu?
NAh ini jaman Sudah canggih Kawan, Mereka petugas PLN sisa ngontrol saja di Ruang Control Sistem, Di komputer sistem sana sudah ada Skema titik-titik sambungan Aliran Listrik untuk setiap wilayah tertentu, Nah Jika mereka akan Memutuskan Alirannya Sisa mengklik ( jadi OFF) pada titik aliran wilayah yag akan di padamkan alirannya. 
Jadi Proses ini juga namanya Remote.  Printah OFF ini akan di pancarkan melalui Antena Control berupa sinyal RF, lalu Diterima oleh Perangkat yang ada di titik-titik sambungan aliran listrik biasanya 1 tempat bersama Gardu Lintrik penurun tegangan menjadi 220v. 
Anda coba buktikan sendiri, jika ada Gardu PLN trus ada juga semacam Antena HP untuk daerah yang dipakai mereka yang jauh dari Jangkauan BTS, Nah itulah perangkat remotenya.

Sekian dahulu, Semoga Bermanfaat.

sumber: dari berbagai sumber; wikipedia/eng.

2 komentar:

yudha mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai remote control, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2651/1/Kommit2000_Elektro_009.pdf

YanZ mengatakan...

ok Thx atas sharingnya..