19/11/12

DVD Mati Total

Pernahkah anda mengalami DVD Player Kesayangan anda tiba-tiba Mati Total? padahal hari kemarin baik-baik saja?? atau mati total setelah anda memindahkannya ke tempat lain?? Nah itu Sering terjadi. Berikut ini saya memposting penyebab DVD Player Mati total yang dari akibat kesalahan anda memasang kabel-kabel audio videonya-nya.

Nah sesuai pengalaman saya, banyak DVD Player mati total karena kesalahan pengguna, kesalahan saat memasang kabel-kabelnya misal dari DVD player ke Speaker aktif. knp bisa??? tapi itu kenyataan, malah saya pernah dapat, DVD baru beli sekitar 2 minggu mati total karna salah pasang kabel ke speaker aktif.
DIbawah ini menujukkan gambar Speaker aktif dan Pin input output yg ada di belakangnya.

Nah seperti gambar diatas saya gambarkan dengan jelas Output RCA pada speaker aktif yang mana input dan yang mana output.
RCA berwarna merah dan putih merupakan Input, yang warna kuning merupakan Output Powernya ke speaker 2 speaker Pasif. 
Warnanya memang kuning, identik dengan Jalur Video, nah jika kabel video output di DVD Player anda di pasangkan ke RCA kuning Speaker ini dan speaker dalam keadaan ON, MAKA Rusaklah MPEG DVDnya. Anda pasti tau pada RCA output itu ada Power output untuk speaker. nah power itu akan menyebabkan koslet IC Dekoder DVDnya, dah hal hasil DVD anda jadi MATOT, cuman lampu Power saja yang menyalah.
Jadi pesan saya, CAMKANitu,perhatikan baik-baik saat anda menyambung kabel-kabel yang ada, jangan pasang kabel powernya dulu ke colokan listrik sebelum anda yakin sudah benar.
Kesalahan 1 detik berakibat FATAL, istilahnya Alon-alon asal KELAKON....

MPEG DVD.
GAmbar diatas adalah sebuah MPEG DVD yang menggunakan IC Dekoder jenis MT1389, jenis ini banyak sekali dipasaran saat ini, terlebih lagi DVD Merek Cina.

Selain penyebab kesalahan User, ada juga kurusakan karena bukan kesalahan user seperti berikut:
* Mati total, tanpa ada lampu power menyalah, kerusakan di sebabkan Blok Powersupply mati, mungkin karena Spaning yang tiba2 naik, ataupas anda tekan power tiba2 rangkiannya berjalan tidak normal sehingga IC regulatornya jd jebol, ini di tandai dengan putusnya sekring, Jika anda pintar memperbaiki, silahkan perbaiki sendiri, jika tidakmau repot, beli saja yg sudah jd, sisa modiv urutan outputnya, harga sekitar Rp.25ribu.. 
* Mati Total, tapi lampu Power Nyalah, ini kerusakan pada Blok MPEGnya baik Sorftware maupun Hardwarenya. Darimana bisa di ketahui? nah coba ukur dahulu Tegangan output Regulator Power supplynya, untuk DVD cina, ada 5Volt untuk IC decoder, Driver Motor dan memory , juga ada -12volt dan +12volt untuk IC PreAm Audio (4558),   Untuk DVD jepang/korea, ada tegangan 3,3volt untuk Decodernya. Nah jika semua ada brrti kerusakan pada MPEG.
Kini sudah ada MPEG DVD di jual, harga sekitar Rp.80ribu, sisa sesuaikan LCDnya, Remote, Opticnya.
tapi hati2.. saya beberapa kali membeli yg tidak 100% nornal, rugi kan?? soalnya waktu beli gag di TES trus gag ada Garansi. macam BEli Kucing Dalam karung ckckckkc.
Sekian.


37 komentar:

werkudoro ireng mengatakan...

bos dvd 305 crystal ane mati total gak ada lampu nyala sama sekali tapi ane cek power suply nya ada tegangannya,,,kira kira dmn matinya ya?

YanZ mengatakan...

Stanarnya regulator DVD mengeluarkan tegangan 5v, 12v dan -12v untuk dvd Cina. jika itu ada, berrti Modul MPEgnya yang MAti...
dan jika mau, skarang ada modul MPEG DVD dijual. harga 90rb-an. tp seting sendiri...

Ebiet Saputra mengatakan...

bos pnya sys dvd china daiken ..hnya lmpu powr nya aja yg nyala...apa msalh nya??? mohn bantuan...trma ksh.

YanZ mengatakan...

coba sambung ke tv. ada gambar logo DVD Playernya gaK? kalo gag ada beerti mpeg rusak.

lilieg mengatakan...

Selamat siang Om...numpang nanya nih DVD polytron ane mati total tdk ada lampu yg nyala, tp sy ukur di power suply arus yg lima dan dua belas volt ada kira kira apanya ya Om..maturnuwun

ardian syah mengatakan...

ambil bensin trus di bakar....nyala dah.

YanZ mengatakan...

mas ardian syah jgn dibakar donk..
Lilieg, kemungkinan Mpeg Rusak.

lilieg mengatakan...

Om Yan.... ternyata ada diode in..004 yg putus klo diganti yg 007 kira2 ada masalah kah?

YanZ mengatakan...

coba ajah. 4007 itu maksimal 600v, tapi bukan untuk FastDiode/penyearah dari Trafo Swichink.. akan kepanasan.

lilieg mengatakan...

Mantap öom...advis nya -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸ Thank You •̸Ϟ•̸-̶̶•
Oh ya Om klo yg mrk cina di TV muncul gambar logo DVD kayak normal aja…tp tombol g ada yg ber fungsi open/close tdk jalan dan display nyala mlotot aja muncul gambar pilihan dvd/vcd gambar ply kyak kondisi "HANG" tegangan 5 dan -12v normal optik gak nyala hnya gerak maju bentar aja jg motor disc muter kenceng tp sbentar trus diem gimana tuh Oom…

YanZ mengatakan...

ygjelas MPEG tak berfungsi sempurna..

Udhin Putra mengatakan...

DVD Polytron punya saya cuma bertahan 3 bulan, itu juga jarang dipakai. gejalanya nyetel DVD/CD baru 3 menit langsung nge hang dan gak bisa dimatiin lewat tombol power mesti dicabut dari colokan listriknya abis itu gak bisa dipakai lagi dicolokin gak mau nyala. aku udah 3 kali bolak-balik service karena masih garansi tapi percuma kayaknya gak dibenerin. gimana nih..punya solusi gak... (aa_elko@yahoo.com)

Anonim mengatakan...

om, saya punya dvd player skytron matiot. kemudian saya ganti ic s8550 2 bh. nyala tapi display kedip terus menerus dengan tulisan "LOAD".
kira-kira itu apanya yang rusak?
Leo 081317881569

YanZ mengatakan...

LOAD..
biasanya MPEG yg bermasalah...
tp coba cek Regulator stabil nggk?

Ai mengatakan...

pak saya salah pencet2 video vitron dvd 305. saya ke setup lalu video systemnya saya ubah tiba2 ga ada gambar pak. gmana cara atasinya pak?
semua masih berjalan cuma ga ada gambarnya aja.
trims

Whino Padang mengatakan...

gan saya punya dvd mati total gk ada nyala sma sekali. ku coba ganti elco jg gk maw. tp komponennya gk ada yg rusak sama sekali. kira2 apa ya keruaakannya. dvd polytron.tenks

YanZ mengatakan...

Whino ..
Maksdnya dalam Artian Matiatotal gimana?
Powersupply tdk bekerja?
atau PS ok tapi tidak bergeming?
*PowerSupplu kalo rusak diganti 1 modul.
*Jika semua Ok2 saja, bisa oleh FirmWare Korup akibat listrik..

Bagus Rahmad mengatakan...

gAN Saya punya dvd LG, saya salah colok lubang output video dengan output speaker.Dan tiba2 dvd saya mengeluarkan asap. ketika saya menyalakan dvd, dvd tidak menyala. Ada apa dengan dvd saya, mohon saran dan bantuan. Terima kasih.

Regards,
J.F.H

Sule Leopard mengatakan...

bang,dvd mati total. Sikring putus sudah saya ganti tapi putus lagi. Bagaimana solusinya?

dewa pemalu mengatakan...

maap gan ane mash baru di elektronik ini...n mau tanya bisa tampil kan dari jenis mpeg itu sprti apa gambar nya

Hawasi Risky mengatakan...

misi gan dvd saya merk ichiko klo pake kaset vcd,mp3 normal tapi klo pake kaset dvd ga bisa baca error itu knapa gan makasih

Giezants Irma mengatakan...

Mau tanya dvd merk Teac produk japan sy nyala normal tp suka tiba2 mati..trus ky gitu..kabel bagus g ada yg konslet..knp yea mas tolong d bantu

mhe cutez mengatakan...

Om sya pnya home teater merk LG klu dnyalain tiba" mati sndri
.itu msalah.a pa ya om
.power on/off nya ska lmah

jarot utoyo mengatakan...

Mohon petunjuk Pak, modul mpeg Bigband polytron saya kadang hidup kadang mati kenapa ya Pak, klu pas mati piringan DVD dan USB tidak bekerja/berputar.di display hanya tulisan loaading Rp piringan DVD tdk bergerak

Anonim mengatakan...

Saya punya dvd merk sony dvp-sr170 nah tiba tiba mati trs, saya hidupin tombol on off nya tapi gak ada respon. Trs saya copoy dri kontaknya trs saya hidupin lagi gak mau hidup sama lampu on off nya gak nyala. Jadi gimana?

Anonim mengatakan...

Tapi sya gak ngerti sama skli masalah kaya beginian

Irvie Annisyah mengatakan...

Om yanz sanya may nanya nine saya punya 2 DVD meek China trus kalo dinyalain gambarnya nga Ada klo suaranya Ada true klo yng satunya ntu power saplaynya nga visa nyala sama skali apakah komponen yg harus di ganti trmss..

Rony play mengatakan...

Bos. Saya. Punya. Dvd. Kristal. Klo di nyalain hidup. Mau. Muter. Tapi. Kaset. Nya. Muter. Sebentar. Doang. Udah. Gitu. Ga mau uter. Lagi kalo mau. Muter. Lagi. Harus. Di matiin dulu dari power. Op. An. Ny. Tpi. Muter nya. Cuman. Sebentar. Doang. Aku peegang emp nya panas. Padahal baru. Sebentar di nyalain. Kira kira apa nya. Ya. Bos

Unknown mengatakan...

Om lilieg.. kejadiannya sama kayak punya saya ... open closenya macam tak berfungsi .. opticknya cuma mundur doang dan ngak nyala ...

Unknown mengatakan...

BOS saya pnya dtib polytron tapi subwofer nya gak mau nyala kira kira apa ya boss yg masalah nya sudah saya cek tegangan nya ada tpi gk mau nyala boss mohon di bantu boss

Ronaldo Octavianto mengatakan...

BOS saya pnya dtib polytron tapi subwofer nya gak mau nyala kira kira apa ya boss yg masalah nya sudah saya cek tegangan nya ada tpi gk mau nyala boss mohon di bantu boss

Abdurrahman Sholeh mengatakan...

Salam kenal bos..mau nanya nich saya punya bigband polytron model bb3501 hanya tapil loading saja dilayar lcd nya,kalau saya putar casset mp3 semua judul lagu tampil ditv cuma gak bisa di play begitu juga kalau pakai flasdisc hanya tampil loading saja lampu flasdisc nyala kedip_kedip,saya sudah cek bagian mikanic seperti spindel dan switc udah oke bahkan optick udah diganti baru masih saja loading terus gak tampil tulisan no disc kalau caset disc dikeluarkan baru no disc,kira2 rusak bagian apanya bos empegnya atau eppromnya yg rusak mohon pencerahanya dan trimakasih sebelumnya,mohon maaf lahir batin.

sari mengatakan...

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d

Catur _CreativeProject mengatakan...

Maaf apa ad yang jualan block Mpeg DVD player...

sukaria karia mengatakan...

Bos ada jual block mpeg DVD sony home theater

herman syah mengatakan...

dimana saya bisa membeli mpeg dvd polytron ? kira2 harga nya berapa ya? mohon info

GAMER Ari mengatakan...

gak perlu repot2...200 udah dapat player baru cekakakaka