23/11/12

Penentuan Nilai KHL untuk mendapatkan UMK / UMP

Upah Minimum KOta ataupun Propinsi Di dapat dari Kebutuhan Hidup Layak Berdasar Kota Ataupun propinsi di dasar harga kebutuhan pokok di pasar-pasarnya, makanya Tiap kota ataupun Propinsi berbeda-beda.


Misalnya di Sulawesi Selatan di sepakati Upah minimum rata-rata sebsar 1,5 juta rupiah merupakan kesepakatan dari serikat buruh apindo sulsel dan pemerintah yang sebelumnya telah melakukan survei nilai kebutuhan pokok di sejumlah pasar di kota Makassar.
Upah minimum rata-rata sebesar 1,5 juta rupiah merupakan hasil perundingan yang melibatkan unsur pemerintah serikat buruh organisasi pengusaha perguruan tunggu dan pakar serta BPS yang kemudian menetapkan standar kebutuhan hidup layak.

Komponen kebutuhan hidup layak pekerja lajang
1.    Makanan dan minuman:
Beras, protein, kacang-kacangan, susu bubuk, gula pasir, minyak goreng, sayur dan buah, karbohidrat lain, teh kopi, bumbu-bumbuan,
Jumlah: 3000 kkal hari
2.    Sandang:
Celana, ikat pinggang, kemeja, kaos, pakaian dalam, sarung, sepatu, kaus kaki, pembersih sepatu, sandal, handuk, peralatan ibadah.
Jumlah: 50 potong tahun
3.    Perumahan:
Sewa kamar, tempat tidur, kasur dan bantal, seprai, meja dan kursi, lemari, sapu, alat makan, alat masak, gas elpiji, ember, lampu, air bersih, sabun mandi dan cuci, setrika, rak, cermin.
Jumlah: 45 item
4.    Pendidikan, kesehatan,transportasi, rekreasi, dan tabungan.

Komponen kebutuhan hidup layak untuk pekerja lajang sendiri dinilai dari makanan dan minuman dengan standar 3000 kalori per hari. Sandang termasuk perlengkapan ibadah sejumlah sekitar 50 potong per tahun. Sewa tempat tinggal dan perlengkapannya. Biaya pendidikan berupa alat tulis radio dan bacaan. Biaya kesehatan sehari-hari. Transportasi kerja biaya rekreasi serta tabungan sebesar 2% dari seluruh biaya.
Sebelumnya dilakukan survei kebutuhan di sejumlah toko dan pasar untuk menetapkan nilai kebutuhan dengan produk kualitas sedang.

Penentuan nilai KHLNilai kebutuhan sebulan = harga x jumlah item lama pemakaian (bulan)
Misalnya:
Kebutuhan semir sepatu perbulan
Harga semir = rp 6.000 buah
6.000 x (6 12) = 3.000 rupiah bulan
Jumlah kebutuhan hidup layak rata-rata = 1.360.401 rupiah bulan
Pertimbangan:
1.    Inflasi 6 %
2.    Peningkatan ekonomi masyarakat > 9%
3.    Rencana peningkatan tarif dasar listrik 2013 15%
UMK 2013 = 1.500.000 rupiah

Dengan penetapan jumlah kebutuhan hidup layak rata-rata sebesar 1.360.401 rupiah bulan dan mempertimbangkan inflasi peningkatan ekonomi serta rencana peningkatan tarif dasar listrik 2013 maka UMK 2013 ditetapkan sebesar 1.500.000 rupiah. Ama-usm-mkstv.

Tidak ada komentar: