06/11/12

Selamat Ulang Tahun yang ke-5 Android

Saya Mewakili Pribadi yang sebagai seorang bloger mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-5 tahun buat Android pada tanggal 5 November 2012 kemaren.
Pada Tanggal 5 November 2007 lalu, Android Resmi di rilis oleh Open Handset Alliance. Dan 5 November merupakan hari bersejarah bagi Industri Smartphone dan Tablet.
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.

OS Andriod beranjak dari bawah, kini meraksasa dengan jumlah pengguna mendekati angka 1 milyar. Sebuah capaian fantastis untuk sebuah OS Smartphone yang awalnya dianggap remeh oleh kompetitor lainnya.

Pada debutnya, android didukung oleh 2 operator besar telekomunikasi dunia yaitu NTT Docomo dan Sprint. Sementara untuk produsen ponsel yang bisa dibilang pionir untuk Smartphone Android adalah HTC dan Samsung.
OS Milik Open Handset Alliance pada awal mulanya hanya punya sebuah organisasi nirlaba yang banyak membidani lahirnya source code yang bersifat free untuk smartphone  akhirnya dibeli oleh Google.

Saat ini android diperkirakan punya lebih dari 54% pengguna di seluruh dunia. Dengan kerja keras Google sebagai pembesut android, serta mitra-mitra dari produsen smartphone dunia seperti Samsung, HTC, ZTE, Sony, Motorola, dan beberapa lainnya, membuat android kini makin sulit ditandingi.

Dimulai dari android versi 1.5 Cupcake dengan smartphone pertamanya yaitu HTC Dream, android memulai perjuangan dari bawah. Dan sampai saat ini sudah ada versi4.2 Jelly Bean yang memperlihatkan android terus berkembang, berevolusi dan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat modern yang membutuhkan smartphonedengan os yang handal.

source: blog.fastncheap.com.,http://id.wikipedia.org/wiki/Android_%28sistem_operasi%29

Tidak ada komentar: