18/06/13

Cara memperbaiki Laptop Axio Neon Mati Hidup


Postingan kali ini Cara memperbaiki Laptop Axio Neon Mati Hidup ..MAti..Hidup.... Berselang 5 Menit, disertai Bunyi Beep....

Lanjutan...

Sorry kelamaan ..
Nah Jika Laptopnya mau sampe dekstop Windows atau Linux baru restar lagi dan ada bunyi beep itu kemungkinan dan biasanya karena Over Heat / Kepanasan.
Loh Kok Bisa???
ini di akibatkn oleh Fan/Kipas Processor tidak jalan. Coba Buktikan dengan memasang Tangan anda pada lobang celah udara yg ada di samping Laptop anda..
jika mash normal, maka akan ada hembusan udara panas.

Jika Tidak, kemungkinan FAN/atau kipas  tidak berjalan. bisa karna Rusak, atau lepas soketnya atau terganjal...
Solusi, harus periksa/bongkar kipas, dengan membuka tutup Bawah Laptop.
Lihat gambar berikut:  Laptop Axio Neon yang lagi terbongkar.

Coba anda bersihkan FAn-nya dari Debu dan kotoran, sebelumnya lepas dari dudukannya,
Periksa putaran dengan memakai tangan, seharusnya tidak keras, bisa mengetesnya dengan menggunakan avometer pada skala 1x, Colokan merah AVO pada kabel hitan Fan, Colokan Hitan AVO pada Kabel Merah Fan, jika mash bagus, Fan akan berputar.
untuk mengetes masih ada aliran tegangan pada soket yg ada di mainbord Laptop, harus meng ON-kan Laptop lalu menggunakan AVOmeter Skala DC10V.
Colokan Hitam AVO pasang pada Besi Pendingin/Heatsink yg berfungsi sebagai Ground, lalu Colokan Merak AVO pada Pin Merah FAN yg sdh ter tancap. jika mash ok, akan ada tegangan +5V.
seperti gambar Berikut.

Notes: Hati-Hati. jangan Colok Sembarang pada Mainbord, bisa mengakibatkan Korslet, LAptop Tambah Rusak.

Pengalaman: Laptop Axio sering Lepas sendiri Soket Fan dari Dudukannya, sebelum anda bawa ke tukang servis dengan permasalahan diatas, coba periksa sendiri seperti cara diatas.

semoga Bermanfaat.




8 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat,, terimakasih :)

Rafli (Black) mengatakan...

makasih mas saya jadi tau kalo permasalahanya kipas tidak berputar terus kalo kipasnya gak muter ganti kipasnya apa gimana ?

YanZ mengatakan...

biasanya Fan Laptop di rancang tahan lama..
Coba di buka dahulu dari dudukannya, lalu bersihkan, namun sebelumnya buka baut kecil... saya pernah dapatkan partikel kecil semacam kerikil yg ada di area fan/kifas itu.
Jika terlanjur parah, terpaksa ganti fan dgn model yg sama persis. biasanya hanya ada di SC-nya saja..

FerNHA KillJoy mengatakan...

bang, kenapa ya leptop Axio pnya saya beep nya bunyi terus, terus nampak nya fan nya sempat kaga nyala tapi selang beberaapa saat nyala. terus kalo lagi asik2 main ehh tiba2 layar nya mati. nii kira2 yg bermasalah fan nya kan? terus saya sempat bongkar dan bersihkan sendiri fan nya gw... tapi tetep masi seperti sebelum nya, apa ini Fan nya udah rusak yakk bang?

YanZ mengatakan...

beep biasanya keybord sdh mulai lemah sehingga seperti tertekan terus.
FAN: jikao suhu dingin maka fan jalan pelan malahan mati,
Jika layar tiba2 mati n restar lagi, bisa saja lobang ventilasi fan tersumbat debu, secara pengalaman FAN laptop kuat, susah rusaknya

Angga Lana mengatakan...

Gan mau tanya untuk semua laptop atau notebook sama ya?
Kalau mati hidup sendiri itu dari FANnya?
Mohon pencerahannya

Laode Munawir mengatakan...

aku mau tanya untuk laptop axioo pico kalau laptopnya mati untuk 10 menit didahului bunyi beep beberapa kali, gimana solusinya?

Anonim mengatakan...

problem saya sama dengan yg di atas. axioo neon rne saya nyala 30mnt lalu bunyi beep trus mati. maslah nya dimana ya ? saya cek hw monitor temperatur nya cuma 50 derajat celsius