07/06/13

Mengatasi mesin cuci 2 tabung yang pengering tidak berputar

Nah postingan ini menbahas cara Mengatasi mesin cuci yang pengering tidak berputar khusunya jenis Mesin Cuci Manual atau 2 tabung.

Gambar diatas adalah Mesin Cuci 2 Tabung dengan Merek Sharp.
Motor Pengering tidak berputar menurut pengalaman saya lebih di sebabkan gangguan oleh daya listrik tidak sampai pada motor Pengering / Dryer.
Penyebabnya lebih banyak oleh karena kabel putus atau saklar pengaman rusak.
Jika anda berani memperbaiki sendiri, cobalah lakukan langkah berikut:
* Pertama Buka Kap atas mesin, seperti gambar diatas yg saya lingkari kuning, caranya harus melepas sekrup dahulu, pada sharp terdapat 4 baut, sanken 3 baut di bagian belakang saja.
* Setelah itu coba buka perlahan, memang agak keras, karena terdapat klem di sisi2nya.. congkellah perlahan.
Jika sudah terbuka, lihat secara seksama, apakah ada kabel putus, terutama dari Timer Pengering, lalu ke switch pengaman. 

Kebanyakan kabel ada yang putus terutama pas di lobang kabel menuju ke kap, itu akibat tikus, entah kenapa dia paling suka gigit kabel disana...
Mungkin kera lobang tidak pas pada badannya sehingga berniat memperluas lobang dengan menggigit apa pun di area situ.
Jika terdapat kabel putus, 1 atau banyak, coba sambungkan, sesuaikan dengan warna kabel dan skema biasa tertempel di bak belakang Mesin cuci.
Sekian salah satu tips mengatasi  mesin cuci 2 tabung yang pengering tidak berputar.
..



76 komentar:

Anonim mengatakan...

tanya mas..pengering ngk muter.. kabel ng ada yg putus.. cuma motor pengering ringan ketika d putar ke kiri/kanan tolong penjelasan nya makasih..

Anonim mengatakan...

mungkin capasitornya jebol mas, jk bagian atas tabung capasitornya sudah gak rata berarti sdh rusak.

YanZ mengatakan...

coba dahulu putar tanpa beban...

Anonim mengatakan...

saya dah sambung cable,,,, on mula2 dah okay.. lpas 2 tak okay balik..

military mengatakan...

sore mas yanz..mesin cuci sy merk sharp 2 tabung..saat tombol pengering diputar, menyala tp listrik langsung turun alias ngejegleg..sy sdh bongkar tidak ada yg putus kabel2nya..sy bingung dan mhn pencerahannya segera..trims

anamukmin amir mengatakan...

tanya mas, kalau mesin cuci lambat mutarnya apanya yang rusak merek toshiba dan yang kedua kalau mesin cuci sementara berputar ada berbunyi trek..trek...trek pada saat pencucian tapi kalau dicuci tanpa beban tdk berbunyi trek...trek..trek terima kasih

Anonim mengatakan...

@military->njegleg tanda korslet (di bagian yg ditandai diatas) rawan kena air penyebab korslet..buka & keringkan jika gakda perubahan, ada yg g beres kabel2 dibagian dalam bwh..perlu cek atu-atu.
@anamukmin->putaran lambat akibat v-belt dah aus/kendor harus di tegangkan dengan cara setel/geser letak dinamao..mesin cuci dirobohkan/tidurkan cek baut dinamo (ada 3) yg dua dapat digeser menjauh/mendekat sdngkan 1 sebagai as, semua mur tsb harus dikendorkan dulu, jika sudah digeser secukupnya kencangkan kembali. Sebaiknya mencuci sesuai beban yng dianjurkan jgn terlalu banyak/berat.

alfan mengatakan...

mas kalo pengering tanpa diisi beban bisa muter normal, tapi kalo dikasih beban muternya lambat, pdahal beban hanya 1 handuk kecil, kira2 kenapa ya mas?

YanZ mengatakan...

kemungkinan motor pengering sdh haus/hampir hangus.. silahkan diganti
#kalau tdk salah motor dijual diluaran harha 175ribu. tp pasang sendiri hehe

Anonim mengatakan...

mas mesin cuci LG pengeringnya tidak berhenti berputar saat tutup di buka ,kenapa ya mohon solusi nya

YanZ mengatakan...

kemungkinan swicth pengaman di balik penutup nya itu short..
coba cek dgn cara buka kap atas yang manjadi dudukan TImer2 tersebut..

Anonim mengatakan...

mas mau tanya mesin cuci Daichii, kalau dinyalakan koq ga mau muter padahal sudah coba ganti capasitor, kalau timernya diputer masih jalan tp pengering dan pencucinya ga jalan.. itu kenapa ya.. mohon pencerahan..

rahman fara mengatakan...

pengering pada mesin cuci Panasonic tidak mau berputar Pak. Suara kerja timer masih terdengar, tapi hanya ada dengung saja. Mohon solusinya.

azzam izzuddin mengatakan...

mau tanya sob,mesin cuci saya sanken 2 tabung,bagian nyucinya ok tp pengeringnya ga mau muter,mohon solusinya? trims

Store Emping mengatakan...

punya saya juga sama dengan mas azzam, merk sanken, pencuci normal, tapi pengering terasa berat untuk berputar, saya coba rogoh ke bawah tabung ternyata ada kaos kaki, sudah saya cek tidak ada benda lagi, tapi tetap berat untuk berputar, saya putar ke kiri lancar tapi ke kanan agak seret, saya sudah coba ganti kapasitor yang 5mikro farad tapi sama saja, hanya suara dengung dari dynamo bawah, kira kira apanya yah? mohon informasinya. terima kasih

YanZ mengatakan...

secara normal, ketika di putar pakai tangan tabung pengering harus ringan, dan jika di putar manual tidak langsung henti.
nah jika berat, bisa jadi ada yg ganjal atau malahan Motor listrik pengering lengket.

Aulia Sandi mengatakan...

mesin cuci saya lama tdk d pake begitu mau dipake mesin pengering mutar tp mesin tdk mutar,mohon solusinya

Unknown mengatakan...

mesin cuci saya Sanken 2 tabung yang kami beli tahun 2002 dan masih berfungsi dengan baik, cuma selang airnya saja yang dipotong dan disambung dengan yang baru.

pagi tadi mesin cuci itu bermasalah, saat menyiapkan air ternyata airnya keluar sendiri (keluar terus tanpa bisa dihentikan walau jauh lebih kecil kalau dibandingkan saat posisi saklarnya ke posisi DRAIN)

solusinya bagaimana ya

YanZ mengatakan...

coba cek.. posisi lawannya DRAIN.. siapa tahu terbuka.
secara normal posisi tombol lurrus ke atas bukan miring kekanan atau kekiri.
jika ok kemungkinn talikopling pembuangan terbelit.. silahkan bongkar penutup blakang mesin

Anonim mengatakan...

mesin cuci saya pada pengeringnya kemasukan air
jadi tdk bisa buat mengeringkan..caranya gimana untuk membuang air tersebut,...
terima kasih

YanZ mengatakan...

kemungkinan pembuangan air tersumbat. jika yg 2 tabung: pakaian bisa keluar dari keranjang putaran lalu jatuh dan membuat tersumbat lobar air pembuangan..

joe mulyono mengatakan...

isi posting-nya sangat membantu saya jika ada kerusakan pada mesin cuci. Nah, yg jadi pertanyaan saya ialah, kondisi kapasitor mesin cuci 2tabung saya memiliki 1kapasitor 11+3mikro, lalu saya membeli kapasitor 10+4mikro,saat mengantinya untuk pengering-nya saya coba pake kabel yg 4mikro,putaran masih lambat (pengeringnya),lalu saya pasang di 10mikro,putaran pengering normal kembali dan pakaian basah bisa kering kembali,apakah tak apa-apa jika saya menggunakan yg berkapasitas 10mikro untuk pengeringnya dlm jangka waktu yg lama? Apakah motor pengering sdh lemah,sehingga membutuhkan mikro yg agak besar? terima kasih sebelumnya.

YanZ mengatakan...

jika harus menggunakan kapasitas yg lebih besar, biasanya Motor sudah tidak normal..

Mast_jr mengatakan...

Maps bias minta informasinya?, median cuci says pengeringnya berdengung, tetapi median cucinya nggak ada masalah. APA spin motornya yang bermasalah atau kapasitornya? To long bantuannya

Sendaljepit mengatakan...

Mas, mohon pencerahannya, mesin cuci saya, sabken 2tabung, ketika salah satu tabungnya dinyalakan, tabung lainnya ikut berputar hingga mengeluarkan bau terbakar. Kl saya buka tutup belakangnya, sy lihat ada kabel yg dihubungkan ke dinamonya terputus apakah itu penyebabnyz atau ada yg lainnya?

Anonim mengatakan...

@sendaljepit.... jelas permasalahannya pada kabel yang terputus / terbakar tersebut hingga terjadi hubungan singkat listrik alias korslet. coba urut dan sambung kembali kabel yang terputus tersebut.

Fs Tetuko mengatakan...

Trus cara betulin motor pengerinfnya gmn mz?

Fadlan Laziale mengatakan...

Mas mau tanya dong. Mesin cuci pada pengeringnya awalnya normal, lalu setelah saya pake tiba tiba terdengar suara sangat keras sekali dri pengering tsb. Ternyata tabungnya lepas dri motor penggerak yg ada dibawahnya. Apakah mesin pengeringnya bisa di service n bisa normal kembali jika setelah di service? Kira kira kalo di service kena biaya berapa ya? Tks

ahmad mengatakan...

mas nanya.putaran pengeringnya itu gimana ya ngerakitnnya supaya tidak kembali saat diputer.kmrn saya bongkar eh nga sengaja yg dibelang tombolnya itu lepasan.saya bingung gimna masangnya lg.merk sanyo.2tabung.mohon solusi

Anonim mengatakan...

Mz saya msih awam. Mesin cuci saya merk sharp. Tabung pengeringnya kadang mau berputar kadang tidak. Kira kira apanya mz. Pengen bongkar sendiri tapi nda ada refrensi. Mohon bantuanya mz

Anonim mengatakan...

Mz..sy br beli mesin cuci polytron primadona 2 tabung manual, tp mesin pengering tidak muter ,,gmana solusinya

daneswara zukizan mengatakan...

bos, saya baru aja pperbaiki mesin cuci saya, saya habis ganti dinamo pengeringnya. habis saya ganti yang baru dinamonya malah putarannya lemah. apa yg terjadi dengan mesin pengering saya. msin cuci merk sharp 2 tabung.

daneswara zukizan mengatakan...

bos, saya baru aja pperbaiki mesin cuci saya, saya habis ganti dinamo pengeringnya. habis saya ganti yang baru dinamonya malah putarannya lemah. apa yg terjadi dengan mesin pengering saya. msin cuci merk sharp 2 tabung.

Asep Fajar mengatakan...

Mesin cuci lg spin awal muter dibantu tanhan n lama kelamaan dinamo spin tak mau mutet minta silusinya bos

Anonim mengatakan...

Mintak solusi mas. Mesin cuci saya LG. Pengeringnya mau berputar/berfungsi setelah tutupnya ditekan. Jika tidak diberi tekanan maka mesinnya gak hidup alias gak muter. Gmna ya gan solusinya. Mohon pencerahannya.

Anonim mengatakan...

Mintak solusi mas. Mesin cuci saya LG. Pengeringnya mau berputar/berfungsi setelah tutupnya ditekan. Jika tidak diberi tekanan maka mesinnya gak hidup alias gak muter. Gmna ya gan solusinya. Mohon pencerahannya.

Diman hidayat mengatakan...

Mas mau nanya mesin pengering berputarnya lembat kenapa ya ?

Diman hidayat mengatakan...

Mas mau nanya mesin pengering berputarnya lambat kenapa ya ?

muchlis firdaus mengatakan...

Mas yanz pengering saya ga mau muter mèrk sanken 2tabung.saya sudah cek ternyata ada seperti tali plastik yg di kaitkan dr bawah pengering ke atas tp yg sangkutan untuk ke atas lepas.yg saya ga tau itu harus di kait kemana ya sambungan tali yg dr bawah? Trima ksh

shu ema mengatakan...

mas...pengering pd mesin cuci saya lambat kalau ada beban tp kalau kosong normal muternya minta solosi mas

Dede Anugrah mengatakan...

Mau tanya mas mesin cuci saya ga berfungsi kedua tabungnya cuma ada suara mendengung mohon bantuannya kerusakannya dimana

ina dhamara mengatakan...

Ada baju bayi jatuh k bawah dalam mesin pengering saya.krna saya telat taunya sampai berlilit d bawah nya. Gimana cara ngambil ya.mohon bantuannya.trims

Okti Sukariani mengatakan...

Mas...mau tanya mesin cuci saya merksanken 2 tabung mesin pengering mau berputar tp timernya gak mau muter itu gmn ya?? Gak mau berhenti muter dia

SHOPPE KELLY mengatakan...

Mas.. mau tanya mesin cuci saya merk sanken 2 tabung.. mesin pengering ga mau berputaf tapi timerna jalan.. gmn ya? Mohon bantuanna..

Obednego Sulle mengatakan...

Mas mesin cuci merek politron pegeringnya tidak bisa terputar, tapi saklarnya terputar diatas gangguannya dimana itu mohon bantuannya.

Anonim mengatakan...

Mas Yanz mesin cuci saya mrek sanken, mesin pencucinya ga mau muter tapi pas dibuka body trus mesinnya dibantu puteran tangan baru mau muter,tapi pas diiket kembali sama karet puterannya ttp ga mau muter walopun dibantu puter,tolong penjelasannya ,thanks

puji mengatakan...

Mau tanya mesin cuci saya sanken pengering mesin cuci mau berputar tetapi tidak mau berhenti .dan untuk berhenti harus jabut power nya apakah penyebabnya

puji mengatakan...

Mau tanya mesin cuci saya sanken pengering mesin cuci mau berputar tetapi tidak mau berhenti .dan untuk berhenti harus jabut power nya apakah penyebabnya

puji mengatakan...

Mau tanya mesin cuci saya sanken pengering mesin cuci mau berputar tetapi tidak mau berhenti .dan untuk berhenti harus jabut power nya apakah penyebabnya

Khabib Marzuki mengatakan...

Merk sharp, pengering tdk berputar, sy buka tutup belakang, ternyata ada kawat semacam kawat rem speda putus, sy ganti pake kawat rem bekas speda jadi deh....

semuapastibisa mengatakan...

Saya mau tanya, saya pake merk LG. Ini soal pengering, kelistrikan semua normal , timer juga berfungsi tpi ketika dihidupkan pengering trsebut berputar tpi ga ada tenaganya gitu, pelan. Mohon bantuannya, terima kasih.

Elsa Theressia Anwar mengatakan...

Mau nanya mas,,
Pengering nya td nya nyala cuma bunyi nrisik banget kyk drumband,udh di srvis k tukang srvis.. skrg rusak lagi,bunyi arus masuk nya ada,tp ga muter itu gimana ya, ,

Elsa Theressia Anwar mengatakan...

Mau nanya mas,,
Pengering nya td nya nyala cuma bunyi nrisik banget kyk drumband,udh di srvis k tukang srvis.. skrg rusak lagi,bunyi arus masuk nya ada,tp ga muter itu gimana ya, ,

Unknown mengatakan...

Saya punya mesin cuci akira 2 tabung.mesin pengeringnya agak lama berputar nya.ketika sudah berputar ada bau gosong dibelakang mesin cuci.saya cek ga ada yg terbakar..mohon petunjuk

Haris Munandar mengatakan...

Mas yan mau tanya..
Mesin cuci sharp 2 tabung, air keluar dari mesin saat dipake, tapi kalo gk dipake atau motornya diam mesin gk bocor..
Trus tabung pengering kalo dinyalakan langsung ngejegleg..
Bagaimana langkah perbaikannya?
Terimakasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

Mau tanya mas.....mesin cuci saya sanken 8kg.seminggu sebelumnya sering klo mau mengeringkan selalu keseterum.setelah itu mesin tidak mau hidup alias matot...saya sudah bongkar mengecek kabelnya tapi tidak menemukan masalah dibagian kabel..apa timernya rusak mengakibatkan kedua tabung tidak mau hidup ataw dinamonya rusa. Mohon saranya terima kasih.

Lufi Liams mengatakan...

Mesin cuci saya modena 2 tabung.
keluhanya motor pengering hidup tapi putaranya pelan dan panasnya tidak wajar.
mohon pencerahanya, terimakasih.

ornella claudia mengatakan...

mesin cuci sata merk LG 15kg pengering gak mutar cuma suara timernya saja gimana solusinya?

Defi Nurhayati mengatakan...

Mau tanya mas, cara buka kap nya ini loh susah pas yg bagian depannya.. Apa dipaksakan tarik saja yah. Takut ada yg patah ga yah klep nya.. Mesin cuci saya merk konka jadi kabel nya berhubungan ke penutupnya.. Nah sepertinya kabel pada penutup copot ketarik jd ga muter lagi. Mau bongkar setelah mur dibuka yg depan rapet susah diangkat...

Ary Romadona mengatakan...

Mau tanya mas mesincuci saya pengeringnya berputar tapi kalo diisi pakaian dia tidak berputar kira" apanya ya mas

alifatkhur rohman mengatakan...

Udah bisa apa blm mesin cucinya mas?

afa ndi mengatakan...

Mau tanya bos.mesin cuci panasonic 2 tabung.pengeringnya tidak berputar mohon pencerahannya mksh sblmnya

Rendy Brilliant mengatakan...

thanks reviewnya. saya juga ada nih artikel mengenai mesin cuci di Service Mesin Cuci Sidoarjo Service Mesin Cuci Surabaya

dan ada juga artikel mengenai service ac dan kulkas
Service Kulkas Surabaya
Service Kulkas Sidoarjo
Service AC Surabaya
Service AC Sidoarjo

yaya suryana mengatakan...

Mas, mau nanya. Mesin cuci saya Polytron Primadona PWM9659 pengeringnya tdk berputar, lalu saya coba cek mulai dari bagian kelostrikan atas dg bongkar kap atas, disana saya tdk mendapati sesuatu yang mencurigakan, lalu saya bongkar bagian belakang untuk melihat kondisi dalam takutnya ada kabel yang putus kena tikus, tapi lagi lagi tdk ada apa2. Lalu saya coba lepas motor dari posisinya untuk cek apakah masih bisa berputar/tidak, ternyata tdk berputar, tapi ketika saya coba putar perlahan dg tangan sambil saklar timer di putar ternyata motornya berputar, tapi saat saklar di off kan lalu diOn kan lagi motornya tdk berputar kecuali jika dibantu diputar terlebih dahulu as motornya. Saat itu saya simpulkan mungkin kerusakan pada Kapasitornya, karena tenaga untuk memutar motor sangat kecil, lalu saya pasang kembali motor ke posisinya dan ganti kapasitornya dg yang baru yang ukurannya sama yaitu 10 dan 5 mikro F. Namun setelah diganti Kapasitor baru motor pengering itu tetap tidak jalan. Kira2 kerusakannya dimana, apakah pada motornya? Apa yang sebaiknya saya lakukan ganti motor baru atau Service motor tsb? Yang lebih efisien dan hemat biaya

Rahma Wati mengatakan...

saya juga ada nih artikelnya mengenai kulkas silahkan kunjungi service mesin cuci sidoarjo siapa tau bisa juga jadi referensi anda

koes milenium mengatakan...

Mas mau tanya nih mesin cuci sy sharp 2 tabung utk pengeringnya tdk mau berputar sdh sy cek kabel, tali rem, bagus saklar autonya rusak sdh sy ganti tp masih gak mau mutar, mohon penjelasannya mas. Trims.

koes milenium mengatakan...

Mas mau tanya nih mesin cuci sy sharp 2 tabung utk pengeringnya tdk mau berputar sdh sy cek kabel, tali rem, bagus saklar autonya rusak sdh sy ganti tp masih gak mau mutar, mohon penjelasannya mas. Trims.

Sinyo bull bull mengatakan...

Senasip memang sudah aus motor pengering itu yg karetnya ya Om buat nutupin pir nya

Sinyo bull bull mengatakan...

Senasip memang sudah aus motor pengering itu yg karetnya ya Om buat nutupin pir nya

eve mengatakan...

kalau pengering kemasukan air gimana cara ngilangin air nya?

Rofa Rohan mengatakan...

Mas mw tanya mesin cuci saya tombol pengeringnya tidak pungsi it knpa ya mksih

Rofa Rohan mengatakan...

Mas mw tanya mesin cuci saya tombol pengeringnya tidak pungsi it knpa ya mksih

Doni Setiawan mengatakan...

Pokonya service :v

Abu Yusuf mengatakan...

Hari ini pengering sy mati, sy baca tulisan ini terus manggil montir dekat rumah karena masalah tersebut, ternyata yg terjadi persis seperti yg dijelaskan disini... Hehe
Alhamdulillah SDH beres.

Zae Markes mengatakan...

Om...saya ada mesin cuci
hanya berdengung kecil..kirain kapasitor nya yg rusak..
Trs saya kapasitor yg baru..eh gk mau brputar jg ..
Kata temen ganti yg 16uf+8uf..gk mau jg
Harus d bantu pake tangan..
Pertanyaan saya,,
..apakan dinamo nya yg udH lemah??
Mksh gan
..

Zevi mengatakan...

Mas mau tanya mesin cuci saya merk sharp 2 tabung pengeringny gak muter, tapi timer pengeringnya masih berputer , jadi gmna ya, mohon solusinya