05/08/13

Tips Mengatasi Motor Mio Sporty yang Stater Tangan tidak berfungsi secara tiba-tiba

Kali ini saya Postingkan Tips Mengatasi Motor Mio Sporty yang Stater Tangan tidak berfungsi secara tiba-tiba. Ini pengalaman Pribadi saya. Kebetulan Motor itu Punya Isti, dia dari bepergian, dan berhenti di depan Pintu Pagar Rumah, untuk membuka Pintu Pagar yang Tergembok. Karna anak Kunci Pagar juga ada di ikatan Kunci motor maka harus mematikan Motor Mio tersebut Terdahulu.  Alhasil setelah Pintu Terbuka, Istii saya bermaksud Menghidupkan Motor dengan memakai Stater Tangan, TERNYATA tidak Berfungsi.
Kok Bisa? Td khan Bisa??? Akhinya Motor di Dorong saja Masuk  kedalam Rumah.


Gejala Seperti Fuse/Sekring Putus. Saya Cek, pakai Starter Kaki mau..
Akhirnya saya berniat untuk memeriksanya. Mulai Dari Sekring yg berada 1 tempat Dengan Aki, Ternyata Bagus. Lalu Cek AKi kebetulan Pakai Aki Kering, cek pakai AVO meter, Bagus skitar 12Volt.
Penasaran Lagi, sy coba Hidupkan pakai Stater Tangan, tetap tidak bisa. akhirnya saya Curiga Saklar/Swicth, kemudian di buka 4 baut yg memegang batok Kepala Mio Sporty itu, lalu cek pakai AVO meter Posisi Ohm, eh Fungsi saklar Bagus. JD apa yah? apa ada sekring lain menuju Motor Starter??
akhirnya sy pasang kembali Batok Motor mio itu. Aneh .. saklar di onkan, Lampu sein bisa nyalah..

Trus bawa ke bengkel Resmi Yamaha.... kebetulan Langganan, Pinjem 1 teknisinya. Abis jikalao ikut antree sy mesti dapet urutan ke 20. weleh weleh sampai jam brp itu...nunggunya...
sy paparkan semua sebab akibatnya, termasuk semua pengukuran yg sdh sy lakukan.

Teknisi itu cek kembali Sekring, ganti Baru....Hasil tetap tidak mau, lalu iya membuka kabel sambungan ke Motor stater yg ada di bawah aki samping body kanan,  cabut, lalu pasang.  Di tes starter,,, tetap Tidak Mau..
Tes On kunci kontak, ternyata Bel dan lampu sein sdh tidak berfungsi. padahal td dirumah Mau. Sehingga dia curiga AKI tidak Normal, Akhirnya dia ambil tes Meter, ternyata cuman 10 Volt. padahal dirumah td 12v. di coba menggubungkan singkat kutub + dan - tidak menghasilkan bunga api. 
akhirnya tes pakai AKI lain, Alhasil Starter tangan BERFUNGSI...

Saya jd tidak menegerti, padahal di rumah td hasilpengukuran Normal...
Maaf. Sengaja sy Paparkan Kronologi kejadiannya, smoga menjadi pengalaman bagi orang Lain.

Ternyata AKI Kering itu, Jika Rusak/Drop akan Langsung Drop seperti Sekring Putus, makin diisi main Drop. Tidak Sama Aki Basah, Makin lala diisi makin berisi, walau kodisi hampir rusak.

Dan saya meminta Ganti Aki Model Basah, agar ketahuan Level Airnya, juga gejala Kerusakan Aki itu.

Trims Teknisi...sudah membantu dan menghilangkan masalah aneh itu.

Sekian Semoga Bermanfaat
 




  

5 komentar:

X otomotif 4 mengatakan...

Menarik Artikelnya,,,,
ternyta masalah kyak gini,umum di mio..

Handokooow Hendriaaaw mengatakan...

Kalo saya mas penyakitnya gak bisa di strter tu swift yang di rem itu lho ... Kalo lampu belakang nyqla pas di rem pasti bisa nyala pas di starter kalo gak nyala blakang berarti ngak bakqlqn nyala di starter

Handokooow Hendriaaaw mengatakan...

Kalo saya mas penyakitnya gak bisa di strter tu swift yang di rem itu lho ... Kalo lampu belakang nyqla pas di rem pasti bisa nyala pas di starter kalo gak nyala blakang berarti ngak bakqlqn nyala di starter

musisi mengatakan...

SAMA saya juga mengalami hal yang sama neh yang paling bikin tensin pas lagi anterin cewe saya pas lampu merah motor mati eh di starter gak bisa.....gimana tuh ekspresi cewe saya coba di bayangin...(Sayang maaf turun dl yahhh...jiahhh).welehhhhhhhhhhhhhhh

bpk muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل