09/09/13

Cara Mengatasi Error Kode IE pada MesinCuci

KODE ERROR IE
Kode error ‘IE’ yang muncul pada display menunjukan error pada inlet, atau mesin tidak bisa mengisi air dalam waktu yang ditentukan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal :



Kran Air Dirumah
Periksa kran air apakah sudah dibuka. Jika kran tidak dibuka penuh, unit tidak akan terisi air sesuai dengan yang diperlukan. IE akan muncul pada display jika mesin tidak terisi air dalam waktu 8 menit.
Jika inlet kotor dan muncul kode error IE, matikan mesin dengan cara mencabut kabel power ke stopkontak tanpa menekan tombol power pada mesin untuk menghilangkan kode error yang muncul dan diamkan mesin selama 10 menit.
Selang dan Saringan Inlet
Masalah yang terjadi pada saluran inlet merupakan salah satu penyebab timbulnya kode erro “IE”. Untuk memastikan apakah selang inlet yang menyebabkan timbulnya kode error “IE" :

Matikan kran air dan lepas selangnya. Siapkan ember kecil untuk menampung air yang mungkin terdapat pada selang.
Setelah dilepas, periksa saringan inlet pada mesin cuci. Saringan inlet dimaksudkan untuk menyaring kandungan air dan puing-puning lainnya yang masuk kedalam unit. Jika tersumbat, air tidak akan mengalir melalui saringan sesuai dengan yang diperlukan. Jika saringan tersumbat, lepaskan selang dari mesin dan bersihkan dengan air hangat dan sikat lembut, kemudian pasang kembali.
Selang inlet tidak boleh tertekuk atau rusak. Hal ini akan membuat aliran air tersumbat ke dalam mesin cuci. Luruskan kembali selangnya. Jika selang rusak, selang perlu diganti.
Setelah melakukan langkah-langkah diatas, pasang kembali selang inlet ke mesin cuci. Nyalakan kembali kran air dan cobalah untuk melakukasn proses pencucian kembali untuk melihat apakah kode error masih terjadi.
Jenis Selang Yang Digunakan
Disarankan agar anda menggunakan selang yang sudah disediakan oleh pihak LG yang disertakan pada mesin cuci.Jika anda menggunakan selang anti bocor, hal ini tidak menyebabkan masalah pada mesin cuci anda dalam kondisi yang normal. Namun, konektor selang Anti bocor bisa mempengaruhi proses pengisian air ke dalam unit. Jika menggunakan selang Anti bocor dan muncul kode error “IE”, anda harus memasang kembali selang dengan selang yang sudah disediakan oleh LG dan perhatikan apakah kode error masih muncul.

thanks to LG; yg sudah memberikan Referensinya;
http://www.lg.com/id/support/product-help/doc-1343294241794-in-LGEIN

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Cara mengatasi kode EA pd mesin cuci toploading merk denpoo gmn y pak... Thx..

Bumi Jawa tekhnik mengatakan...

Pagi mas yanZ mo tanya mesin LUx saya yype 1093i, di layar muncul kode eror E 94, eror apakah itu,? Thanks

ASIA LAUNDRY KILOAN mengatakan...

Siiip