21/09/13

COCO, DODO, CODO adalah Jenis-jenis SPBU

SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, yang mana Di Indonesia lebih Fasih dan akrab menyebutnya "Pertamina". Padahal Pertamina sendiri mrupakan Nama perusahaan BUMN milik Indonesia yang mengurusi Pertambangan Dan Perminyakan.


Tugas lain Pertamina adalah menjual/mendistribusikan Baham Bakar Minyak ke halayak umum salah satunya melalui  Pangkalan penjualan yang diberi nama SPBU.

Di Indonesia terdapat Ribuan SPBU yang menyediakan Bahan Bakar, Nah apakah smua SPBU milik Pertamina?? Ternyata tidak. ada juga SPBU yang dimiliki oleh Suasta.

Berikut Jenis-jenis SPBU yang ada di Indonesia:
1. COCO (Company Operation Company Owner) ;
Merupakan SPBU yang di miliki dan di kelola oleh pertamina. Dalam hal ini yaag mengelola dalah PT. Petamina Retail sebagai anak perusahaan. Saat ini sudah banyak tersebat SPBU coco di Indonesia.
2. DODO (Dealer Operation Dealer Owner)
Merupakan SPBU murni milik swasta atau perorangan. Jadi segala hal mengenai manajemen perusahaan di kelola oleh perorangan atau badan usaha.
3. CODO (Company Operation Dealer Owner)
Merupakan SPBU milik swasta atau perorangan yang bekerjasama dengan PT Petamina Retail.


sekian, smoba dapat menambah wawasan kita..

sumber: www.kontraktorspbu.com; http://www.otosia.com/berita/spbu-curang-ada-lagi-beli-rp-100000-hanya-dapat-rp-80000.html

Tidak ada komentar: