16/12/13

Gaia Space Telescope Kamera Raksasa untuk Potret Galaxi dari ESA (European Space Agency)

Ilustrasi : Telescope Ruang Angkasa

Gaia Space Telescope adalah  Kamera Raksasa untuk Potret Galaxi dari ESA (European Space Agency)



Akhir Desemebr 2013 European Space Agency (ESA) akan meluncurkan Gaia space telescope. Setelah diluncurkan, Gaia akan memetakan miliaran bintang di dalam galaksi kita dengan akurasi yang belum pernah ada sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengubah pemahaman tentang kosmos di sekitar kita.

Jika tak ada halangan, misi peluncuran ESA tersebut akan lepas landas dari Guiana Prancis menggunakan roket Soyuz milik Rusia. Teleskop ruang angkasa ini akan pergi ke jarak 1,5 juta kilometer jauhnya dari Bumi.

Jauh di luar jangkauan atmosfer Bumi, Gaia akan mengorbit di sekitar matahari dan akan berputar secara perlahan, menangkap gambar objek-objek luar angkasa yang masuk dalam pandangannya. Gaia akan melakukan itu secara terus-menerus selama lima tahun ke depan. Dan setiap objek yang akan ia bidik akan dipantau sebanyak sekitar 70 kali.

Selama 5 tahun ke depan, dengan asumsi Gaia akan mengirimkan data selama 8 jam per hari ke Bumi, kita akan mendapatkan data berharga sebanyak 200 terabyte. Konsorsium Eropa, Data Processing and Analysis Consortium (DPAC) telah ditunjuk untuk mengolah data yang dikirimkan oleh Gaia ke stasiun Bumi di Cebreros, Spanyol dan New Norcia, Australia.

Selain memetakan sekitar 1 miliar bintang di galaksi Bima Sakti, atau sekitar 1 persen dari seluruh bintang yang ada, teleskop ruang angkasa ini juga akan memetakan posisi planet-planet yang ada di matahari lain serta bertugas untuk memperingkatkan kita jika ada asteroid yang mendekat ke Tata Surya.

semoga Dapat menambah pengetahuan kita.

sumber: NGI, KOMPAS.COM

1 komentar:

Gareng.. reng mengatakan...

ARTIKELNYA MANTAP GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK... MAKASIH YA GAN... OIYA SOB YANG

PENGEN ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO TERUPDATE ..TINGGAL KLIK SALAH SATU AJA YA SOB...

FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
BRA PALING UNIK DI DUNIA
KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO

ARTIKEL HACKER CANTIK DUNIA
CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML
FOTO FOTO KOTA ANTIK DI DUNIA
CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
ARTIKEL BAHAN HERBAL PEMBANGKIT LIBIDO

TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....


..