03/02/14

Cara Alami untuk Mengatasi Demam, Tanpa Obat


Saat Anda atau orang lain dilanda demam, kebanyakan orang akan langsung menenggak obat yang mengandung parasetamol. Jika Anda adalah salah satu orang yang kerap melakukan hak itu, ada baiknya tunda dulu keputusan mengonsumsi obat dengan kandungan parasetamol.

Sebagai pertolongan pertama, demam juga bisa disembuhkan tanpa obat seperti Parasetamol yakni:

1. Berendam di air hangat

Mungkin terdengar aneh tapi ini adalah obat alami yang cukup manjur untuk mengobati demam. Isi bak mandi dengan air hangat suam-suam kuku dan berendamlah di dalamnya. Beberapa saat kemudian, tubuh pun akan terasa segar dan demam mulai hilang perlahan.

2. Terapi spons
Terapi ini merupakan salah satu cara populer untuk menurunkan demam secara alami. Rendam sebentar spons basah ke dalam air dingin lalu letakkan di bagian tubuh yang panas misalnya dahi atau kaki. Ulangi cara ini beberapa kali,

3. Gunakan putih telur atau bawang merah
Rendam handuk atau lap di dalam putih telur atau perasan air parutan bawang merah. Kemudian, kompreskan handuk tersebut di sepanjang kaki dan tutup dengan kaus kaki. Ganti handuk jika dirasa sudah kering. Metode ini bereaksi setelah 15 menit sampai satu jam. Atau, langsung merendam kaus kaki di putih telur lalu menggunakannya pun tak masalah.

4. Minum air
Ketika panas dalam tubuh meningkat, itu tanda bahwa Anda kekurangan cairan tubuh hingga menyebabkan dehidrasi. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik selama demam. Dengan begitu, perlahan suhu tubuh pun akan turun.

5. Pasta kaki
Haluskan bawang putih dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu, oleskan di bagian tubuh yang panas dan gunakan pasta kaki itu sampai keesokan harinya jika memang digunakan malam hari.

6. Turunkan suhu ruangan
Jagalah supaya suhu kamar sedikit lebih rendah. Kondisi ini akan membuat kamar tetap dingin sehingga tubuh lebih nyaman. Jika tidak ada pendingin ruangan, Anda juga bisa menggunakan kipas angin.

Sekian Smoga bermanfaat.
sumber: http://health.detik.com/read/2014/02/03/163207/2485858/763/tak-perlu-langsung-minum-obat-ini-lho-cara-alami-untuk-mengatasi-demam

Tidak ada komentar: