22/04/14

Selamat Hari Bumi / Earth Day 2014


Hari Bumi Sedunia 2014 diperingati setiap tanggal 22 April, Lebih dari 175 Negara di Dunia merayakan moment ini dengan berbagai cara. Peringatan Hari Bumi / Earth Day dimaksudkan sebagai kampanye dan ajakan untuk semakin menyayangi tempat di mana manusia hidup dan berpijak dengan menjaga dan merawat serta tidak merusak bumi dengan segala isinya.

Spanduk: Sahabat Bumi Indonesia Regional Makassar
Lapangan Karebosi 20 April 2014 08:00 wita

Gambar diatas adalah Para Sahabat Buni Indonesia Cabang Makassar yang mengkampanyekan "Cintai dan Selamatkan Bumi" yang secara kebetulan saya abadikan ketika hendak Usai Joging di hari minggu 20April2014 sekitar pukur 08:00WTA

Sejarah Hari Bumi:
Peringatan Hari Bumi pertamakali dilakukan secara resmi pada tahun 1970 yang dipelopori oleh Senator Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson yang sekaligus seorang pemerhati dan praktisi lingkungan hidup. Namun, setahun sebelumnya, seorang aktivis perdamaian bernama John McConell telah menggagas tradisi untuk merayakan hari bumi pada tahun 1969.

Margaret Mead, seorang pakar antropologi terkemuka, menyebut peringatan Earth Day merupakan hari suci pertama yang dirayakan oleh hampir semua bangsa di dunia, melintas batas negara, namun tetap mempertahankan identitas dan kearifan lokal dari masing-masing bangsa itu sendiri, atas nama harmoni alam dan seisinya.

Bumi yang sudah tua ini semakin berat menahan beban yang ditimbulkan oleh ulah manusia. Oleh karena itu, sudah sepatutnya setiap manusia menjaga dan merawat bumi dengan segala bentuk kebaikan yang bisa dilakukan.

Barangkali manusia harus belajar pada Dung Beetle atau yang dalam istilah kita sering disebut dengan nama kumbang tinja atau kumbang kotoran. Mengapa dinamakan demikian? Ya, Dung Beetle adalah jenis kumbang yang memakan kotoran binatang lain. Bisa dikatakan, si kumbang tinja ini memiliki tugas alamiah untuk membersihkan bumi.
Jika kumbang saja bisa, mengapa manusia tidak? Artinya, sebagai makhluk Tuhan yang konon paling sempurna, manusia seharusnya bisa menjaga dan merawat bumi dengan cara dan kesadaran yang jauh lebih baik.

Manusia semestinya harus berbuat hal-hal positif demi terjaganya harmonisasi alam. Hal yang paling mudah tentu saja dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan bahan-bahan yang tidak merusak lingkungan hidup demi tetap lestarinya bumi yang menjadi pijakan hidup kita semua.
    ************Selamat Hari Bumi!****************

diSadur dan diarsipkan dari : http://sidomi.com/283571/earth-day-2014/

Tidak ada komentar: