Setiap kali Google memperbaharui
algoritmanya, selalu ada pemberitahuan yang besar di dunia internet
marketing yang turut mengikutinya. Dan akhir pekan lalu tepatnya Google
baru saja mengupdate algoritma menjadi algoritma Penguin. Nama yang lucu
memang, tapi apa sebenarnya Google Penguin ini?
Dan apa pengaruhnya
terhadap internet marketing yang akan digunakan oleh para pebisnis di
dunia digital seperti sekarang ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa
setiap pembaharuan algoritma Google akan berpengaruh pada SEO dan
websmaster yang banyak digunakan oleh para internet marketing untuk
bisnis mereka.
Mari kita mengenal dan mempelajari apa itu Google
Penguin?
Apa itu Penguin?
Google pertama kali meluncurkan
algoritma Penguin ini pada bulan April 2012. Pada awalnya mereka
memperkenalkan algoritma ini untuk tujuan memerangi webspam pada mesin
pencari.
Fungsi utama dari algoritma Penguin
adalah untuk menindak situs – situs yang mengandung spam atau sistem
permainan yang membahayakan, seperti ketika kita harus membayar untuk
sebuah link atau pada isian password. Algoritma ini menghukum segala
macam hal yang melanggar pedoman webmaster pada Google.
Setelah beberapa kali melakukan update
algoritma penguin dari 1.0, 2.0 hingga 3.0, Google manambahkah lebih
banyak sinyal baik untuk algoritma yang mereka gunakan.
Data Refresh
Perubahan yang paling ditunggu adalah
fitur refresh data yang dating dengan setiap update algoritma yang
dilakukan, seperti pada Penguin. Pembaharuan Penguin ini lebih sensitive
terhadap segala teknik SEO yang kita lakukan, sehingga kita harus
menunggu sampai update berikutnya atau me-refresh untuk dievaluasi
kembali.
Refresh data sendiri terakhir dilakukan
pada bulan Oktober 2013 dengan nama Penguin 2.1. Ini mempengaruhi jutaan
halaman terhapus dari peringkat mesin pencarian Google, dan pastinya
ini juga melumpuhkan banyak bisnis di belahan dunia.
Karena setiap bisnis yang menggunakan
layanan Google harus menunggu selama 1 tahun untuk me-refresh data baru
yang mereka upload. Jika mereka membersihkan data tersebut dari web,
maka Penguin 3.0 akan mengevaluasi kembali data tersebut, dan tentu saja
berusaha untuk tidak ada tumpang tindih peringkat di Google.
Jika Anda adalah salah satu bisnis yang
melakukan hal ini, mungkin Anda akan melihat tumpang tindih pada
peringkat halaman. Anda tentu tidak akan merasakan dan melihatnya dalam
waktu dekat, karena ini membutuhkan proses secara bertahap dari waktu ke
waktu. Jadi, Anda harus tetap memeriksa peringkat dan lalu lintas
website di mesin pencari. Dan dalam beberapa minggu, Anda mungkin akan
melihat kenaikan pada peringkat di Google.
Namun, jika Anda terburu – buru
membersihkan situs atau website, maka Anda tidak akan mendapatkan
keuntungan dari refresh data yang Google lakukan. Bahkan, jika Anda
masih melanggar pedoman Google, Anda akan melihat peringkat Anda menurun
secara bertahap. Dan ketika Anda benar – benar melanggar aturan Google,
maka Anda akan mendapatkan hukuman dengan cepat dan lebih parah.
Dan berikut ini beberapa hal yang bisa Anda hindari untuk menghindari masalah pada algoritma Penguin:
- Menghindari atau tidak menggunakan Backlink berbayar
- Mengundang atau membayar pengunjung blog atau backlink pada blog
- Jangan berlebihan dalam mengoptimasi konten, karena Google dapat membacanya
- Menghindari backlink berkualitas rendah
Cara terbaik untuk tetap
dilindungi oleh algoritma pada masa depan adalah dengan menjauhi segala
macam bentuk spaming dalam website. Jangan coba untuk mempermainkan
sistem dengan link dan optimasi yang berlebihan. Gunakan dan optimasikan
saja kata kunci yang terdapat pada website Anda.
Dan begitulah Algoritma Penguin
berpengaruh terhadap situs/website kita. Dan pastinya itu juga berimbas
pada bisnis yang kita jalankan, terlebih bagi bisnis yang mengandalkan
internet marketing sebagai jalan atau media penjualan mereka.
sumber: http://mediabisnisonline.com/mengenal-update-algoritma-google-penguin/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar