05/11/14

Windows 8 Sudah "Pensiun"


Dengan tidak dijual lagi  Windows 7 per 31 Oktober lalu, kini giliran Windows 8 yang "pensiun" alias penjualannya disetop oleh Microsoft.

Sebagaimana dikutip  dari BBC (4/11/2014), penghentian penjualan tersebut berlaku untuk Windows 8 versi box retail dan pre-install yang biasanya dibundel dengan PC atau laptop baru.

Windows 8.1 akan ditawarkan sebagai sistem operasi default untuk PC sebagai ganti dua sistem operasi tersebut, sebelum Windows 10 dirilis pada akhir 2015 mendatang.

Kebijakan ini diambil Microsoft dalam waktu hanya dua tahun setelah debut perdana Windows 8 pada Oktober 2013.

Lantaran itu, muncul dugaan bahwa Microsoft berniat "menjauhkan diri" dari Windows 8 yang terlanjur menuai respon negatif karena membuang sejumlah elemen penting yang familiar bagi pengguna Windows, misalnya tombol Start.

Windows 8 tak kunjung berhasil menarik minat konsumen dan hingga kini hanya menguasai sekitar 6 persen dari keseluruhan pasar sistem operasi desktop, menurut laporan terbaru dari Net Applications.

Angka itu masih jauh di bawah Windows XP (17 persen) yang berumur 13 tahun dan dukungan teknisnya sudah dihentikan Microsoft pada April 2014. Sementara, Windows 7 masih mendominasi dengan pangsa 53 persen.

Untuk sementara waktu Windows 8 masih akan terus dijual oleh pemasok dan pabrikan PC yang masih memiliki stok box retail atau produk berbasis Windows 8.
sumber : ini

Tidak ada komentar: