26/02/15

B+ Hanya 25volt saja


Gambar: Cassis TV Cina nampak Bagian Regulator.

Pada Gambar diatas kami beri keterangan bahwa Output B+ Regulator ini hanya sekitar 25Volt-an saja, Dimana nilai sewajar dan biasanya sekitar 115volt untuk tv 21Inc.

Apakah anda mengalami hal yang sama? Penyebab masalah ini beragam, dan kali ini pemecahan masalah dari segi rusak komponen lain.

Awalnya kami membawa body tv Polytron 20inc model lama yg kebetulan sdh ganti mesin cina chassis lebar, dan layar/CRt sdh rada gelap dan rusak catoda merah.
Setelah sesampainya di pangkalan / rumah, masin kami keluarkan, eh ternyata tdk normal. hanya ada kecil, yakni 25-an volt saja.

pada kesempatan hari lain yg agak lowong, coba-coba obok-obok bagian regulatornya, semua its OK!!! apa yah? dgn penasaran sy coba luangkan waktu setiap ada kesempatan.

nah detik terakhir dhn waktu yg kepepet, sy tes menggunakan chassi mesin cina, kami samakan nilai kapasitas dan volt setiapp titik. ternyata ada yg beda di titik umpan balik yg menggunakan photocoupler, seharusnya pin 1 dan 2 nya nilainya sama. jikalao normal ada 32-an volt.
Tapi yg ini tidak, karna output sementara hanya 25an volt saja maka di pin 2 ada 18volt, dan yg pin 1 hanya 6volt.
usut punya usut ......>>>
kami lanjutkan di malam hari usai pulang kantor mash dgn kondisi sama ada 18v ada hanya 6v.... ternyata penyebabnya taugag???
lihat gambar!!!
iya.. benar, itu trimpot namanya!!!, ternyata komponen iini korosi hingga kontaknya tdk sempurna/ tidak ada. setelah penggantian, akhirnya B+ UP kembali.
trims, smoga bermanfaat.
dan senang sdh membantu!!!


1 komentar:

Rosnida Zainab mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..