05/04/16

Cara Mudah Memperbaiki PSU PC dengan PSU Bekas

Gambar: Kumpulan Set PSU / Power Supply PC.

Nah Sebelum hilang dari benak saya, Maka dari itu saya Buat judul Postingan "Cara Mudah Memperbaiki PSU PC dengan PSU Bekas" .
Anda pasti bilang kok pakai Mudah? kok Pakai bekas?.
Jawabnya begini loh!..

Contoh Skema PSU:


Ada beberapa PSU dengan merek Bagus menggunakan Komponen  Bagus, seperti Elco tegangan tingginya, yang bagus menggunakan 250v 220UF sedangkan yang biasa menggunakan 200v100uf body kecil lagi :(.
NAh kalo elco banyak yang jual.
Kalao Transistor Utama / FET ? nah ini susah di cari. di pasaran biasanya di jual yg KW, ntah kw 1 atau KW2. ini berguna loh. apa lagi yang TR body besar semacam MJE13009. karna beberapa PSU rusak / setengah rusak namun TR masih Bagus.
Lalu ke-3, Kipas pendingin bisa di pakai.
ke-4 anda bisa manfaatkan DIode Output yang memakai pendingin juga. apalagi yg body gede...  

Pengalaman saya, ada beberapa kerusakan PSU antara lain:
1. Sekring - Fuse Putus. Jadinya MATOT.
2. Standby Bagus, tp saat di Star On, di mati kembali.
3. Standby dan on bagus, tapi tidak simetris, shingga Mainboard tdak mau star.

Penjelasannya sbb:
== > untuk Rusak Sekring Putus, biasanya ada kerusakan di bagian primier, bisa di Regulator Standby, bisa di Regulator ON yang menggunakan 2 TR. Jika ELCo tegangan tinggi rusak akan merusak TR Regulator Utara. bisa di ganti dari PSU Bekas yang masih bagus Elco dan TR nya. hem... mudah kan?

== > untuk Rusak  Standby Bagus, tp saat di Star On, di mati kembali., biasanya ada Kerusakan Short pada Diode penyearah (Schotcky Rectifier) bisa dari penyearah 12V, atau 5V, atau 3,3V atau -12V atau -5v .

Berikut Contoh PSU. Maaf Gambar sendiri tak sempat njepret2, soalnya PS keburu mau di pakai main Games sama anak saya hehe..












Semoga Memberi Manfaat.!.

1 komentar:

Rosnida Zainab mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..