17/06/17

cara mudah membuat rangkaian LED Berkedip dengan arduino

Gambar : cara mudah membuat rangkaian LED Berkedip dengan Arduino

Rangkaian diatas tanpa menggunakan Papan PCB atau Breadboard, saya hanya memasang dengan solder resistor 1k di kaki negativ LED, gunanya untuk membatasi arus. agar LED tidak hangus :)/

Dengan keadaan: led berkedip lama on dan off selama 1/2 detik (500 milisecond), dan pin control Arduino pada pin 12.
Sourc Coding nya sbb:

Nah untuk kamu yang baru belajar menggunakan Arduino, kebetulan yang saya Gunakan adalah Arduino Uno seperti gambar diatas, anda harus mempersiapkan :
1. Software Arduino 1.82 (-> juni 2017 sdh terbit);
2. set Hardware Arduino , boleh yang seri Uno,
3. kabel USB output KOTAK, seperti kabel data Printer. ini sebagai pensuplay tegangan ke arduino sekaligus kabel upload coding, sekaligus pengganti adaptor.
Untuk keperluan membuat lampu berkedip, ya harus siapkan 1 buah LED dan 1 buah resistor ukuran 1kilo ohm.

Caranya:
1. solder/jepit resistor ke pin negativ LED, lalu tancapkan di pin Ground pada Arduino yg ditandai kode "GND" kemudian pin (+) positif Led tancapkan pada pin 12 Arduino. sesuai Coding yang kita buat.
2. Pasang kabel Data via USB di laptop dan soket data pada Arduino. pastikan Led Power menyalah. Jika Laptop anda baru pertama kali terpasang Board Ardunio, maka akan terdeteksi perangkat baru. Pilih Auto Upadete Driver sampai berhasil.
3. Open Software Arduino. sebelumnya anda harus Download di web resminya dan mengistallnya.  Pilih Menu File -> New: lalu ketikkan Sourcode seperti diatas. jgn Lupa SAVE.
4. Sebelum Coding kita upload, tes dahalu dengan icon centang yang ada diatas area pengetikan sourccode, jika tak ada error, boleh lanjutkan mengupload .
5. Cara Upload dengan mengKLIK icon Panah-Kanan diatas area pengetikan sourcode, hingga muncul "Done Uploading.."

nah jika tidak ada kesalahan, board Arduino akan langsung mengeksekusi coding tersebut dengan menghasilkan LED berkedip hidup danmati setiap 1/2 detik.

Mudah kan!!!

Semoga Bermanfaat..

Tidak ada komentar: