22/10/17

Abis Ganti Flyback Gambar Jadi Begini..

Gambar: TV CRT dengan Raster Cacat Vertical.

Kenapa yah ?? Abis Ganti Flyback Gambar Jadi Begini..
Kasus banyak terjadi usai para teknisi menggati Trafo Horizontal yang lebih di kenal FLYBACK Trafo / FBT. ini akibat pennggantian komponen bukan yang iriginal/orisinil. akibatnya terkadang output Pin tidak sesuai dengan semestinya.
Bahkan bisa berdampak dahsyat, misalnya pin HEATEr yg seharusnya memiliki output 6V, tertukar menjadi output  Vertical yakni 25v, alhasil Filamen Heater CRT Putus. NAH fatal kan.....
seperti yang pernah kami alami  5 tahun lalu pada TV Polytron Slim.

 Nah Untuk Kasus pada Ganbar diatas, kami sring mendapati FBT dipasaran memiliki output tidak sesuai nomer/kode Flyback. misalnya pin Vertical seharusnya memiliki output 25V tetapi hanya ada 19V.
Lalu bagaimana mengatasi?
Kita dapat menambah tegangan output dengan menambah lilitan ke batang FBT . dengan cara uji coba beberapa kali sehingga mendapatnya output yang pas.

Contohnya pada gambar berikut:

Keterangan:
1. Potong Jalur: dari pin 4 (vert.out) yang menuju Diode penyearah tegangan vertikal.
2. solder kawat email 0,5mm atau babel serabut kecil di pin output lalu lilitkan ke batang ferit fbt arah keKANAN yah.. misalnya 3 lilit. output lilitan di solder kembali ke potongan jalut yg mengarah ke Diode tadi. ulangi hingga memperoleh hasil yang pas.

selamat berkarya.








Tidak ada komentar: