29/08/12

Cara Startup Komputer dengan Dual Boot


Dengan Dual boot kita bisa menggunakan komputer dengan Sistem Operasi  (OS) yang berbeda-Beda, misal OS Microsoft Windows dan OS dari Linux Ubuntu.
Nah, Tau gak Cara memilih booting OS yang mana akan kita gunakan? bagi yang sudah terbiasa mungkin akan langsung menjawabnya.
Bagaimana dengan yang masih awan?
DI bawah ini saya suguhkan Hasil PrintScreen Komputer/Laptop yang menggunakan sistem OS Dual Boot.   

Kebetulan di gambar diatas menggunakan Dual Boot yankni dengan OS Linux Ubuntu dan OS Mirosoft Windows XP.
Untuk Dapat Login/Startup komputer anda, Jika sudah sampai seperti tampilan diatas, anda sisa memilih booting pakai OS apa? Sebagai acuan, tulisan yang berlatar warna putih itulah yang saat ini tersorot/terpilih. Untuk memilih kita menggunakan tombol panah ATAS danPanah Bawah. Jika sudah yakin, anda sisa meng iya kan dengan tekan tombol ENTER di laptop atao kmputerPribadi anda.
Sebagai Contoh kita akan Login menggunakan OS Windows, Berarti kita harus memilih sorotan kursur kita ke bawah, dengan cara tekan tombol panah bawah sebanyak 4x, sehingga latar putih pindah ke Kalimat Microsof Windows, lalu tekan Enter.
Ini Pengalaman saya: saya menemukan netbook merk HP dengan Dual booting, menurut yg punya biasanya dia menggunakan Netbook itu dengan software Windows, tapi sekarang kok tampilan lain!!!>>
Setelah saya teliti, ternyata netbook itu memilih booting ke Linux Ubuntu, karna user tidak memilih, maka BIOS secara default memilih Linux Ubuntu untuk startup. Nah ketika Saya restar kembali sampe kembali ke Screen Pilihan booting, saya coba memilih Windows dengan tombol Panah Bawah, namun Kursor/pilihan tersorot tidah mau pindah. Saya pilih Tombol Panas Atas, sepertinya goyang namun Mentok,
Kemudian sy cari keybord CPU yang pakai Colokan USB, Lalu Netbook HP itu saya restar kembali, sampai di screen Pilihan booting Lalu saya coba pilih booting Windows dengan Tombol Panah Bawah di Keyboard CPU itu berhasil, kemudian saya ENTER. Akhirnya Netbook itu Starup menggunakan Windows XP. Kesimpulannya: Ternyata Tombol PANAH BAWAH Netbooh HP itu Bermasalah.
Demikian pengalaman saya semoga bermanfaat.

nb: Untuk Tutorial membuat Dual Booting bisa mengarah ke SINI

3 komentar:

Bali Villas mengatakan...

kalau menggunakan 2 harddisk, dan keduanya terisi os yang berbeda gimana caranya gan untuk bisa memilih osnya pada waktu startup? thanks

YanZ mengatakan...

jika pada CPU, kita bisa mengakali dengan merubah urutan HDD pada BIOS...

Andi St Hardianti mengatakan...

maaf mau tanya besok kira2 buka atau tdk service lg yg di pettarani?kalau mslnya tv tiba2 tdk bisa nyala lampu indikatornya,,apakah yg rusak kabel atau adaptornya?dan itu masuk garansi atau tdk?