25/01/13

Cara memperbaiki Mesin Cuci Rusak Pulsator

Banyak Macam Penyebab Mesin Cuci rusak atau tidak Berfungsi Normal, Baik itu Mesin Cuci Otomatis (1tabung)  maupun Mesin Cuci Manual (2Tabung), Nah kali ini saya membahas Cara memperbaiki Mesin Cuci Rusak Pulsator. Anda tau yang mana itu Pulsator???
Berikut Gambarnya:
Nah dengan Melihat Gambar diatas, pasti ada sudah Faham yang mana itu Pulsator Mesin Cuci. Ya.. satu alat pada mesin cucui yang berguna sebagai pengucek cucian. Bahannya dari Plastik sehingga dapat juga rusak/kropos.

Nah setiap mesin cuci mengeluarkan dan menggunakan Model yang berbeda-beda, juga AS-nya, ada yang segi 4 ada juga yang bundar bergerigi.
Mesin Cuci Rusak PULSATOR di tandai dengan tidak berputarnya cucian ketika perintah washing/memcuci di lakukan. Namun Ketika tiadah ada cucian/beban dia berputar. Ditandai juga adanya suara kasar.saat dia berputar.
Cara Lain Coba buka Penutup Belakang Mesin Cuci, Lalu jalankan Pencucian dengan beban / ada cuciannya. Jika Putaran motor dan vBelt lancar namun cucian tidak berputar.
Selain Pulsator, bisa disebabkan oleh Rusaknya dudukan PULSATOR kalo tdk salah namanya ASBOX.
Harga Pulsator sekitar Rp.75ribuan.
Pulsator dikaitkan dengan asnya melalui 1 buah Baut. Jadi Untuk membukanya harus membuka pelindung Baut, dengan cara mencongkel tutup atas pada Pulsator.
Pulsator Rusak Karena Dudukan AS ke Body Pulsator Pecah, ini lebih disebabkan kelalaian pengguna, dimana ada benda2 keras yang ikut masuk ketika memcuci, biasa juga kancing Jeans yang lepas.
Jadi Saran saya Ketika terdengar suara tidak Wajar, periksa dahulu baru menlanjutkan Pencuciannnya.
Sekian. 
   


MACAM-MACAM Kode Error Mesin Cuci lihat di SINI

510 komentar:

1 – 200 dari 510   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

Mas, klo mesin cuci tdk bisa muter tapi ada suara dengung, kenapa ya ?

K@k'Yanz mengatakan...

coba putar manual pakai tangan ... mash bisa putar apa gag? siapa tahu lengket. jika mash ringan, biasa rusak Capasitor Startting-nya.

K@k'Yanz mengatakan...

ulasan lengkap mengenai MENDENGUNG di
http://wyn-suparno.blogspot.com/2013/01/cara-memperbaiki-mesin-cuci-hanya.html?showComment=1359259280410#c4006254027523780345

Unknown mengatakan...

dalam mesin cuci 2 tabung vBelt itu sendiri aslinya kenceng/ngepres apa agak longgar, saolnya mesin cuci yg dirumah kendor padahal dah ga bisa digeser dudukan dinamonya mohon penjelasannya. untuk penjelasan diatas kasusnya sama seperti yg saya alami sekarang tadinya mau ganti kapasitor tp setelah mendapat info diatas ada betulnya juga, terima kasih Bang atas informasinya semoga lancar slalu

Unknown mengatakan...

mesin cuci 2 tabung merk sanyo saya, kemunkinan rusak pulsatornya, saya mau bongkar pulsatornya, baut dan ring'nya sdh saya lepas tp pulsator ga mau lepas jg padahal sdh berbagai cara termasuk dgn dicongkel pake obeng, bagemana tuh bang, cara lepas pulsatornya, padahal baut dan ring sdh saya lepas.

mohon petunjuknya bang... ^_^

K@k'Yanz mengatakan...

harusnya jika baut sama ring sdh kelepas, sisa tarik..
Ccoba congkel pelan2. siapa tahu ada yg menjepit/terhimpit akibat rontoknya AS pulsator..

anang mas mengatakan...

Nanya juga, mesin cuci saya otomatis 1 tabung pintu atas. Kok disi air sampai meluber kagak mau berhenti. Bisa bantu ga bang.. Trm kasih

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinan sensor ketinggian air gag fungsi..
Coba cek..

K@k'Yanz mengatakan...

atau malah motor katup buka tutp isian air yg rusak....

Anonim mengatakan...

mas tanya? mesin cuci saya 1 tabung waktu start cuma mendengung saja,tidak bisa putar, tombol-tombolnya yang fungsi cuma start sama on/offf, kapasitor sudah ganti baru,tetap gak ngaruh apanya ya.. mohon solusinya. trima kasih.

K@k'Yanz mengatakan...

coba ukur kalo lagi star/dengung voltase masuk di Motor, ada 220v tidak, kalo ada kemungkinan Motor hangus..

Unknown mengatakan...

tanya mas?mesin cuci saya suaranya kasar ,stlh dicek baut pd as sdh karatan dan kendor.trs sy ganti bautnya,disaat berputar yanpa beban bs hlus suaranya.tp setelah diksih beban kasar lg dan putaranya jd lmbat.sy cek lg,baut pd as yd tdnya udah dikencangkan kok jd kendor lg.mohon solusinya.trima kasih

K@k'Yanz mengatakan...

coba perhatikan putaran motor dilihat dari belakang mesin (buka dulu tutupnya), apa putaran secara kasat mata sama ato tidak saat di beri beban,
Jika berubah: brrti motor rada haus..
kalo tidak : kemungkinan Karet spidel itu rasa los, tau malah pulsatornya rada rontok...

doc mengatakan...

Mas,
Mesin cuci 2 tabung Sh***.
Kalau beltnya sering lepas ada atau tidak ada beban, padahal beltnya sudah diganti dg yg baru. Jadi kira2 kenpa mas ya. Solusinya bagaimana .?

Thanks
Doc

K@k'Yanz mengatakan...

coba perhatikan.. dudukan belt miring gag?? atau malah penyangga samping pada dudukan belt di tabung yg pecah, coba perhatikan secara seksama..

Anonim mengatakan...

Menyambung air yg meluber,tlg jlskan dgn skema biar agak jelas

K@k'Yanz mengatakan...

maaf sy tidak mengerti... bs detailnya?

Anonim mengatakan...

Mas,
saya punya mesin cuci full outomatic 1 tabung top loading, ada masalah yaitu tidak bisa membilas dan nengeringkan, hanya bisa mencuci. keluar tulisan E4 di panel control yang artinya penutup mesin cuci harus tertutup pada saat spin, padahal penutup tsb sudah tertutup. bagaimana solusinya, terima kasih.

K@k'Yanz mengatakan...

coba periksa swict yg ada di bawah tutup . siapa tahu putus di makan tikus..

Anonim mengatakan...

mas,saya mau nanya,mesin cuci nya kalo muter kiri suaranya bagus,tp kalo muter kanan suaranya kaya yang berat,mau d buka tutup pulsator nya tp susah bangat,bagaimana solusinya,terima kasih

karimun jawa mengatakan...

Mas mesin cuci sy airnya keluar trus jadi ga bisa nyuci kenapa y

Anonim mengatakan...

mas mesin cuci saya kok berputarnya lambat ya? seperti ada yang nyangkut (seperti benang tertarik)sudah dibuka tutup pulsatornya gak ada apa-apa,tapi kadang normal lagi,seringnya sih lambat berputarnya,itu kenapa ya?terima kasih

K@k'Yanz mengatakan...

coba cek tali karet antara motor dengan as pulsator... siapa tahu sdh longgar..

Anonim mengatakan...

Mas...,mau tanya drmh ada mesin otomatis 1 tbng,kalau di on kan blm 2 dtk mati jadi diulang-ulang sampai berapa kali baru berfungsi,tlng penjelasannya?makasi

Unknown mengatakan...

mas ada jual spare partnya ndak saya cari pulsator mesin cuci merek general diameter 34 cn

K@k'Yanz mengatakan...

wadoh ... alu bukan tokoo mas....
aku biasa beli bawa contohnya. jg gag mesti merek itu. liat sama model bunga dan dudukan pulsator kalo mmg gg ada yg persis..

yenrubi66 mengatakan...

saya punya mesin cuci sanyo satu tabung, kendalanya kalau waktu pengeringa / pemersan suaranya keras banget brisik, itu gimana cara mengtasainya ? trims Yen Rubiantoro

K@k'Yanz mengatakan...

siapa mengKARAT mas.. coba putar pakai tangan bak pengering, harusnya ringan.

Unknown mengatakan...

Mas,mau tanya mesin cuci sanyo 1 tabung tiba2 mati apa modulnya rusak ya,trims penjelasanya

Samsul Hakim mengatakan...

mas,,mo nanya saya mencuci pake tangan setelah nyuci ko tangan saya pegel2 kenapa hya,,,gkgkgk

K@k'Yanz mengatakan...

pasti si emasnya KURANG olahraga... jadi pas dapet kerja keras dikit udah pegel.
Atau anda mengalami rematik...
Solusi: kunjungi Dokter..

K@k'Yanz mengatakan...

secara normal, pertaman di colok biasanya lampu power nyalah. jika tidak, coba cek kabel atau sekring, siapa tahu di makan tikus. jika baik2 saja, kemungkinan modul bermasalah. berikan pada ygberpengalaman. HATI2 Kontak LIStrik ckckckckc

Unknown mengatakan...

mas mesin cuci sy 2 tabung, pd saat mesin cuci dinyalakan berputar dengan baik, tp pd saat hampir mau selesai listrik terjadi padam (jegleg). mohon solusinya

agus mengatakan...

mas,mesin cuci sya 1 tabung tapi waktu pengisian air keluar airnya kecil banget jd waktu prosesnya tambah lama,mohon untuk solusinya?.

K@k'Yanz mengatakan...

coba periksa Katup tempat masuk air, disana di control dinamo kecil yg berfungsi buka tutup saluran air.. atau malah dimano itu yg sdh tidak maksimal kerjanya..

K@k'Yanz mengatakan...

MASnya yg kemaren tanya via WhatsApp ya?
Agak Aneh sih itu mas..
Andai motor Rusak, pasti setiap onkan timer langsung njegleg.
di Timer itu cuman ada 1 arus/Phasa, jd gg bakalan korlet dari sana.
Coba Periksa Elco Starter, Juga MCB dirumah anda siapa tahu sudah agag Longgar jg gampang njegleg...

Anonim mengatakan...

Mas, saya mau nanya bagaimana cara buka baut pulsatornya, kearah mana untuk membuka baut pulsatornya.

K@k'Yanz mengatakan...

waduh......
ya putar kiri kalo mow buka, ke kanan kalo mau lepas..
Kecuali Kipas angin ygtutup baling2nya yg terbalik putaran ulir As-nya

dicky clara mengatakan...

mas booss saya punya mesin cuci merek Denpo satu lubang kondisinya modulnya mati.... rencana mau saya rubah menjadi manual( pake timer yg biasa di pake buat mesin cuci lubang dua) kira2 bagemana ya cara penyambunganya.... trimakasi sebelumny....

K@k'Yanz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
K@k'Yanz mengatakan...

intinya anda harus mengganti relay/saklar pada mudul otomatisnya. dengan timer yang pakai mesin cuci 2 tabung.
saklar arus ke penggerak motor gunakan timer Washing, 3 kabel,
saklar arus ke open close inklet valve (Katup masukan air bersih)
saklar berfungsi sebagai penarik Tuas katup buangan air.
saklar arus ke motor washing tapi di pakai 1 kabel agar putaran tidak bolak balik, akan mengahasilkan afek yg sama seperti motor pengering. gunakan timer pengering.

lebih gampang harus menggunkan skema, biasanya tertempel pada belakang body mesincuci.

Anonim mengatakan...

mas saya mau tanya . mesin cuci saya rusak... waktu di kasih air dan cucian tidak mau berputar. apabila di tekan tombol start malah keluar airnya. aneh banget.....giliran aku cabut colokan terminal bisa berputar kemudian diem lagi. di panelnya tertulis 1 huruf 1 angka gk jelas. mau spin jg gak bisa. apabila airnya penuh mau di spin kan biasanya keluar semua airnya tapi itu tidak. cuma keluar air dalam 5 detik

hehehh maaf terlalu panjang
mohon pencerahannya

K@k'Yanz mengatakan...

wah rusak modulnya tuh.
itunamanya Eror 11,
Maaf aku gag punya referensi error 11...

Muhammad mengatakan...

Salam.
Mau nanya nih mas... mesin cuci ku merk shxxp gitu. Full automatic. Tp belakangan ini bermasalah. Kadang tombol on/off nya mau hidup tp kadang capek di tekan2 kagak mau hidup. Kira2 apa solusinya mas. Thank U

Anonim mengatakan...

kalo dibenerin .biayanya kira" mahal ndak mas ,,, soalnya itu punya mbk saya....................

mohon pencerahannya ....

K@k'Yanz mengatakan...

salam..
kemungkinan switc/tuts yang ada di dalam sudah haus, tidak bagus kerjanya karna faktor usia pemakaian,
Solusi ganti tuts, atau sekalian ganti 1 set modul.

K@k'Yanz mengatakan...

harga mudul/mesin dari harha 300rb sampai 500rb, ongkos pasang biasa 150rb.
Mending kalo tinggak di KOTA, bawa ke SC langsung...
Di tambhin Garansinya LOH..

Anonim mengatakan...

Mas, mesin cuci saya merk sanyo ASW-B90HT 1 tabung, udh beberapa hari ini klo jack kabelnya dicolokin, layar waktu & lampu diatas tombol semua nyala. Jadi kaya ada yg konslet. Pada waktu kejadian yang pertama, di bagian tombol yg atas deket pintu, dicoba dibuka trus di tiup pakai hair dryer, setelah itu mesin cucinya normal kembali. Tapi kemarin terjadi lagi, trus dicoba pakai cara yang sama, tidak berhasil. Menurut Mas, apanya yg rusak ya...mohon pencerahannya...???

Unknown mengatakan...

mas mau belajar jadi montir mesin cuci dimana apa di kota tangerang ada kalau ada beri info alamatnya....terimakasih

Unknown mengatakan...

mas klo pengeringnya g mau muter itu knp ya??plus solusinya gmn??

K@k'Yanz mengatakan...

coba baca artikel ini:
http://wyn-suparno.blogspot.com/2013/06/mengatasi-mesin-cuci-2-tabung-yang.html

K@k'Yanz mengatakan...

waduh gag tau mas. aku di makassar, setau aku asal berani sama listrik, atau cari mesin cuci rada rusak, jadiin paraktek..

K@k'Yanz mengatakan...

bisa jadi bord controlnya yg bermasalah

Anonim mengatakan...

mas nanya mesin cuci saya samsung 1 tabung klu mo buka tubenya gimana caranya ya soalnya pecah terima kasih infonya mas

Anonim mengatakan...

mas mau tanya mesin cuci 1 tabung (Sanken) saya tidak mau berputar meskipun air sudah pada levelnya tetapi ketika digunakan sebagai pengering dapat berfungsi dengan normal, thanks before....

Anonim mengatakan...

mas gan numpang nanya...... mesin cuci saya LG 1 tabung punya masalah pada saat mesin cuci ON ato OFF ato saat beroperasi air dari keran tetap saja mengalir kedalam tabung tidak mau berhenti. jadi untuk menghentikannya sy lakukan secara manual menggunakan keran luar... untuk mengatasi mohon pencerahannya mas gan.....???????

Anonim mengatakan...

coba saya bantu.. buka cover atas, ada selang untuk level air, biasanya selang lepas.

Anonim mengatakan...

mas mau tanya kenapa ya tombol start mesin cuci 1 tabung sam***g ga bs fungsi tp tombol yg lain bisa fungsi.tlg dibantu pemecahan masalhnya mas.mksh...

Anonim mengatakan...

mas kalau mesin pengeringnya tidak bisa putar apa kerusakanya?mesin yang saya pakai di rumah sanyo sw-p8130T

K@k'Yanz mengatakan...

Kemungkinn alat buka-tutup saluran air tidak berfungsi. Bisa karena rusak atau kebl putus di gigit tikus.
Kalo berani coba buka tutup belakang mesin. perhatikan ..

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinn tombol/komponen tuts dalam itu sdh kalah..
mesti di ganti..

K@k'Yanz mengatakan...

coba buka tutup belakangnnya, trus fungsikan pengering, kalo tidak berputar coba dengarkan ada suara mendengung atau tidak, siapa tahu kebl ada putus di gigit tikut. itu paling sering terjadi.
kalo mendengung , coba bantu putar, jika mau, kemungkinn capasitor Starting rusak.
Mesti diganti

YENDRI, SE, AK mengatakan...

ganti modul harganya 450 ribu.... apa emang ada ya boss... ganti tuts..?

K@k'Yanz mengatakan...

Mksdhnya ganti tuts sendiri, kalo di tukang servisnya mana mau repot2 karna harus lepas dulu lapisan pelindung dari air itu, susah loh.
Dari pada 450rb?? hahaha.
Kalo susah cari tutsnya, tukar saja sama tuts lain yg jarang dipakai..

Anonim mengatakan...

Mas mau nanya..mesin cuciku Sanyo ASW 85SB pada ON air tidak ada yang mengalir ke dalam tabung padahal air keran ngalir kenceng. apanya yang bermasalah yaa mas... Mohon bantuan pemecahan masalahnya Mas.... Makasih

Anonim mengatakan...

mas mesin cuci sanyo saya tiba2 gak ada power,bahkan panel lcd nya pin gk nyala.kira2 apa penyebabnya,trims

Anonim mengatakan...

Mas.aku Ƥΰn̲̅Чά msin cuci LG kok Gªќ bs muter yah.... Sperti tidak msuk trom pdhl sudh di periksa kbelx tapi tetap Gªќ nyala kira2 apax yg rusak?? Mohon bantuanx..

K@k'Yanz mengatakan...

setau saya,
mesin cuci otomatis itu, jika pertama kali di colok, lampu Led dan display akan menyalah sekejap, dan jika tidak ada instruksi maka ia akan standby.
Jika tidak seperti itu, dan dan sudah periksa kabel: kemungkinn papan control / mainbord bermasalah, disana terdapat sekring/fuse. siapa tahu putus,,,,

K@k'Yanz mengatakan...

coba periksa kabel, sekring... kebanyakan Mesin cuci,, rusak gara-gara kabel di gigit tikus.
Nah jika bagus smua, kemungkinn bermasalah pada Papan PCB COntrol..

Anonim mengatakan...

Mas mo nanya, mesin cuciku LG menolak berputar seolah tutup mesin tidak tertutup. Saya cek bagian tutupnya ada plat besi/logam yang sudah berkarat dan pecah. Apa mungkin ini penyebabnya atau memang perlu ganti sensor atau bahkan modul keseluruhan? Oh ya, biasanya di toko macam apa sich kalo beli spare part mesin cuci ?
Terima kasih atas tanggapannya.

K@k'Yanz mengatakan...

oh iya, itu saklar pengaman, jika dalam keaadaan berputar , tutup di buka , maka listrik ke motor akan putus, Mestinya harus di ganti, jika susah, bisa sementara di sambung langsung. tapi hati2 mesin berputar terus walo tutup di buka.
Biasanya di Toko sparepart mesin cuci atau AC / kulkas. paling gampang cari di servis centernya kalo anda berada di kota besar...

Sigit mengatakan...

nyuci uang aja biar gak pegel..

Unknown mengatakan...

mas saya punya mesin cuci panasonic kondisi normal cuma tutup tengan pada tabung pencucian itu lepas sendiri saat mencuci....solusinya gimana ya?

ade noviansyah mengatakan...

mas, mesin cuci merk sanken 2 tabung setiap 15 menit mesin tidak berputar dan tidak ada dengung, sebelumnya putar ke kanan bagus, putar kekiri dengung sbentar trus berputar lg, mohon bantuannya terima kasih

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinan rusak Timer/ tombol putar itu..

Unknown mengatakan...

Pak Yanz, mohon bantuan, mesin cuci saya samsung 1 tabung (fuzzy) muter terus, kenapa ya? ketika power pertama kali dihidupkan langsung muter. terimakasih.

Blognya mas adi mengatakan...

Pak,mesin cuci saya sanyo 1 tabung top loading. Kalo nyuci dan spin ny cepat, suka bunyi benturan antar tabung dan dinding mesin cucinya. Bagaimana yah cara mengatasiny?

K@k'Yanz mengatakan...

coba kurangin jumlah cucian, juga ratakan posisi cucian..

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinn bermasalah pada mainboard control, disana terdiri dari komponen Relay sebagai On-Off elektronik, bisa juga berupa Transistor..

Blognya mas adi mengatakan...

Kapasitas mesin cucinya 8,5kg baiknya untuk berapa potong baju?

K@k'Yanz mengatakan...

biasanya yg sedang-sedang , setengah dari tinggi tabungnya, dan itu sudah berisi air cukup..

Anonim mengatakan...

Pak..mau tanya....mesin cuci saya merk LG 1 tabung..kmrn pengering masih fungsi tp gak sperti biasa.pakaian msih sdkit basah..hari ini gak berfungsi sama sekali..trus gak mau buang airnya juga..mohon dibantu...terima kasih sebelumnya

K@k'Yanz mengatakan...

display Ada muncul Error gag? apa Normal Seperti biasa?
coba periksa kabel2 di dalam, siapa tahu di makan tikus..

Unknown mengatakan...

Mas bro,q punya masalah dengan mesin cuci sanken motornya susah mutar aq coba manual bisa,trus coba lepas belt motor ttp ga bisa mutar alias hrs manual lg,apa motornya yg sdh mulai ga normal atau capasitornya yg problem?

Anonim mengatakan...

gak ada eror..normal sperti biasa...masih bisa di pake wash...tp gak bisa spin aja

jsunt mengatakan...

Mas Mesin cuciku LG 1 Tabung Kenapa 3x putar kekiri 3x putar ke kanan langsung berhenti mesin berdengung klau buat spin kok normal, capositor udah di ganti masih belum bisa mohon solusi..?

K@k'Yanz mengatakan...

coba kurangi jumlah cucian, kalo mau brrti motor sdh stgh Rusak...

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinan capasitir Starter yg rusak. coba ganti dulu..

Unknown mengatakan...

Mas Yans, mesin cuciku Sanyo ASW-45Y1T 1 tabung pintu atas, kerusakkannya air ngocor terus sampai luber kagak mau berhenti, yang saya sudah lakukan 1.saya cek tegyg masuk benar 220V, 2.saya cek water level sensor baik, 3.saya cek partnya water valvenya baik (Test langsung diberi tegangan 220V bekerja), tetapi tegangan yg diterima 125V sedangkan seharus 220V (jadi tidak bekerja) 4.cek tegangan 125V keluarnya dari modul PCB, saya coba ganti Relay 5V yang ada dimodul PCB sama juga tidak ada perubahan (Water Valve tidak bekerja), ada kerusakan part apa lagi yg ada dimodul PCB yang rusak perlu diganti ? atau modul PCB bisa beli dimana dan harganya berapa ? Bisa bantu Mas.. Trm kasih

K@k'Yanz mengatakan...

yakin water VAlve jalan?... coba tes ketika air agak tinggi apa ada tegangan untuk stop ke Valve?

Unknown mengatakan...

Water Valve kalau dicopot dari mesin cuci, test langsung diberi tegangan jalan (baik), saya coba di mesin dengan kondisi air sampai luber, tidak ada (tegangan 220V / Triger) dari modul PCB (tegangan hanya ada 125V dikedua ujung kaki Water Valve, lalu saya cek Water level sensor juga baik switchnya (saya coba tiup, switch dalamnya bekerja baik saya test dengan Ohm meter / ada 3 kaki terminal)lalu saya coba ganti Relay 5V yang ada dimodul PCB sama juga tidak ada perubahan (Water Valve tidak bekerja), apakah ada kerusakan part yg lain lagi dimodul PCB, yang perlu diganti ? atau modul PCB bisa beli dimana dan harganya berapa ? Bisa bantu Mas.. Trm kasih

K@k'Yanz mengatakan...

brrti ada kerusakan pada Mainbord Control, bisa jadi sensor katinggian air yg bermasalah... jika komponen Valve bagus...
ada dijual Modul Multi, sesuaikan dengan model dudukannya pada mesin, harga mulai dari 200rb-500rb..

Unknown mengatakan...

Selamat Idul Fitri 1434H Mohon Maaf Lahir dan Batin, mau nanya yg bisa service modulnya dimana ya ? dan kalau mau cari yang jual modulnya di mana ? Trm kasih

Anonim mengatakan...

klmas mau nax, klau mesin cucix kadang2 klau berputa kencang, mesin cucix lompat2, gimn solusix??

Unknown mengatakan...

mas mau tanya, mesin cuci sya merk LG yg 6 kg, blh nggak d ganti kapasitasnya jd 8 kg

Unknown mengatakan...

Mas, mesin cuci saya lg 1 tabung top, dia g mau muter g mau ngapa2in, begitu dicolok trus water level nya nyala semua sambil ada suara bep,bep,bep???? Itu apanya yg rusak ya?mohon pencerahanya

Anonim mengatakan...

Mau nanya,mesin cuci sy samsung 1 tabung,top loading,begitu listrik di colokin muncul pesan IE,habis itu nggak bisa ngapa-ngapain..itu knapa ya?

Anonim mengatakan...

Mau nanya,mesin cuci sy samsung 1 tabung,top loading,begitu listrik di colokin muncul pesan IE,habis itu nggak bisa ngapa-ngapain..itu knapa ya?

Adrian Yuliansyah mengatakan...

Tanya Mas..mesin cuci 1 tabung top loading (ASW 85SB SANYO). tombol papan diatas saat dihubungkan ke stop kontak. lampu led nyala semua., mohon dijelaskan solusinya. makasi.

K@k'Yanz mengatakan...

ooo. rusak mainbord Controlnya.. ganti 1 set

K@k'Yanz mengatakan...

itu mengalami Error dengan kode IE, maaaf sy belumpunya referensi untuk kode error ini

K@k'Yanz mengatakan...

biasa bisa sih, khan ukuran kapasitor beda dikit..

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinan bermasalah pada Pulsatornya, mungkin hampir rontok. coba putar pakai tangan pulsatornya, ada rasa nyangkut tidak???
cek guna tali vbelt yg ada pada dinamonya...

Anonim mengatakan...

Mesin Cuci 1 tabung top loading samsung, tidak bisa di on kan, kira-kira apa ya Mas, Makasih, balas

Anonim mengatakan...

Pertanyaan ndak bermutu, mencerminkan orang nya.

Smiet Lalove mengatakan...

bang, gabung yah, saya brusan perbaiki Mesincuci panasonic aquabeat, masalahnya, semua lampu indikator dan seting program berfungsi. tapi tidak ada reaksi dari motor dan tidak ada dengungan. apakah bisa kita vonis kerusakan pada motornya atau ada masalah lainnya, moh0n pertunjuk bang, trimkasih.

DENPOO DWF-09 mengatakan...

Pa Yanz, mesin cuci saya merk DENPOO Model DWF-09, lagi ngadat display keluar kode E4, setelah power dihidupkan, apa artinya E4 yd di display itu ya, jadi setelah ada kode tsb mesin cuci saya tidak berfungsi alias tidak bisa bekerja,tolong bantuannya Pa Yanz, terima kasih. Kurnadi Halim

K@k'Yanz mengatakan...

Coba Periksa perkabelan, Mesin Cuci rawan Tikus loh.. Suka skali makanKabel..

K@k'Yanz mengatakan...

Berrti mengalami Error Dengan Kode Error E4,
Maah sy belummemiliki referensi dengan Kode ini..

K@k'Yanz mengatakan...

Lampu Power Hidup GAG>???
jika Tidak, coba periksa FUSE/Sekring..

Anonim mengatakan...

mas, mesin cuci saya 2 tabung. tabung bwt pengeringnya lancar tapi tabung bwt cuciane cuma dengung aja. tak coba ganti kapasitor yg baru tapi hasilnya masih tetep dengung aja. apanya ya mas? trus solusinya gimana? thanks..

K@k'Yanz mengatakan...

Coba buka tutup belakangnya...
Trus putar pakai tangan bagian pengering... macet gag??
kalau perlu lepas dahulu vbelt.
dia harus nya tidak macet. jika tidak macet/lengket brrti motor rusak/hangus...

Unknown mengatakan...

Mas mesin cucinya kalau eror kode PE. Kira" apanya ya mas.....trs solusinya gimn ya...mohon bantuannya....mksi...!!

Unknown mengatakan...

Coba bantu ya Mas Yanz! Inlet Error (periksa filter di unit mesin cuci, tekanan air, selang mampet) Semoga membantu.

RT

Anonim mengatakan...

Mas YanZ, maaf kalo boleh tau switch di bawah tutup itu posisinya di mana ya?

Anonim mengatakan...

Mas YanZ, mesin cuci sanyo 1 tabung tapi pengeringnya sekarang mati, ada suara dengung.kira2 apa masalahnya ya?

Anonim mengatakan...

Salam Mas Yanz, mohon supportnya, mesin cuci 1 tabung sanyo. Untuk pengeringnya (spin) tidak bisa berputar. Ketika modem spin aktif hanya ada suara dengung. Kira2 masalahnya di mana ya?

K@k'Yanz mengatakan...

coba kurangin jumlah pakaiannya.. mau gg?

Anonim mengatakan...

mas kalo code CL pada mesin cuci LG 1tabung solusinya gmn ?trims

Anonim mengatakan...

Gak bisa Mas, kosong juga gak bisa. Mohon pencerahannya ya

K@k'Yanz mengatakan...

kalu tahu pakai alat ukur listrik, coba pastikan ada tegangan gag sampe di ujung kabel ke motor. kalo ada kemngkinn motor sdh rusak

Anonim mengatakan...

Mas Mau tanya mesin cuci saya Sanyo automatic 1 tabung top loading pulsator bawah berputar tetapi Tabung yang biasanya berputar waktu wash atau spin gak mau berputar....itu yang yg rusak apanya ya ...Makasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

bos mau tanya,,mesin cuci sy sanyo 1 tabung full otomatic,,skrg kl tuk wash mutar_nya lambat n spin_nya tdk berputar hanya ada suara mendengung,,mhn penjelasan n solusi_nya,,,?

Unknown mengatakan...

Mas msn cuci sy sanken 2 tub, pada wktu cuci listrik langsung mati dirumah, sebelumnya wktu cuci msin slalu mencuci terus tnpa jeda, tp pengering bagus, skarang sy gnti timer cucinya tp pengeringnya jadi mati total, sy cek n urutin kabelnya sdah sesuai, kenapa y mas?

Unknown mengatakan...

Mas saya punya mesin cuci panasonic 1 tabung NA-F60A5, pulsatornya tidak mutar bautnya selalu terbuka sendiri atau ngangkat..saya dikencangkan lagi bisa tp tidak lama ngangkat lagi bautnya hampir lepas..itu kenapa ya mas...tks seblumnya..

Anonim mengatakan...

mas yanz nanya ya.. mesin pencuci 2 tbng saya berputar klo d bantu pake tangan.itu pun lambat..dah saya ganti kapasitor /kencangi belting masih lambat..tlong penjelasan nya dong.. makasih

K@k'Yanz mengatakan...

kmungkinn motor sdh au rusak..

K@k'Yanz mengatakan...

longgar kali ya??

Unknown mengatakan...

Mas,Saya punya mesin cuci merk sharp type otomatis,pada waktu pembilasan atau pengeringan terjadi kebisigan terdengar pada mesin cuci tersebut seolah2 ada yg terkena body mesin cuci tersebut,
pertanyaan saya.apa yg harus dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinan tumpukan pakaian tidak rata. jadi oleng putaran tabung mesin..

Anonim mengatakan...

gan saya punya mesin cuci dua tabung..spiner nya matot ga bisa sama sekali...sebelum nya mati itu kalu diisi pakaian basah nyetrum makanya dicabut dulu sebelum di pindah dari pencucinya ke pengeringnya takut kesetrum...tapi beberapa lama kemudian malah ga nyala gan...dah saya priksa dari saklar pengaman sampe kekabel nya ga ada yg putus...bagus semua ....gimana lagi ya gan sayang duit kalu beli lagi yg baru...padahal baru setahun -+...jadi kira2 diagnosanya apaan yah...mohon penjelasannya

K@k'Yanz mengatakan...

yg nyetrum yg mana? pencucinya atau pengering/spin???
penyebab nyetrum ketika ada sambungan kabel terlepas isolasinya dan nempel ke bagian yg basah...
atau juga kabel lilitan pada motor ADA YG TERBUKA/TERKUPAS..
coba cek dahulu menggunakan alat ukut Volt AC.. ada tidak 220v di kabel menuju motor spin jika saklar Spin di putar ke posisi ON?? jika ada kemungkinan Motor rusak. harga baru skitar 250rban... tp pasang sendiri hehehe

Unknown mengatakan...

mas mau tanya mesin cuci denpo saya tidak mau spin..klo buat nyuci masih bisa...spinnya gak bisa dan saat mengisi air masih sedikit mesinnya udah ngucek/giling.mohon bantuannya mas,trims sebelumnya

K@k'Yanz mengatakan...

mesin 1 tabung/otomatis ya??

Anonim mengatakan...

spin nya gan ....
tapi sebelum itu beberapa minggu nyetrum kalu disi pakaian basah tapi masih bisa muter spinnya gan...nah baru baru ini kojorr gan alias modar ga nyala sama sekali spinnya...tapi yg buat cucinya masih hideup....dah saya priksa kabel2 nya serta saklar safety nya seperti apa kata para dokter mesin cuci ga ada yg coak atawa yg rusak di badog tikus gan....brarti motor nya apa hal yg laen gan...

mohon pencerahannya gan....hehe tenkyu somat

K@k'Yanz mengatakan...

mesti ganti motor Spin gan. merek cina kalo gg salah harga 250rban..

Anonim mengatakan...

bisa kasi tau urutan bongkar nya ga dari mana dulu gan...takut salah...kali aja ane jadi tukang reparasi...hehe..

tenkyu gan atas pencerahannya...

kmicaringin mengatakan...

ikum mas...... kenapa mesin cuci sanyo saya enggak laku dijual

Anonim mengatakan...

punten mas, mesin cuci saya Sanyo 1 tabung, begini kelakuannya, on-star-air masuk normal sampe berhenti sendiri(gak usah disuruh)-kadang tabung muter tapi pelan, kadang diam (kayak lg galau)-air kluar (tanpa disuruh juga) sampai habis-tabung muter kenceng (kayak kemasukan jin)-berhenti (walau nggak disuruh)-air masuk lagi (meskipun nggak bawa ikan)-tabungnya ya gitu loyo (kayak malam jumat diporsil sampai beberapa ronde)-airnya kluar lagi(kerumah tetangga)-lumayan keringlah bajunya-tanpa disuruh mati sendiri mesinnya..... knapa ya mas, padahal jujur saya engggak pernah dipake nyuci cd

Rachel n Raphael mengatakan...

Mohon pencerahan Bli Wayan...mesin cuci saya Sharp ES-N70EY Aero Dry tidak bisa hidup sama sekali. terakhir dipakai masih berfungsi dengan baik dan tidak ada hal yang aneh. Saat dibongkar beberapa bagian casingnya ternyata ada semut yang bersarang didalam mesin termasuk dibagian panel. apakah keberadaan semut tersebut yang menjadi penyebab utama ( mesin mengalami korsleting ) sehingga mesin tersebut mati total ? solusi terbaik apa kira-kira ? berapa biaya yang mungkin dibutuhkan apabila dilakukan service ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas infonya.

K@k'Yanz mengatakan...

coba cek fuse/sekring dulu..
kalo tidak putus, brrti modul control yg bermasalah-bisa mestiganti yg baru. lumayan harga 500rban ketas..

K@k'Yanz mengatakan...

haha.. masah gg pernah di pake cuci cd??
pokok masalah ada di mainbord control.
Bisa bermasalah Tombol2 itu koslet

Anonim mengatakan...

ia sih itu mescuc pernah masuk UGD, trus diganti tombol-tombolnya, tapi nggak pake yg ori, makanya tombolnya nggak lengkap, cuma tmbol on off, star, manual same ntu tuh tombol control air

Anonim mengatakan...

Malam pak...saya mau tanya
Saya baru beli mesin cuci panasonic 1 tabung, saya letakkan di samping bak mandi...tetapi blm pernah kecipratan air karna baru...ketika saya tekan tombol start listrik dirumah saya trip/turun...padahal daya rmh 900 dan pada saat saya mau coba saya tidak menyalakan alat2 elektronik lain selain lampu...
Sebenarnya apa penyebab nya ya pak?
Mohon penjelasannya...trimakasih

K@k'Yanz mengatakan...

waduh mesti masuk ICU skrg, haha
Ganti Modul/kaloorang Ganti jantung ckckckc

K@k'Yanz mengatakan...

Bisa jadi kabel Koslet, siapa tahu ada tikus masuk kedalam, dan menggigit kabel dan akhirnya jd bersatu Phasa sama Netralnya.
Jika masih Garansi mending bawa ke SC-nya mas...

Anonim mengatakan...

mas, mesin cuci saya toshiba aw-9580sn
kalau lagi pengen nyuci,, lancar sih mulai dari masuk air sampai ketikan akan mulai mengucek2 .. nah di situ dy mas,, pas mau ngucek ga bisa,, indikator wash,rinse,overflow rinse,spin nyala bersamaan( bunyinya beep beep trus bunyinya mati,indikator masih menyala) ...

klo aku mw mode peras aja (spin) sama juga mas, ketika mau spin ehh sama kejadian kek diatas ...

Itu gimana cara mengatasinya mas, makasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

tambahan lagi mas,,,
tadi sih sebenarnya untuk mempercepat aku bantu masukin air lewat selang,, tpi selangnya lupa aku keluarin mas ...
ehh pas aku datang jadi kayak gitu dech... indikator nya di tombol SELECT ( wash,rinse,overflow rinse,spin nyala bersamaan )

K@k'Yanz mengatakan...

error Modul Controlnya mas...
jgn di bantuin ngisi airnya, ntar lebih dari kapasitasnya sensor ketinggian airnya,..

Anonim mengatakan...

Oke pak...trimakasih atas penjelasan'a...

Anonim mengatakan...

Punten mas YanZ mesin cuci saya Sharp ES-S900 1 tabung, matot kata tukang servisnya modulnya mati, saya sudah tanya ke SC modulnya sdh discontnue, mhn bantuannya tempat2 yang menjual modul mesin cuci otomatis di jakarta, terima kasih sebelumnya

K@k'Yanz mengatakan...

beli Modul Mesin Cuci, yg ada buatan Cina. seperti juga MesinTV Cina gitu. bawa contohnya agar bisa dipilih sesuai posisi tombol2 nya.
harga mulai 250rb sd 500rb.
Beli di toko elektronik, yg agak besar tokonya danlengkap biasa ada.

Anonim mengatakan...

Oke Mas... terimakasih atas saran dan infonya.
Maaf saya khilaf ternyata anda berdomisili di Makasar.
Sukses buat anda dan semoga Tuhan membalas amal baik anda

ww mengatakan...

bermanfaat sekali.........!!!!
semoga blog ini tambah sukses mas brow.

Anonim mengatakan...

pg mas, salam kenal, saya mau tanya, mesin cuci saya merk LG. ada masalah klo diisi air gak penuh2, diisi langsung keluar. mohon solusinya mas. trims sebelumnya.

K@k'Yanz mengatakan...

iya mas "WW".. sama-sama..

K@k'Yanz mengatakan...

berarti katup pembuangan air tidak menutup, atao ada benda yg tersangkut. untuk memastikannya anda harus buka tutup belakang mesin....
boleh tau mesin cuci 2 tabung apa 1 tabung?

Anonim mengatakan...

pukul pake palu sekuat kuatnya

Anonim mengatakan...

kalo hangus apa g trip pak....

Anonim mengatakan...

motor aus penyebabnya apa pak....

Anonim mengatakan...

dibawa tutup posisinya udah cari aja....ada og hehehe .....

Unknown mengatakan...

pagi masbro...mesin cuci sy 2 tabung merk sharp...kalo di isi air...airnya langsung keluar(ga nampung)....kalo kaya gitu yg rusak apanya ya

K@k'Yanz mengatakan...

periksa TOmbol kopling pembuangan air, siapa tahu gag nutup akibat tali koplingnya putus. (mesti bongkat dulu).

atau ada benda yg mengganjal di pipa pembuangan air, jd tutup terhalang..

K@k'Yanz mengatakan...

ya faktor USIA.. lama hidup.. sama kayak kipas angin toh..

marimencoba mengatakan...

mohon bantuannya mas,mesin cuci LG 1 tbung,ketika program spin,klep pembuangan air tidak terbuka penuh(solenoid tidak menarik penuh),jadi air tidak terbuang,Shingga spin tidak jalan,apakah tegangan dari modul yg tidak normal?mohon solusinya.,mksh..

K@k'Yanz mengatakan...

coba cek pakai VOLTmeter. seharusnya ada 220v. jika ada, kemungkinan motor penariknya bermasalah...

Anonim mengatakan...

Siang Mas Yanz, mau tanya tentang Mesin cuci Sanyo ASW-86SB, klo sy gunakan tp airnya sy tambahakan manual di awal sebelum On ( maaf aliran Air kran Kecil maklum Pusim Panas ) gimana mas Yanz, tol pencerahannya baik kelebihan maupun resikonya. Tks ya

Unknown mengatakan...

Mas mau nnya klo spin timer mesin cuci sanken tidak berfungsi apanya yg rusak,, misalnya: tabung pengeringnya mau berputar tpi saat diatur waktunya dan seharusnya kan tabung pengering matii otomatis karena sdah dii bri waktu ini malah berputar trus mnerus tabung pengering nya tnpa mati sesuai waktu yg diinginkan.. kira'' kerusakan nya dmna yah mas?? mohon dii bantu yah mas

K@k'Yanz mengatakan...

harus ganti Timer Spin..

tuwis arya mengatakan...

mau nanya mas sya pakai msn cuci merk politron klo muter gak stabil dan berbunyi berisik grek..grek....
kira kira apanya ya mas dan bagemana cara buka pusator...

K@k'Yanz mengatakan...

coba buka cover belakang, periksa motor dan tali nya. siapa tahu ada yg nyangkut,
Buka Pulsator?? macam2, yg jelas pake baut itu, tapi sebelungnya harus cingkel penutup baut yg ada di tengah2 pulsatornya..

Anonim mengatakan...

mas saya mau nanya.mesin saya 1 tabung.merk denpoo,ketika di star kok malah muter tar abis tu eror.kagak keluar airnya,,,,,
kenapa ya mas....tolong minta solusinya dunk.
maksih mas...

tuwis arya mengatakan...

motor dan vanbel dah sya periksa pulsator jga baik aja klo mesin di nyalain tanpa beban mutere halus gak bersuara tpi klo udah di kasih beban mutere berat dan bersuara grek..grek...bising banget....mohon pencerahan

K@k'Yanz mengatakan...

Berarti modul Controlnya yg error..

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinan gigi pulsator setengah RONTOK....

Unknown mengatakan...

Tanya dong mas, mesin cuci 1 tabung merk sanyo, kalo di start jalan 2 detik power langsung mati, thanks.

K@k'Yanz mengatakan...

perlu di cek Modul Controlnya

Anonim mengatakan...

mas..mesin cuci saya merk Lux 1 tbg, waktu itu pakaian gak bisa kering..kemudian saya bersihkan saringan pembuangannya yg di kanan bawah, tetapi setelah itu mesin cuci malah gak bisa digunakan krn airnya buang terus, bgm solusinya mas..tq sebelumnya ya..

kustoro mengatakan...

Mas sy punya mesin cuci 1 tabung merk sharp,sy beli kr2 ud 1 thn. Skrg2 ini klo buat bilas dan keringin putaranya ga spt biasanya ( cm bunyi serr..serrr...) jd cucian seolah olah ga ke bilas/ di keringin
kira2 knp ya mas, tq

K@k'Yanz mengatakan...

brrti waktu membersihkannya ada yg terlepas, atau tidak terpasang seperti semula, misal tali kopling di pembuangan yg ter lepas dari motor penariknya...

K@k'Yanz mengatakan...

bisa jadi ada penurunan pada sisi komponenya, semisam AS motornya, atau malah ada yg nyangkut, coba cek dengan membuka penutup belakang mesin...

ger mengatakan...

Tanya mas, mesin cuci 1 tabung sharp, ga ada respon power knapa ya ?
sikring di belakang masih bagus

K@k'Yanz mengatakan...

sudah cek kabel-kabel dalam mesin?? sering tikus makan kabel mesin cuci..

ger mengatakan...

bagus semua mas, listrik masuk di area kapasitor

K@k'Yanz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinn putus dalam tuh motor-nya...
Coba cek secara seksama teganganlistrik yg masuk kemotor, dengan cara mengupas kulit kabel sedikit untuk memastikan...

Unknown mengatakan...

Mas,tnya ..mesin cuci 1 tbng sanyo tipe asw-a76ht,stlh d hidupkan pd proses wash tiba2 mesin berhenti dan lampu indikator ttp menyala tp bunyi tulit2/error,ap penyebab dan solusinya mas?mhon ptnjuknya..trims

K@k'Yanz mengatakan...

kode error apa mas?

Unknown mengatakan...

Model mesin cucinya gk ad display/monitornya mas..jd gk ad kodenya...untuk spin/pengeringan tidak bermasalah..bingung sy mas..mhon d bntu ptnjuk kemungkinan2 penyebab n solusinya.

K@k'Yanz mengatakan...

coba pakai mencuci dengan mengurangi kapasiats cucian. misal 1/3 yg saat ini...
kalo bagus..aman2 saja..kemungkinan motor sdh rada uas/kepanasan/soak..

Unknown mengatakan...

Model mesin cucinya gk ad displaynya mas,mesinya brhenti bekerja setiap sktr 10menit wash lalu bunyi tulit2..

Unknown mengatakan...

Ok mas, d coba,trims arahanya..

Anonim mengatakan...

Blih ..! mau tanya Klo LG dirumah 2tabung Kap. 8 Kg , awalnya Putaran u pencuci Normal sekita 3 - 4 kali , tapi setelah itu Putarannya berhenti sedangkan Suara Mesin tetap Menyala ,,,mungkin Klo Motornya Rusak ,, Harga Perbaikannya mahal nggak ?? //ataw klo beli mesinnya
brpa yaa ?

inticomputer mengatakan...

cara paling mudah membuka pulsator buat temen2...sekrup di lepas dulu..di isi air ajja di mesin ntar pulsator akan copot karena ada tekanan air dari bawah....

K@k'Yanz mengatakan...

Trims abah itzen atas tambahan pencerahannya..

K@k'Yanz mengatakan...

suara mesin bagaimana dulu?? mendengung atau bagemana?
bisa jadi MOTOR hampir rusak/sdh haus.. nah jika berhenti coba pegang body motor..puanas kah? tp bongkar tutup belakang dulu eah?
jika panas sekali, yah mesti ganti motor,
motor pencuci dipasaran harha 350ribuan. kalo deket SC LG mending bli disana. bawa kode tipe mesinnya..

Unknown mengatakan...

Mau tanya,mesin cuci saya LG 1 tabung sa'at spin tidak mau putar kalo dibantu putar pake tanagan putarannya berat dinamo bunyi dengung,kenapa ya ?

K@k'Yanz mengatakan...

kemungkinan AS-dinamo lengekt, atau justru ada yg mengganjal .. coba buka tutup belakang mesin... siatahu ada yg bikin dia kandas..

Anonim mengatakan...

mas mesin cuci saya rusak nih.water levelnya....water level aslinya kaki tiga(3pin) bisakah diganti yang 2pin..masalahnya ada barange....pin mana yang harus di jumper

rahmat mengatakan...

mas, mesin cuci saya kenapa ya suka mati sendiri. mesin cuci saya otomatis L* fuzzy log*c. powernya hidup tp pas mulai start nyuci 1-3 detik mati. mesti diketok2 bodinya br bs hidup tp mau mulai nyuci mati lagi.. begitu terus mas..

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 510   Lebih baru› Terbaru»