20/02/13

Sekilas Tentang Modul BN96-16510A X Mainboard Pada Plasma TV Samsung 42 inc

Kali ini saya bahas Sekilas Tentang Modul X Mainboard tipe BN96-16510A Pada Plasma TV Samsung 42 inc seri Model PS43DA50XXX.

X Mainboard berpasangan dengan Y Mainbord, sekilas sama fungsinya sebagai Inverter pasa LCD TV. Nah Untuk Model PS43D450A2M Menggunakan X dan Y Mainboar sbb:

X Main :
* Kode Alat : BN96-16510A;
* PCB Code : LJ41-09478A;
* PBA Code : LJ92-01796A;

Y Main : Kode alat/Part : BN96-16511A.
Berikut Gambarnya:
X Main:


Y Main:


Saya Punya Pengalaman, Tv ini Tidak mau Hidup, hanya Lampu Power Nyalah, seperti mau star/on namun off kembali di tandai bunyi Relay. dan led kedip-kedip.
Nah Tau tidak??? ternyata ada yang Short pada Output Trafo Regulator utama. yang saya dapat saat ini Short  untuk output untuk VSS modul Y main dan X main. kalo tidak salah output mencapai 100v, karena Elco terpasang (warna Hijau Besar) memiliki nilai 250v.
Lihat pada X Main yang saya lingkari, ternyata ke-4 FET itu yang Short, membuat Output Regulator Short.
Kode FET itu adalah RJP30H1.
Sekian ...
     





6 komentar:

SAWALI ... ALI mengatakan...

salam sejahtra di hari ini , semoga sekluarga sehat selalu , Amin ,
ijinkan saya memperkanalkan diri , Nama SAWALI dari Jawa Tengag
kota kecil , BATANG dekat PEKALONGAN , setelah saya membaca isi dari Blog ini saya sangat terkesan sekali karna isinya yg sangat membantu para rekan teknisi , maka dari itu sy sekalian minta izin Blog ini saya tempel di Blog saya , DIAN ELECTRONIC BATANG , Mohon maaf sebelumnya, ini No Hp sy, 081575256208, trima kasih,

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh salam kenal, terimakasih banyak saya jay d malang ilmunya sangat manfaat tuk sesama kaum tekhnisi

Unknown mengatakan...

Mas mau tanya ,kasus nya sama tp matinya di RJP63K2.Itu persamaan tipenya itu apa....

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

makasih min
solder uap tangan

Anonim mengatakan...

Kasus sm ms,sy mo nanya kalok fet 30h1 danti dgn 30f124 bs nggk,tp 30f 124 slalu putus,kalok tdk sm brp persamaannya mas

Unknown mengatakan...

slm...
trmksh masukan ny..brmanfaat skl....
klo blh mnta nmr wa ny...