24/07/13

Bandara Internasional Kualanamu

Bandara Internasional Kualanamu / Kualanamu International Airport (KNIA)

Resmi beroperasi menggantikan  Bandara Polonia Medan Kamis 25 Juli 2013. dengan IATA: KNOICAO: WIMM.

Wakil Gubernur Sumatera Utara  bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan bertugas melakukan Soft Opening dan Full operation Bandara Kualanamu ini tepat pukul 00 WIB.. 
Bulan agustus atau September 2013 ini akan diresmikan oleh presiden SBY. 

 KNIA menjadi bandara pertama di Indonesia yang terkoneksi dengan jaringan kereta bandara. dengan Tiket Rp.80ribu , dari bandara ke Stasiun KA kota Medan.

Bandara ini digadang-gadang sebagai bandara tercanggih di Asia Tenggara dan  menggantikan Bandara Polonia, Medan. yang sudah beroperasi selama 85 tahun.

Bandara Kualanamu terletak di atas lahan seluas 1.365 ha dan akan memiliki terminal penumpang seluas 86,000 m2.
Berikut Maket Kualanamu International Airport:


PT Angkasa Pura II (AP II) menargetkan Bandara Kuala Namu yang terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara ini bisa menampung 8,1 juta penumpang per tahun.

Bandara Kualanamu  memiliki dua landasan pacu (runway) dan landasan parkir pesawat (apron) seluas 30 hektare (ha) dengan kapasitas maksimal 33 pesawat.
Panjang RunWay : 3,750m atau 12.303 feet.

Bandara ini juga akan memiliki Terminal kargo seluas 13.000 meter persegi dengan kapasitas parkir tiga pesawat setiap harinya.

Untuk akses, bandara Kualanamu dilengkapi dengan sepuluh gerbang masuk dan didukung oleh akses jalan tol dan kereta api khusus bandara.

Kualanamu International Airport 4 kali lebih besar dari Bandara Polonia Medan yang menghabiskan dana sebesar 5,8 Triliun.

kini Bandara Polonia Medan di serahkan ke TNIAU, sebagai pertahanan udara indonesia bagian Barat.
 
Beberapa maskapai penerbangan seperti Lion Air dan Air Asia sudah mempersiapkan perpindahannya ke KNIA. Bahkan Garuda Indonesia sudah terlebih dahulu pindah operasional ke Bandara KNIA

sumber: kompas.com;merdeka.com;wikipwdia

Tidak ada komentar: