20/10/12

Buroncong Kue Tradisional khas Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan kaya akan kue tradisional. Salah satunya buroncong. Kue yang terbuat dari campuran terigu dan parutan kelapa ini memang sudah jarang dijumpai. Namun masih banyak warga yang mencarinya.


Buroncong adalah salah satu kue tradisional sulawesi selatan yang masih banyak diperjual-belikan dengan menggunakan gerobak. Buroncong yang bentuknya menyerupai kue pancong terbuat dari campuran tepung terigu santan gula pasir dan parutan kelapa.

Proses memasak kue yang mirip perahu ini hanya membutuhkan waktu selama lima menit. Api dalam tungku yang dirancang khusus untuk pembuatan buroncong harus tetap dijaga agar tingkat kematangannya merata di setiap sisinya. Setelah matang buroncong diangkat dengan cara dicungkil dengan alat yang menyerupai gancu. Untuk menikmati kue khas ini anda hanya perlu merogoh kocek 500 rupiah per biji.

Namun kini kue buroncong sudah jarang ditemui karena pedagang buroncong sudah mulai berkurang. Meskipun demikian daeng wata’ berharap kue tradisional ini tetap dilestarikan. Apalagi masih ada beberapa warga yang mencari dan menjadikan buroncong sebagai makanan favorit. Ra/mkstv.

Tidak ada komentar: