29/07/13

Memperbaiki Transistor Regulator TV Cina Jebol Terus

Kali ini saya memposting Memperbaiki Transistor Regulator TV model Cina Jebol Terus, ini saya dapatkan pada mesin tv W-Com, Baru loh, awalnya saya pasang, setelah 4 hari, yg punya tv nelpon, katanya tv kemarin tdk menyalah lagi sejak 2 hari lalu, jd saya ganti lagi TR PowerSupply dengan kode lain, eh Besoknya nelpon lagi, tv rusak lagi, sy  mulai tidak enak hati, padahal mesinbaru.. apa ada hubungan dengan tegangan di sana yg naik-turun?? Guman saya.
 
Akhirnya saya cari akal, coba pake GACUN  biasanya lebih tahan dengan listrik naik-turun, ..
Apa yg terjadi??
Tegangan B+ tidak bisa maksimal 115+, walau Trim GACUN cudah melebihi dari 50 % putaran,
di tandai dengan cuara trafo Chopper Menderik...
Aneh.. sy pikir Trafo yg masalah, karna suara menderik.
B+ yg cuman berhasil 110v, jika di bebankan ke Flyback, maka perlahan akan turun sampai 70v... aneh khan....
saya menggunakan Lampu SERI 100watt, ketika di tes menggunakan lampu seri, lampu sedikit menyalah,,, seperti tidak normal, tapi jika tanpa lampu juga tidak koerslet.
sudah juga mengganti Trafo Chopper, hasil sama, menderik, B+ tidak stabil, sy meragukan Gacunyg saya pakai, ganti merek lain dan yg 29 inc, hasil sama.

dengan tidak sengaja, saya memeriksa ELCO pada sekitar Trafo... dengan tidak percaya ,,,, ESR Meter tidak bergerak saat mengukur elco 450V220uF.. ahkmasa?? pikir saya.. tes ulang .. beber tidak bergerah..
TERNYATA ELCO baru itu rusak, pada Body besar, daya besar, 220uf, padahal sering saya dapati pada mesin tv cina palinmgan 450v150uf.
Ketika saya sudah lepas dari PCB, saya gorayng2 kan itu ELCO ternyata bunyi klotok-klotok.... waduhhh ELCO Palsu...
Setelah penggantian ELco dengan 450v150uf, tv Normal, pakai GACUN stabil tanpa Derik, B+ bisa di upp sampai 125v lebih.
  jd pengalaman, meski baru, patut di curigai...

semoga bermanfaat..

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Baru belajar bahasa indonesia apa baru belaja nyervis gan...?

HENDRI DEDI mengatakan...

Mas Yanz, kok pas saya ganti gacuan tu langsung putus pius nya, apa penyebap nya itu y mas tolong penjelasan nya trimkasih.

Anonim mengatakan...

mantap tambh wawasan gan!

sugi yanto mengatakan...

sama pak bro, sy pernah alami hal serupa. hbs ganti msin baru stlh 1 blan yang punya tv koplain kok tv nya mati lg, stlah d cek tr reg tewas. tanpa pikir panjang lgsung ganti aja eh... baru 1 hari sdh KO lg tu tv. stlh cek elco y sekarat, hbs ganti elco alhdllh awat sampai sekarang!!!

abdoel aziz mengatakan...

Met sore mas lam kenal mu bagi pengalaman mas tv saya mesin vina wansonic tv matot tr h mati sudah saya ganti tapi tv tidak menyala juga trafo malah bunyi kaya jangkrik ngak lama kemudian tr h yg di ganti mati lagi padahal tv blm menandakan menyala, saya udah habis tr h 4 biji sama sj mohon pencerahanya mas kira2 apanya yg perlu di ganti terimakasih

mbah Bogel mengatakan...



Ilmu adalah adalah Sesuatu Anugrah dari TUHAN Sang Pencipta. Namun Kita harus menggalinya dengan cara Sekolah, Kuliah. Namun Gak ada salahnya berbagi Ilmu yang kita miliki tanpa pamrih....

ORANG YG BISA DIANGGAP PANDAI, ADALAH YG MEMBAGI ILMU ATAU PENGALAMAN, BUAT APA PANDAI, TP TAK BERMANFAAT UTK ORANG LAIN?

salam kenal mas bos...

kang oo mengatakan...

Opo iki