29/07/13

Memperbaiki Transistor Regulator TV Cina Jebol Terus

Kali ini saya memposting Memperbaiki Transistor Regulator TV model Cina Jebol Terus, ini saya dapatkan pada mesin tv W-Com, Baru loh, awalnya saya pasang, setelah 4 hari, yg punya tv nelpon, katanya tv kemarin tdk menyalah lagi sejak 2 hari lalu, jd saya ganti lagi TR PowerSupply dengan kode lain, eh Besoknya nelpon lagi, tv rusak lagi, sy  mulai tidak enak hati, padahal mesinbaru.. apa ada hubungan dengan tegangan di sana yg naik-turun?? Guman saya.
 
Akhirnya saya cari akal, coba pake GACUN  biasanya lebih tahan dengan listrik naik-turun, ..
Apa yg terjadi??
Tegangan B+ tidak bisa maksimal 115+, walau Trim GACUN cudah melebihi dari 50 % putaran,
di tandai dengan cuara trafo Chopper Menderik...
Aneh.. sy pikir Trafo yg masalah, karna suara menderik.
B+ yg cuman berhasil 110v, jika di bebankan ke Flyback, maka perlahan akan turun sampai 70v... aneh khan....
saya menggunakan Lampu SERI 100watt, ketika di tes menggunakan lampu seri, lampu sedikit menyalah,,, seperti tidak normal, tapi jika tanpa lampu juga tidak koerslet.
sudah juga mengganti Trafo Chopper, hasil sama, menderik, B+ tidak stabil, sy meragukan Gacunyg saya pakai, ganti merek lain dan yg 29 inc, hasil sama.

dengan tidak sengaja, saya memeriksa ELCO pada sekitar Trafo... dengan tidak percaya ,,,, ESR Meter tidak bergerak saat mengukur elco 450V220uF.. ahkmasa?? pikir saya.. tes ulang .. beber tidak bergerah..
TERNYATA ELCO baru itu rusak, pada Body besar, daya besar, 220uf, padahal sering saya dapati pada mesin tv cina palinmgan 450v150uf.
Ketika saya sudah lepas dari PCB, saya gorayng2 kan itu ELCO ternyata bunyi klotok-klotok.... waduhhh ELCO Palsu...
Setelah penggantian ELco dengan 450v150uf, tv Normal, pakai GACUN stabil tanpa Derik, B+ bisa di upp sampai 125v lebih.
  jd pengalaman, meski baru, patut di curigai...

semoga bermanfaat..

13 komentar:

Anonim mengatakan...

Baru belajar bahasa indonesia apa baru belaja nyervis gan...?

Unknown mengatakan...

Mas Yanz, kok pas saya ganti gacuan tu langsung putus pius nya, apa penyebap nya itu y mas tolong penjelasan nya trimkasih.

Anonim mengatakan...

mantap tambh wawasan gan!

Unknown mengatakan...

sama pak bro, sy pernah alami hal serupa. hbs ganti msin baru stlh 1 blan yang punya tv koplain kok tv nya mati lg, stlah d cek tr reg tewas. tanpa pikir panjang lgsung ganti aja eh... baru 1 hari sdh KO lg tu tv. stlh cek elco y sekarat, hbs ganti elco alhdllh awat sampai sekarang!!!

Elgha audio chanel mengatakan...

Met sore mas lam kenal mu bagi pengalaman mas tv saya mesin vina wansonic tv matot tr h mati sudah saya ganti tapi tv tidak menyala juga trafo malah bunyi kaya jangkrik ngak lama kemudian tr h yg di ganti mati lagi padahal tv blm menandakan menyala, saya udah habis tr h 4 biji sama sj mohon pencerahanya mas kira2 apanya yg perlu di ganti terimakasih

rosok komputer joja mengatakan...



Ilmu adalah adalah Sesuatu Anugrah dari TUHAN Sang Pencipta. Namun Kita harus menggalinya dengan cara Sekolah, Kuliah. Namun Gak ada salahnya berbagi Ilmu yang kita miliki tanpa pamrih....

ORANG YG BISA DIANGGAP PANDAI, ADALAH YG MEMBAGI ILMU ATAU PENGALAMAN, BUAT APA PANDAI, TP TAK BERMANFAAT UTK ORANG LAIN?

salam kenal mas bos...

kang oo mengatakan...

Opo iki

Yan2solution mengatakan...

Klo tr reg putus terus apa nya gan

https://yan2teknik.blogspot.co.id/?m=1

Unknown mengatakan...

ya memang kualitas elko2x jaman sekarang meragukan...tapi TR regulator sering jebol bisa saja stop kontak yang kurang connect,bisa menyebabkan elko tewas,bocor,dan yang lebih parah meledak,pada saat elko kehilangan daya tampungnya pastilah tegangan B+ 300v tidak stabil TRANSISTOR PASTI CO ID... pengalaman sih ngak tv lama nggak tv baru klo masalah umum stop kontak yang kendor makan supply..kecuali tersambar petir,dikencingin kucing,dll.tapi juga nggak hanya itu.sbgai teknisi kita jg harus lebih teliti.yaitu jangan terlalu cepat mencolokkan mesin sblm kita benar2x yakin tidak ada lagi part pendukung yang bermasalah.misalnya TR regulator kedapatan mati,janganlah langsung menggantinya dengan yang baru,kita check dulu part c3807,a1015,in4148,r68ohm,r47ohm,cap 681 2kv,dan sekitarnya termasuk r yang kecil2x,kadang juga kita harus ngecek elko2xnya,klo was2x langsung ganti baru semua,klo dah yakin kita solder dulu tester kita probe- ke secunder grd lalu probe + ke tegangan b+ outnya.lalu colokkan sesaat..apakah b+over apa nggak,klo over lanjut swiping ke bag secundar,chek c1815,r100k,r47k,r150k,r5k6,trimpot,dz6v2,optocoupler,elko 160v,klo udah colokkan lagi pasti normal... ...klo tu tv tr HORISONTAL JEBOL TERUS,pertama check B+ yang menuju fbt,klo normal,check capasitor mylar klo ok,chek yokenya terkadang berjamur,induksi,terbakar,dll.dan jalan terakhir ya ganti fbtnya,,beberapa kasus fbt menyebabkan tr hor jebol melulu,walau secara tidak langsung.

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

Mantaplah ini ilmunya, makasih sudah mau share min. sukses terus
https://www.bukalapak.com/p/elektronik/komponen-elektronik/3udsv-jual-solder-uap-cody-858d

syafa mengatakan...

Trimakasih gan sangat membantu.izin sve ilmu nya smoga berkah

Chris mengatakan...

Makasih Oom ...

Ants mengatakan...

Kasus sama, setalah baca blog ini saya cek elco 150uf450v satu kakinya corusi dan menjamur akhirnya done terimakasi info yg membantu